in ,

Jelajah Papua ala Jokowi, Menari Hingga Nikmati Senja Bersama Sang Istri

Ada taman yang panoramanya sangat indah di sini

Di sela kesibukannya, Jokowi mengagendakan untuk mengunjungi ufuk timur yakni di area Papua. Bukan hanya sekedar melihat-lihat, beliau juga memantau infrastruktur yang ada di beberapa kabupaten, seperti Pegunungan Arfak dan Kaimana. Nah, ternyata ada beberapa hal menarik yang pria satu ini temukan di Papua. Jadi, seperti apa sih hasil jelajah Papua yang dilakukan Jokowi? Yuk kita intip satu persatu. 

Baca juga : Kebun Teh di Bandung Raya yang Pas untuk Menyendiri, Suasananya Cocok bagi Si Introvert

Sambangi Lapangan Bola Irai 

jelajah papua jokowi
Jokowi di Lapangan Irai via instagram/jokowi

Perjalanan pertama Jokowi diawali dengan mengunjungi Lapangan Bola Irai. Berlokasi di Jalan Drs Dominggus Mandacan, Kabupaten Pegunungan Arfak, lapangan satu ini dari dulu memang menjadi target masyarakat setempat guna dijadikan pusat olahraga.

Dikatakan juga oleh Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias Saroy, di Distrik Anggi, bahwa olahraga merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membawa nama harum daerah. Dengan pembangunan pusat sarana olahraga di Lapangan Irai, diharapkan menjadi tempat  anak-anak muda untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya. 

Kondisi Lapangan Irai saat ini masih belum layak digunakan sebagai lapangan sepak bola, maupun digunakan untuk olahraga lainnya. Kondisi lapangan yang berbatu dan berlubang dinilai dapat dengan mudah mengakibatkan cedera. Sehingga menurut Yosias, pemerintah harus menyiapkan sarana olahraga yang layak.

Disambut dengan Tarian Tumbu Tanah 

jelajah papua jokowi
Penyambutan dengan tarian Tumbu Tanah via twitter/KSPgoid

Saat datang ke Lapangan Bola Irai, Jokowi dan rombongan disambut dengan sebuah tarian bernama Tumbu Tanah. Tarian ini juga dikenal dengan nama tarian ular karena formasinya membentuk seekor ular yang melilitkan badannya di atas pohon.

Berbeda dengan sejumlah tarian di Indonesia, tarian ini tidak menggunakan alat musik, melainkan penari tumbuk tanah hanya mengikuti irama dari nyanyian para penari. Selain itu dalam gerak dan formasi tarian ini juga memiliki etika, baik sopan santun, menghormati orang lain serta pergaulan muda-mudi.

Pasar Irai 

Berkunjung ke Pasar Irai via twitter/KSPgoid

Setelah selesai di Lapangan Bola Irai, Jokowi meninjau Pasar Irai. Di pasar ini banyak sekali dijual hasil-hasil pertanian. Mulai dari sayur hingga buah-buahan. Oleh karenanya, Jokowi ingin pasar di Kabupaten Pegunungan Arfak ini semakin berkembang. Sehingga ke depannya, Jokowi menginginkan hasil produksi pertanian yang ada di Pasar Irai ini bisa disalurkan ke mana-mana. Seperti Manokwari atau bahkan provinsi-provinsi lainnya. 

Menikmati Sore di Taman Kota Senja 

Jokowi dan Iriana menikmati sore di Taman Kota Senja via twitter/RadioElshinta

Puas berkeliling, orang nomor satu di Indonesia ini beranjak ke Taman Kota Senja yang berada di Kabupaten Kaimana. Berlatarkan matahari yang perlahan terbenam, Jokowi dan Ibu Iriana pun menikmati senja di Kaimana. Ditemani minuman kelapa muda, keduanya tampak menikmati momen indah tersebut sambil berbincang hangat. Selain itu, Jokowi juga diajak masyarakat menarikan sebuah tarian bernama Seka di taman ini.

Menari di Taman Kota Senja via instagram/jokowi

Taman ini dinamakan kota senja, karena lokasinya yang berada di sisi barat menghadap Laut Arafuru menyajikan pemandangan senja laut nan elok. Senja Kaimana tak hanya bisa dilihat di taman itu, tapi juga dapat dinikmati di hampir sepanjang jalan utama kota yang bersisian dengan pantai. 

Itulah aksi jelajah Papua yang dilakukan oleh Jokowi. Ternyata, banyak hal menarik yang bisa ditemukan di sana. Seperti hasil pertanian yang melimpah, tarian tradisional yang khas dan senja menyenangkan di Kabupaten Kaimana. Jadi, apa kalian berencana untuk mengunjungi kawasan yang sangat eksotis ini ke depannya?  Next

ramadan

Soto Hollywood, Soto Yahud dengan Cita Rasa Segar di Jogja

Fasilitas komputer di Grand Livio

Grand Livio, Hotel Keren di Kawasan Kuliner Legian