in , ,

Indahnya Pesona Kawah Wurung, ‘Tetangga’ Kawah Ijen Bondowoso

Menyaksikan Indahnya Padang Savana di Kawah Wurung

Kawah Wurung Bondowoso
Kawah Wurung Bondowoso (c) Rosita/Travelingyuk

Berencana liburan ke Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen? Jangan
buru-buru pulang dulu usai menjelajah kawasan yang terkenal dengan blue-fire-nya tersebut. Tak jauh dari Kawah Ijen, Teman Traveler bisa melihat indahnya pesona Kawah Wurung.

Baca juga : 4 Lokasi Paddling Pilihan Ibu Susi Pudjiastuti, Semuanya Menakjubkan

Kawah Wurung sendiri sebenarnya merupakan sebuah kawah yang ‘gagal’. Namun, padang savana ini menghadirkan panorama menarik yang pantang dilewatkan. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

‘Tetangga’ Kawah Ijen

Lokasinya berada tak jauh dari Kawah Ijen (c) Rosita/Travelingyuk

Kabupaten Bondowoso memang beruntung karena dianugrahi wisata alam yang indah. Tidak hanya TWA Kawah Ijen, kawasan di sebelah timur Pulau Jawa ini memiliki Kawah Wurung yang tidak kalah menarik. Destinasi ini bisa dibilang sebagai ‘tetangga’ Kawah Ijen, karena letaknya berdekatan.

Kawah Wurung berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Lokasinya searah dengan TWA Kawah Ijen, Teman Traveler bakal bisa menemukannya dengan mudah. Asyiknya lagi, selama perjalanan, kalian akan dimanjakan beragam suguhan pemandangan alam luar biasa di sepanjang Perkebunan Jampit.

Rute Termudah Menuju Wurung

TWA Kawah Ijen terlihat dari Padang Savana Kawah Wurung (c) Rosita/Travelingyuk

Jarak Kawah Wurung dari pusat Kabupaten Bondowoso sekitar 63 kilometer. Teman Traveler bakal harus menempuh perjalanan selama kira-kira dua jam sebelum bisa sampai tujuan. Ada beberapa rute yang bisa kalian ambil, namun usahakan pilih jalur paling efektif.

Rute termudah menuju Wurung adalah melalui jalan utama Kabupaten
Situbondo. Berikutnya, ikuti petunjuk arah menuju TWA Kawah Ijen. Jalur ini juga sekaligus menjadi akses utama para wisatawan. Teman Traveler tidak perlu khawatir, sebab jalanannya sudah sangat mulus. Bisa dilalui sepeda motor maupun mobil dengan mudah.

Dijamin takkan bosan selama perjalanan. Teman Traveler akan ditemani suasana asri pegunungan. Rasakan juga sensasi melalui jalan berkelok-kelok, seru dan pasti tak bakal terlupakan.

Medan yang Cukup Mudah Dilalui

Medan menuju Wurung cukup mudah (c) Rosita/Travelingyuk

Medan menuju Kawah Wurung cukup mudah dilalui. Meski bukit dengan tinggi sekitar 1700 mdpl tersebut memiliki tanah berpasir, Teman Traveler takkan kesulitan menggapai puncaknya. Pastikan saja kalian dalam kondisi prima sebelum datang ke sini.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa langsung parkir di kaki bukit. Berikutnya, Teman Traveler harus berjalan kurang lebih 5km dari jalan utama. Kalian bakal disuguhi panorama cantik hamparan kebun kopi dan ladang sayur-mayur warga sekitar.

Jika cuaca sedang cerah, di sebelah timur akan tampak Puncak Kawah Ijen sedang mengeluarkan kepulan asap putih. Sementara di sebelah barat Teman Traveler bisa melihat gagahnya Gunung Raung.

Wurung, Kawah yang Gagal

Padang savana nan indah di Wurung (c) Rosita/Travelingyuk

Perlu Teman Traveler ketahui, Wurung dalam Bahasa Jawa berarti ‘gagal’ atau ‘tidak jadi’. Hal tersebut benar-benar menggambarkan kondisi kawasan ini. Kalian bakal melihat cekungan besar kawah mati atau kawah yang tidak jadi terbentuk.

Alih-alih kepulan asap dan lahar, cekungan di daerah Wurung justru ditumbuhi rerumputan hijau. Meski demikian, pemandangan yang disajikan sungguh luar biasa indah. Tak kalah cantik dengan Kawah Ijen.

Padang Savana nan Indah

Kawah yang ‘gagal’ (c) Rosita/Travelingyuk

Seperti disinggung sebelumnya, cekungan tanah di kawasan Wurung kini ditumbuhi rerumputan hijau dan membentuk padang savana di perbukitan. Keunikan tersebut, ditambah udara sejuk khas pegunungan, menjadi daya tarik utama Kawah Wurung hingga membuatnya terus dikunjungi wisatawan.

Jika Teman Traveler berkunjung saat musim penghujan, perbukitan kawasan Wurung akan tampak menghijau. Sebaliknya jika datang saat musim kemarau, kawasan ini akan terlihat menguning dan hasilkan atmosfer eksotik. Next

ramadan

Ghost P.I. Hotel, a Haunted Abandoned Palace at the Hills of Bedugul

Miliki Monumen Al-Qur’an Berukuran Besar, Alun-alun Cianjur Makin Instagenic