in ,

Miliki Monumen Al-Qur’an Berukuran Besar, Alun-alun Cianjur Makin Instagenic

Tampilan Baru Alun-alun Cianjur

Tampilan baru Alun-alun Cianjur mencuri perhatian. Salah satu yang paling mencolok adalah kehadiran monumen Al-Qur’an berukuran besar. Ruang terbuka seluas 1 hektar yang dulunya merupakan bekas Pasar Induk dan bekas Alun-alun Masjid Agung Cianjur ini menjadi tampak instagenic dan bikin nyaman.

Baca juga : Unik, Shirokuma Cafe Biarkan Kamu Cicipi Es Krim Glow in The Dark!

Seperti apa penampilan baru darinya? Berikut ulasan untuk Teman Traveler!

1. Menjadi Primadona Baru Cianjur

Menjadi Primadona Baru Cianjur via Instagram/pur.purwanto.12327

Diresmikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada 08 Februari 2019 lalu, Alun-alun Cianjur langsung menjadi primadona baru. Bahkan, sebelum rampung dikerjakan, kawasan ini sudah banyak dikunjungi warga. Sekalipun mereka tidak bisa masuk karena alun-alun masih tertutup untuk umum.

2. Dilengkapi Fasilitas Panggung Terbuka dan Kolam Air Mancur

Dilengkapi Panggung Terbuka via Instagram/didingjr_

Pembenahan bekas Pasar Induk serta Masjid Agung Cianjur ini menghabiskan dana sekitar 37 Miliar. Tidak mengherankan jika ia “menjelma” dengan sempurna.

Monumen Al-Qur’an Berukuran Besar Menarik Perhatian via Instagram/uliduni

Beberapa fasilitas pendukung pun disediakan untuk mengoptimalkan kawasan ini. Seperti panggung pertunjukan yang bersifat terbuka, serta kolam dengan air mancur. Bukan hanya itu, monumen Al-Qur’an yang berukuran besar juga takkalah menarik perhatian.

3. Jadi Tempat Berkumpul Warga

Area Alun-alun Menjadi Tempat Kumpul Warga via Instagram/nurainiwinnie25

Layaknya alun-alun di beberapa kota dan kabupaten, Alun-alun Cianjur digunakan sebagai tempat berkumpul warga. Saat peresmian beberapa hari lalu, ribuan warga datang ke area tersebut dari pagi hingga petang. Lapangan rumput sintetis yang ada di depan Masjid Agung menjadi pelataran favorit warga.

4. Akan Jadi Proyek Percontohan Nasional

Akan Menjadi Proyek Percontohan Nasional via Instagram/shanesquare

Kebanggaan masyarakat Cianjur rasanya semakin bertambah ketika Presiden RI menyebutkan bahwa Alun-alun Cianjur akan menjadi inspirasi bagi daerah lain. Disebutkan bahwa alun-alun ini akan menjadi proyek percontohan nasional untuk pembangunan alun-alun di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Menginspirasi Kota dan Kabupaten Lain via Instagram/faizaljepreter

Dilansir dari Tribun, menindaklanjuti hal ini, Presiden menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengerjakannya mulai tahun depan. Alun-alun sendiri memiliki fungsi sebagai ruang publik sekaligus ruang budaya, sosial dan demokrasi.

Salah Satu Spot Cantik di Alun-alun Cianjur via Instagram/irmalani17

Melihat fasilitasnya yang lengkap, termasuk dengan beberapa ornamen yang membuatnya tampak instagenic, wajar saja jika Alun-alun Cianjur menjadi primadona baru. Ia menambah daftar tempat yang wajib dikunjungi saat jalan-jalan atau liburan ke Cianjur! Nggak penasaran untuk segera berkunjung ke sini? Rencakan yuk! Next

ramadan
Kawah Wurung Bondowoso

Indahnya Pesona Kawah Wurung, ‘Tetangga’ Kawah Ijen Bondowoso

Lontong Dharma

Lontong Dharma di Pemalang, Temani Pecinta Kuliner Sudah Lebih 100 Tahun