in , , ,

Kalibiru Genyem di Papua, Air Sungai Sebening Kaca

Berenang di Sungai Biru

fi kalibiru genyem

Pulau paling timur Indonesia ini punya segudang potensi wisata yang indah seperti Kalibiru Genyem di Papua. Air sungainya sebening kaca berwarna biru, sangat menyejukkan mata. Kolam alam ini bagian dari kawasan hutan lindung. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Pengalaman Tak Terlupakan Abdul Indonesian Idol 2018 di Gua Kristal Kupang

Air Sungai Jernih Berwarna Biru

air sungai jernih biru
Ilustrasi via instagram yurrraaaaaaaa

Kalibiru Genyem atau Warabiae ini adalah sebuah sungai yang memiliki air jernih masih alami, berwarna biru kehijauan. Saat Teman Traveler menuju sungai juga akan disuguhkan pemandangan alam sekitar yang asri. Berada di kaki gunung membuat udaranya juga sejuk menyegarkan.

Para pengunjung biasanya menghabiskan waktu dengan berenang, berswafoto pada panoramanya atau menyaksikan keindahan sungai sambil bersantai. Daerah sungai ini sangat sunyi dan hening jauh dari keramaian, sehingga cocok menjadi lokasi refreshing.

Berada di Kawasan Hutan Lindung

kawasan hutan lindung
Ilustrasi via instagram heruhar008

Selain itu sungai ini berada di kawasan hutan lindung yang merupakan lokasi habitat dan perkembangbiakan burung-burung langka seperti Cendrawasih. Teman Traveler juga bisa mengamati aktivitas hewan langka ini di hutannya.

Setelah menikmati keindahan sungainya, tidak afdal rasanya jika tak mampir ke pemukiman masyarakat sekitar. Teman Traveler bisa belajar kebudayaan tradisional dan berbaur dengan warga setempat. Di sini juga disediakan penginapan pada rumah penduduk.

Cara Menuju Kalibiru Genyem

cara menuju kalibiru
Ilustrasi via instagram gracelaplanny

Selanjutnya cara menuju Kali Biru yaitu dari Bandara Sentani menuju ke Desa Berab, berjarak sekitar 65 km dengan waktu tempuh 3 jam perjalanan. Jalan menuju lokasi akan melewati perbukitan dan pegunungan yang naik turun, tetapi semua terbayar ketika sampai di objek wisatanya.

Kalibiru Genyem berlokasi di Desa Berab, Kecamatan Nimbokrang, Jayapura, Papua. Biaya tiket masuk Rp 10.000 jika naik kendaraan roda dua, sedangkan kendaraan roda empat Rp 50.000.

Rekomendasi Wisata Lain

pulau um rekomendasi
Ilustrasi via instagram achmadsbudi

Berikutnya ada rekomendasi wisata lain yaitu Pulau Um punya julukan pulau kelelawar dan pulau perawan karena masih alami dan belum tersentuh oleh tangan manusia. Panoramanya tidak perlu diragukan lagi, di sini Teman Traveler bisa berenang dan snorkeling melihat biota laut.

Rute menuju pulau dari Kota Sorong menuju Desa Malaumkarta berjarak 49 km, waktu tempuh 2 jam perjalanan. Kemudian naik perahu boat sekitar 30 menit, dengan tarif pulang-pergi Rp 250.000.

Demikian ulasan Kalibiru Genyem di Papua beserta rekomendasi lainnya. Bisa dijadikan referensi destinasi wisata Teman Traveler selanjutnya. Next

ramadan
fi taulani social hideout

Kuliner di Taulan Social Hideout Bali, Ada Kolam Renang Pinggir Sawah

fi nine house kitchen

Nine House Kitchen Alfresco di Malang, Resto Ala Kastel Romawi