in ,

Jenis Tempat Menginap dan Perbedaannya, Pahami Sebelum Memilih

Beragam Jenis Tempat Menginap Beserta Ciri-cirinya, Pelajari Sebelum Memilih

Jenis Tempat Menginap dan perbedaannya
Jenis Tempat Menginap dan perbedaannya

Traveling kini sudah menjadi salah satu gaya hidup. Setiap harinya, jumlah masyarakat yang berpergian terus bertambah. Ditambah lagi, tak sedikit travel blogger yang membagikan cerita dan foto-foto indahnyan di sosial media. Jadi semakin ingin bisa sering-sering liburan. Eits, pastikan kamu paham ragam jenis tempat menginap, termasuk ciri-cirinya. Penting nih agar tak salah memilih. Yuk, lihat lebih jelasnya.

Baca juga : Serunya Berkebun di Urban Farming Center, Mini Eropa di Purwakarta yang Instagenic!

1. Resort

Four Season Resort Bali
Four Season Resort Bali via Instagram/@michutravel

Jika berlibur ke Bali, ada banyak tempat menginap yang menggunakan nama resort. Jenis tempat menginap yang satu ini biasanya dibuat khusus untuk mereka yang benar-benar ingin bersantai dalam liburannya. Lokasinya berada di tempat indah, seperti tepi pantai, atau pegunungan. Tersedia juga beragam fasilitas yang sangat memanjakan, seperti spa dan pijat. Kamu juga bisa mencobanya dengan menginap di Four Seasons Resort Bali yang bertarif kisaran Rp17 juta per malamnya.

2. Hotel

Hotel Aston Bogor
Hotel Aston Bogor via Instagram/@astonbogor

Berbeda dengan resort, jenis tempat menginap yang disebut hotel biasanya berada di tengah kota. Pada dasarnya hotel adalah penginapan dengan makanan. Bisanya digunakan saat dinas luar, ada acara, atau liburan di kota lain. Para turis biasanya tidak lebih lama tinggal di hotel daripada resort.  Kemewahan yang ditawarkan berdasarkan bintang sang hotel. Belakangan muncul lagi hotel syariah. Hotel jenis ini biasanya memberlakukan peraturan boleh menginap dengan surat keterangan menikah.

3. Hostel

Hostel di Bali
Hostel di Bali via Instagram/@caracarainn

Jenis tempat menginap lainnya yang saat ini sedang marak adalah hostel. Tempat menginap yang ini lebih murah dan terjangkau, cocok dengan para backpacker. Kalau hotel menyiapkan akomodasi berupa kamar nyaman dan sarapan beragam, hostel biasanya menyewakan tempat tidur. Dalam hostel, setiap kamarnya bisa diisi hingga belasan orang karena tamu hanya menyewa tempat tidur. Selain harga murah meriah, biasanya hostel memiliki lokasi paling strategis.

4. Villa

Villa Jambuluwuk Batu
Villa Jambuluwuk Batu via Instagram/@melisalalalaa

Ada lagi jenis tempat menginap yang disebut dengan villa. Dahulu kala, vila merupakan rumah kedua para bangsawan romawi yang digunakan untuk beristirahat. Kini, villa merupakan tempat menginap yang berbentuk rumah, biasanya ditempati untuk keluarga yang sedang berlibur. Ada juga villa mewah untuk dua orang. Tidak seperti hotel, menginap di villa akan membuatmu serasa seperti berada di rumah sendiri.

5. Airbnb

Jenis tempat menginap Airbnb
Jenis tempat menginap Airbnb via Instagram/@karinandiasa

Terbaru, ada akomodasi yang ditawarkan oleh airbnb. Jenis tempat menginap ini cenderung memiliki interior menarik dan lebih murah. Airbnb merupakan kamar-kamar milik penduduk lokal yang disewakan pada turis. Baik tamu maupun pemilik rumah tetap tinggal bersama. Menginap seperti ini cocok untuk solo traveler agar tidak merasa terlalu kesepian. Selain itu, bisa juga untuk menambah kenal dan keluarga baru. Rasanya seperti sedang menginap di rumah teman atau saudara.

Nah itu tadi beberapa jenis tempat menginap, termasuk ciri-cirinya. Pilihlah sesuai dengan bugdet dan kebutuhanmu. Liburan kan tetang kenyamanan, bukan? Next

ramadan
Kedai Kopi Legendaris

Tiga Kedai Kopi Legendaris di Bangka dan Belitung, Wajib Mampir!

Salah satu pose foto unik saat liburan

Beragam Inspirasi Pose Foto Unik Saat Liburan, Ngakak Abis