in , , , ,

Uniknya Kereta Api Keluar-Masuk Mal, Satu-satunya di Indonesia

Kereta-Api-keluar-dari-sisi-bawah-Mal-Pusat-Grosir-Surabaya
Kereta-Api-keluar-dari-sisi-bawah-Mal-Pusat-Grosir-Surabaya

Mungkin sudah biasa dengan kereta api yang memasuki terowongan bawah tanah. Namun, bila terowongan memasuki mal mungkin tidak terbiasa. Bagi para railfan, atau penghobi kereta api mungkin salah satu lokasi ini menjadi tempat destinasi unik para penggemar kereta api untuk mengabadikan momem. Dimana kereta api akan muncul ditengah-tengah bawah mal populer di Surabaya.

Baca juga : Hotel dengan Playground di Jogja, Bikin si Kecil Tambah Aktif

Kereta Api keluar dari sisi bawah Mal Pusat Grosir Surabaya. Foto via youtube.com

Jalur kereta api unik ini masih menjadi lintasan aktif yang dioperasikan setiap hari. Uniknya jalur kereta api ini melintasi Mal Pusat Grosir Surabaya, dan satu satunya perlintasan rel kereta api bawah mal di Indonesia. Jalur rel ini terletak di persimpangan Jalan Raya Dupak, Gundih, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Bila terdapat kereta yang ingin melintas, maka banyak dari beberapa railfan mulai memotret bahkan memvideo akan keunikan munculnya kereta dari dalam terowongan bawah mal PGS.

Jalur kereta api tepat dibawah mal Pusat Grosir Surabaya. Foto via detik.com

Jalan kereta api ini menghubungkan Stasiun Surabaya Gubeng dengan Stasiun Surabaya Pasar Turi. Dimana melewati sebidang tanah sebelah Pasar Turi sebelum kebakaran besar terjadi ditahun 2000 an. Pihak pemerintah mulai mengembangkan pasar berkonsep mal didepan lokasi Pasar Turi. Hingga tahun 2003 dibangunlah mal Pusat Grosir Surabaya yang berada tepat dijalur kereta api ini, hingga membentuk sebuah terowongan.

Pusat Grosir Surabaya ini memang berlokasi bersisihan dengan Stasiun Kereta Api Surabaya Pasar Turi hanya berjarak 650 meter saja. Kamu dapat menempuh dengan jalan kaki selama tiga menit saja melalui jalan Semarang. Jarak yang bersisihan ini membuat traveler lebih mudah menikmati sajian unik jalur ini sekaligus berbelanja grosir di Pusat Grosir Surabaya.

tersedianya palang pintu kereta sebagai pengamanan ketika kereta api melintas. Foto via youtube.com

Jalur kereta api yang melintas di jalur padat kota Surabaya ini juga dipasang pos penjagaan dan palang pintu kereta. Terlihat banyak sekali anak-anak dan penggemar kereta dengan sabarnya menunggu kereta api lewat tak lupa menyiapkan posel mereka untuk mengambil gambar, terlebih ketika kereta api datang dari dalam terowongan. Sensasi inilah yang menjadikan jalur kereta api ini selalu disaksikan banyak kalangan.

Kereta api muat batu bara keluar dari terowongan bawah Mal Pusat Grosir Surabaya. Foto via twitter.com

Jalur aktif ini juga dilewati beberapa kereta api jarak jauh, dengan jumlah kurang lebih 20 kali perjalanan kereta melintas dibawah mal Pusat Grosir Surabaya. Kereta-kereta ini adalah kereta api Lokal, Kereta api jarak jauh, kereta api barang. Kereta Api lokal yang melintas adalah KRD Sidoarjo-Bojonegoro, Kereta Api jarak jauh seperti Jaya Baya, Blambangan Ekspress, juga kereta api barang dari Jakarta ke Kalimas begitu juga sebaliknya, dan Kereta Api Pertamina. Next

ramadan

Desa dengan Nama Terpendek di Dunia, Hanya Satu Huruf

Taman yang indah dengan warna-warni bunga tersaji menyejukkan mata

Wisata Murah di Jember, Sajikan Hewan Langka Namun Dilarang Memotret! Kenapa Ya?