in ,

Gak Seram, 5 Makam di Indonesia ini Instagramable Abis!

Cocok buat berfoto dan merefleksikan diri

Makam sering diidentikkan sebagai tempat yang menyeramkam. Namun apa jadinya kalau tempat peristirahat terakhir tersebut memiliki desain yang cantik dan instagramable? Supaya tahu lebih lengkap, yuk simak 5 makam di Indonesia yang punya desain artistik nan sakral.

Baca juga : Deretan Kuliner Pisang Cirebon, Banana Lover Jangan Ketinggalan

1. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti via Shutterstock

Sebelum didirikan museum, daerah ini merupakan bagian dari kompleks kuburan tertua dan terluas di dunia pada zaman penjajahan Belanda, yaitu Pemakaman Kebon Jahe Kober. Seiring makin pesatnya pembangunan kota, kompleks pemakaman pun ikut tergusur.

Penggalian makampun dilakukan demi memindahkan jenazah ke tempat yang lebih layak. Namun karena banyak peninggalan batu nisan yang estetik, diputuskanlah pembangunan Museum Taman Prasasti di tahun 1977.

Sekarang tempat ini menjadi daya tarik tersendiri karena pengaruh gaya Eropanya yang cantik dan berseni, cocok untuk berfoto.

2. San Diego Hills Karawang

San Diego Hills via Instagram/lippoindonesia

Pemakaman elit yang satu ini memang terkenal karena keindahannya. Rerumputan hijau dengan bunga-bunga yang menghiasi taman seperti menambah daya tariknya sendiri. Cocok bagi para pemburu spot instagramable.

Tidak hanya makam, di sini juga disediakan aneka fasilitas layaknya tempat wisata, seperti restoran, danau buatan, jalur untuk jogging, dan kolam renang.

3. Makam Bung Karno

Image may contain: one or more people, people standing, sky and outdoor
Arsitektur makam Bung Karno via Instagram/rykaww

Salah satu makam di Indonesia yang instagramable lainnya adalah makam Bung Karno. Sekilas, tidak ada yang istimewa dari tempat peristirahatan terakhir presiden pertama Indonesia ini.

Tapi, jika Teman Traveler perhatikan museum dan taman di sekitar makam, kalian akan menyadari bahwa desainnya sangatlah estetik dan cocok untuk berfoto. Kawasan ini memadukan unsur modern dengan Hindu-Jawa, membuat arsitektur makam ini sangat menarik.

4. Makam Tebing Toraja

Makam Tebing Toraja via Shutterstock

Kawasan ini berlokasi di Tana Toraja, sekitar 6 jam perjalanan dari kota Makassar. Di sini disemayamkan para tetua dan kepala suku Toraja pada masa lalu.

Cara memakamkannya pun unik, yakni dimasukkan ke dalam ruang-ruang kecil di dalam tebing. Tak lupa, di luar makam dipasang patung-patung perlambang orang-orang yang dikubur di sini.

Perpaduan unsur budaya yang kental dan alam hijau yang mengelilinginya membuat lokasi ini cantik dan tepat untuk studi sejarah.

5. Ereveld Menteng Pulo

Image may contain: sky and outdoor
Ereveld Menteng Pulo via Instagram/winandaannisa

Makam ini dibangun sebagai tempat peristirahatan terakhir perwira militer Belanda yang gugur selama masa penjajahan ataupun saat Perang Dunia II.

Tidak ada kesan horor samasekali saat mengunjungi makam ini. Malah, karena tertata apik dan cantik plus desain kapelnya yang bergaya Eropa, Ereveld Pulo Menteng menjadi primadona para pemburu spot foto hits di Jakarta.

Demikian makam di Indonesia yang memiliki nilai instagramable karena desain dan penataannya yang memukau mata. Selain sebagai tempat berfoto, makam yang indah juga mendorong kita berziarah dan menghormati mereka semua yang sudah meninggal. Next

ramadan

Street Food Legendaris di Istanbul, Serba Roti Pas Buat Sarapan

Menengok Mistisnya 4 Kamar Bung Karno, Ada Ruang Milik Nyi Roro Kidul