in , ,

4 Kawah Gunung di Jawa Tengah, Pesonanya Magis!

Tetap berhati-hati ya kalau berkunjung ke sini

Seperti yang kita tahu selama ini, kalau setiap gunung mempunyai kawah dengan ciri khas masing-masing. Nah, kali ini artikel akan membahas deretan kawah gunung yang berada di Jawa Tengah. Kira-kira, apa saja keistimewaan dari masing-masing? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Hotel dengan Akses Pantai Pribadi, Serasa di Pulau Sendiri

1. Gunung Slamet

kawah gunung jawa tengah
Kawah Gunung Slamet (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Memiliki ketinggian 3428 mdpl, menjadikan Gunung Slamet mendapat gelar gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Slamet memiliki kawah besar yang berada tepat di sekitar puncaknya dan menjadi salah satu pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Tapi, untuk pergi ke sana, kalian wajib untuk berhati-hati, karena gunung sering mengalami erupsi skala kecil.

kawah gunung jawa tengah
Kawah Gunung Slamet dari sisi lain (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

2. Gunung Sumbing

kawah gunung jawa tengah
Kawah dan makam di Gunung Sumbing (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3371 mdpl dan menjadikannya sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah. Gunung Sumbing terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Kawah yang dimiliki gunung satu ini terbilang tidak terlalu besar. Menariknya,di dekat kawah terdapat sebuah makam milik Ki Ageng Makukuhan yang merupakan seorang pendakwah Islam murid Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga.  

3. Gunung Sindoro

kawah gunung jawa tengah
Kawah Gunung Sindoro (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3150 mdpl dan terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung ini masuk dalam kategori gunung berapi yang aktif yang dapat dilihat dengan semakin melebarnya kawah di kawasan puncak.

whatsapp_image_2020_01_18_at_00_HV1.jpeg
Penampakan kawah saat matahari terbit (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Karena ini jugalah pendakian sampai puncak dibatasi waktu hanya dari jam 07.00 sampai 11.00 WIB. Hal ini dikarenakan aktivitas kawah besar yang terdapat di puncak sangat intens mengeluarkan asap dengan kandungan sulfur yang tinggi. Jika terlalu banyak dihirup tentu saja akan mengganggu kesehatan hingga kematian.  

4. Gunung Merapi

whatsapp_image_2020_01_17_at_21_RFR.jpeg
Kawah Merapi (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung Merapi memiliki ketinggian 2930 mdpl dan terletak di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Klaten. Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Gunung ini sangat berbahaya karena mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali. Karena statusnya yang sangat aktif inilah, kawah di gunung ini sangat besar dan menakjubkan.

whatsapp_image_2020_01_17_at_21_ORv.jpeg
Bagian lain dari kawah Merapi (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Demikianlah beberapa kawah gunung yang ada di Jawa Tengah. Semuanya tampak menakjubkan dengan pesonanya masing-masing. Namun, bagi kalian yang ingin melihat kawah-kawah tersebut, tetaplah berhati-hati. Pasalnya, jalurnya sangat licin, sehingga dapat membahayakan sewaktu-waktu. Sehingga, usahakan untuk mengajak kerabat yang sudah berpengalaman mendaki serta melihat kawah-kawah itu. Next

ramadan

Uji Adrenalin Wisata Rafting di Sari Profit Rafting & Swing Ubud, Bali

Pasar Gedhe Hardjonagoro, Simbol Toleransi Antar Etnis di Solo