in ,

4 Kampung Arab di Indonesia Untuk Ngabuburit

Kampung Arab
Kampung Arab

Indonesia merupakan negara dengan bermacam suku dan etnis. Salah satunya adalah etnis Arab yang bermukim pada satu kawasan dan sering kita sebut dengan Kampung Arab. Bukan hal baru kan jika etnis yang berasal dari Timur Tengah ini sangat kental dengan nuansa Islam. Tidak heran jika saat Bulan Puasa tiba, kampung mereka selalu ramai oleh para pengunjung. Selain sebagai objek wisata religi, bisa juga dijadikan pusat jualan takjil. Ingin tahu di mana saja?

Baca juga : Lebih Dekat dengan Alam di Tempat Wisata dengan Monyet yang Hidup Bebas

Menikmati Nuansa Mekkah Sambil Ngabuburit di Kampung Arab Surabaya

OOTD di Kampung Arab Surabaya
OOTD di Kampung Arab Surabaya [image source]
Kamu bakal mendapatkan sensasinya ngabuburit seperti di Mekkah ketika mengunjungi kampung Arab yang terletak di Kawasan Wisata Sunan Ampel, Surabaya. Tempat ini tidak hanya ramai tapi juga dihuni oleh banyak orang Arab. Seperti wisata Surabaya lainnya, banyak yang datang untuk berkunjung ke Sunan Ampel sekaligus berburu takjil di tempat ini. Salah satu menu yang paling diminati dan dapat kamu coba adalah Nasi kabuli yang terkenal lezat banget.

Penjual Takjil di Kampung Arab Surabaya
Penjual Takjil di Kampung Arab Surabaya [image source]
Lokasi : Sepanjang Jalan Ampel Masjid, Surabaya

Menunggu Bedug Buka dengan Jelajah Budaya Kampung Arab Pekalongan

Acara Rutin di Kampung Arab Pekalongan
Acara Rutin di Kampung Arab Pekalongan [image source]
Di Pekalongan, Jawa Tengah kamu juga dapat menemui pemukiman yang sering disebut Kampung Arab. Terdapat 3 lokasi di Pekalongan yang menjadi titik bermukimnya orang-orang dari Timur Tengah tersebut, yaitu Kelurahan Sugihwaras, Kelurahan Klego, dan Kelurahan Poncol. Dari ketiga tempat tersbeut, Sugihwaras adalah yang paling dominan dengan warga Arab-nya. Saat bulan Ramadhan tiba, beberapa komunitas Pekalongan sering melakukan beberapa acara, seperti jelajah budaya Pekalongan. Biasanya, acara dilakukan sore hari hingga bedug buka berkumandang. Nah, berminat nimbrung sekalian nunggu adzan magrib di acara ini?

Sekoteng di Kampung Arab Pekalongan
Sekoteng di Kampung Arab Pekalongan [image source]
Lokasi : Kelurahan Sugihwaras, Pekalongan, Jawa Tengah

Menikmati Pertunjukan Musik Gambur di Kampung Al-Munawar, Palembang

Kampung Arab Al Munawar
Kampung Arab Al Munawar [image source]
Datanglah ke Kampung Al-Munawar, Palembang. Di sini kalian akan disambut dengan ramah oleh para warganya. Tapi ingat, untuk datang ke sini kamu harus berpakaian yang sopan karena warganya sangat Islami banget. Kamu juga bisa hunting foto beberapa bangunan khas Timur Tengah di sini. Sambil menunggu waktu buka tiba, kamu juga bisa mengunjungi beberapa bangunan bersejarah di sekitar kampung ini. Atau menikmati sajian musik gambus yang memang dimainkan oleh warga sambil menunggu adzan magrib berkumandang.

Spot Foto Kampung Arab Palembang
Spot Foto Kampung Arab Palembang [image source]
Lokasi : Lorong Al-Munawar No.13, 13 Ulu, Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Jalan-jalan di Embong Arab Malang

Ilustrasi Rumah Makan Cairo
Ilustrasi Rumah Makan Cairo [image source]
Seperti kota lain, Malang juga memiliki tempat yang lebih populer dengan nama Embong Arab. Ya, perkampungan ini terletak di Jalan Kapt Piere Tendean. Sepanjang jalan di sini, tidak hanya orang cantik dan tampan yang ditemui, namun juga ada restoran khas Timur Tengah bernama RM Kairo yang bisa dijajal saat buka. Selain itu, kamu bisa menemukan bermacam toko perlengkapan ibadah, oleh-oleh haji bahkan penjual parfum. Nah, berminat untuk ngabuburit di sini?

Rumah Makan Kairo
Rumah Makan Kairo [image source]
Lokasi : Jalan Kapt Piere Tendean, Malang

Ngabuburit di kampung Arab seru bukan? Nggak cuma dapat takjil, kampung Arab di atas juga dapat mengenal budaya, bangunan, dan tentunya kuliner khas Timur Tengah. Kampung Arab mana yang mau kamu kunjungi untuk ngabuburit? Next

ramadan
Mother of the Fatherland

Kamu Tidak Akan Menyangka Kalau Ada Monumen Sebesar Ini

Harga Tiket Pesawat Indonesia Termurah, Modal Mulai 500 Ribuan Bisa PP ke 5 Kota Ini