in ,

Menengok Mistisnya 4 Kamar Bung Karno, Ada Ruang Milik Nyi Roro Kidul

Ada salah satu kamar yang kerap mengeluarkan aroma melati lho

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, kalau tempat bersejarah lekat dengan hal mistis. Contohnya seperti beberapa kamar yang pernah didiami oleh Bung Karno. Masing-masing memiliki cerita seram yang sudah populer sejak dulu. Lantas, kamar mana saja yang dimaksud? Simak penjelajahan Traveling Yuk berikut ini. 

Baca juga : Rest Area Karangploso, Kulineran di Tengah Mudik

Kamar di Istana Merdeka 

kamar bung karno
Istana Merdeka via shutterstock

Tempat pertama yang mengandung nuansa mistis adalah kamar di Istana Merdeka. Konon katanya, kamar tersebut menyajikan suasana yang menyeramkan setelah sepeninggalan Presiden pertama di Indonesia tersebut. Oleh karenanya, tidak ada presiden yang berani menempatinya selama menjabat. Bahkan, Bapak Soeharto pun memilih beristirahat di tempat lain dan menginginkan kamar tersebut untuk dimuseumkan saja. 

Tapi siapa sangka, presiden kita kali ini yaitu Joko Widodo pernah beristirahat di sana. Beliau pun mengaku bahwa selama di kamar itu, dirinya tidak diganggu oleh makhluk apapun. Dari sini, masyarakat berpendapat kalau Jokowi adalah sosok yang begitu berani. 

Kamar 308 di Hotel Grand Inna Samudera 

kamar bung karno
Kamar 308 di Hotel Grand Inna via twitter/explorejabar 

Kemudian ada lagi kamar yang dianggap penuh misteri dan pernah ditempati oleh Bung Karno. Yaitu kamar nomor 308 di Hotel Grand Inna Samudera, Sukabumi. Ketika beliau berkunjung ke Sukabumi, pasti menyempatkan untuk beristirahat di kamar tersebut. Menariknya, kamar tersebut adalah ruangan yang disiapkan khusus untuk Nyi Roro Kidul

Di dalamnya didominasi warna hijau dan juga terdapat lukisan Nyi Roro Kidul dengan ukuran yang cukup besar. Nuansa mistis pun semakin terasa karena ada aroma dupa yang menyelimuti kamar ini. Meskipun begitu, kamar ini tidak sepi pengunjung yang selalu penasaran ingin melihat isinya. Tapi, kamar 308 ini tidak boleh dipotret dan ditempati oleh orang sembarangan. Hanya orang-orang yang ingin melakukan suatu ritual yang diperbolehkan menginap di sana. 

Kamar di Loji Gandrung 

Kamar di Loji Gandrung via facebook/Eko Rahmad Sudjito

Soekarno juga pernah menginap di rumah dinas Wali Kota Solo atau kerap disebut dengan Loji Gandrung. Menurut cerita, banyak peristiwa mistis yang terjadi di kamar sarat akan sejarah ini. Seperti adanya suara organ berbunyi di malam hari, gemericik air yang sebenarnya air sudah lama tak mengalir dan adanya penampakan empat sosok tentara Belanda. Tapi, yang masih sering terjadi adalah aroma bunga melati yang kerap muncul dari kamar satu ini. 

Kamar di Penjara Banceuy  

Penjara Banceuy via twitter/infobdg

Terakhir, ada kamar di Penjara Banceuy, Bandung, tempat Soekarno dulu ditahan oleh Belanda. Tempat ini dianggap angker karena banyaknya pejuang Indonesia yang disiksa hingga merenggut nyawa di sana. Sampai akhirnya hal ini dikait-kaitkan dengan kejadian mistis yang ada di penjara tersebut. 

Menurut salah satu penjaga bekas penjara Bung Karno mengatakan bahwa dirinya sering kali mengalami kejadian ganjil. Ketika ia sedang tertidur ada saja yang membangunkannya padahal dia sedang sendirian. Ada pula wisatawan yang ketika memotret sudut penjara, hasil kamera ponselnya yang terlihat justru sesosok gaib berbadan besar dan tinggi.

Jadi, itulah deretan kamar bung karno yang dianggap mistis oleh masyarakat. Anggapan keluar karena suasananya membuat merinding hingga beragam cerita seram yang dialami oleh masyarakat. Namun untuk percaya atau tidaknya bisa Teman Traveler nilai sendiri. Nah, melihat ulasan di atas, apakah kalian berani untuk mengunjunginya?  Next

ramadan

Gak Seram, 5 Makam di Indonesia ini Instagramable Abis!

Saingi Maldives, Ini Pesona Kepulauan Widi