in ,

Kampung Cicak di Cirebon, Geli-geli Sumber Rezeki

Meski bikin geli namun bermanfaat

Kampung Cicak di Cirebon via via Twitter @VICE_ID
Kampung Cicak di Cirebon via via Twitter @VICE_ID

Terkadang melihat cicak saja sudah bikin bergidik apa lagi datang ke kampungnya. Mungkin sebagian dari Teman Traveler akan berpikir begitu. Namun kalian harus tahu kalau ada banyak manfaat dari cicak yang wajib diketahui. Melansir dari sumber istimewa, terdapat kampung unik penghasil cicak di Cirebon. Seperti apa? Simak ulasan berikut.

Baca juga : Gempa Megathrust Ancam Pantai Selatan Jawa, Akankah Sebagian Pulau Hilang dari Peta?

Pusatnya para pemburu cicak

kampung cicak
Kampung Cicak via Twitter/@VICE_ID

Pak Sugandhi adalah pelopor munculnya bisnis cicak di daerah Kapetakan, Cirebon ini. Awal ia mendirikan bisnis ini dimulai sejak tahun 2008. Sebenarnya ada banyak hewan yang dijual seperti katak dan ular. Namun bisnis yang paling menguntungkan adalah menjual cicak.

Biasanya Pak Sugandhi menerima setoran cicak dari para penyortir. Para penyortir ini berasal dari kawasan Cirebon-Indramayu khususnya Bangodua, Sindang Jatibarang, Karangampel, Gebang, Losari.

Cara memburu yang sederhana

Kampung Cicak via Twitter/@VICE_ID

Sebagian orang berpikir mungkin akan susah untuk menangkap cicak, namun ternyata para penyortir hanya memakai cara sederhana. Mereka hanya berbekal senter dan tongkat yang diberi lem disebut pulut.

Caranya cukup mengamati cicak di tembok kemudian setelah cicak mulai tenang ambil dengan cepat memakai pulut. Nantinya jika cicak sudah terkumpul di keranjang akan langsung diantar.

Cicak yang dijual belum mati

Kampung Cicak via Twitter/@VICE_ID

Faktanya, ternyata cicak yang disetor masih basah atau belum mati. Cicak per kilogram akan dihargai 40 ribu rupiah. Setelah cicak disetorkan, nantinya cicak akan dibersihkan terlebih dahulu memakai deterjen dan air.

Selanjutnya, cicak yang sudah dicuci akan dipanggang selama 2 jam. Lalu dilanjutkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari sampai kering dan berwarna coklat kehitaman.

Mampu menyembuhkan berbagai penyakit

kampung cicak
Kampung Cicak via Twitter/@VICE_ID

Cicak punya banyak manfaat untuk manusia. Salah satunya adalah sebagai obat alternatif. Obat ini nantinya bisa menyembuhkan penyakit seperti gatal-gatal hingga alergi. Meskipun belum banyak penelitian yang membahas ini, namun cicak ini sudah laris manis di pasaran Tiongkok hingga Amerika Serikat.

Itu dia Kampung Cicak di Cirebon yang punya bisnis unik nan menggiurkan. Jadi apakah kamu saat ini ingin mengambil cicak dan menjualnya? Kalau iya siap-siap jadi kaya! Mampir saja saat jelajah wisata Cirebon. Next

ramadan
Menikmati keindahan Bolu-bolu via Wediawu

Pantai Wediawu, Wisata Bahari Lengkap di Sudut Malang

Petirtaan Candi Belahan

Candi Belahan, Mandi ala Permaisuri di Kolam Awet Muda