in , , ,

Kebon Rojo Park, Spot Edukasi Adem di Tengah Panasnya Kota Blitar

Belajar sambil Berwisata di Kebon Rojo Park Blitar yang Menyenangkan

Jalan-jalan ke Kota Blitar menikmati suasana kotanya yang santai dan penuh nuansa sejarah di setiap sudutnya memang sangat menyengkan. Tapi kondisi Kota Blitar yang berhawa panas akan sangat menguras energi. Nah, buat Teman Traveler yang sedang melancong ke Blitar, wajib sekali mampir ke sebuah taman kota untuk sekedar ngadem dan mengistirahatkan diri. Taman ini bernama Kebon Rojo Park atau biasa orang bilang Taman Kebon Rojo. Taman ini berlokasi di pusat Kota Blitar, tepatnya di Jl. Diponegoro No. 12 Bendogirit, Kecamatan Sananwetan, Blitar. Taman kota ini buka setiap hari mulai jam 06:00 sampai jam 17:00, tidak dibuka 24 jam karena di dalamnya juga ada koleksi beberapa binatang yang tetap dijaga dan dilindungi. Simak suasana lengkapnya di ulasan berikut ya.

Baca juga : Happiness Kitchen & Coffee, Tempat Nongkrong ala Tropical Vintage Kebanggaan Jakarta Selatan

1. Lokasi Taman Yang Luas Dan Rindang

Data Tanaman (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Data Tanaman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meskipun ada jam operasionalnya, tapi taman kota ini gratis untuk Teman Traveler datangi dan hanya membayar uang parkir senilai Rp2.000 saja. Setelah itu Teman Traveler bebas menikmati jalan mengitari Taman Kebon Rojo yang luas ini. Beberapa meter berjalan dari pintu masuk, Teman Traveler bisa melihat sebuah papan denah lokasi taman dan informasi apa saja yang ada di dalam taman.

Suasana Taman yang Penuh Warna (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Suasana Taman yang Penuh Warna (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Taman Kebon Rojo memang mempunyai konsep sebagai taman edukasi atau pembelajaran untuk anak-anak usia sekolah. Hal ini terlihat dari daftar tentang apa saja yang ada di taman pada sebuah papan denah Taman Kebon Rojo. Selain itu, Teman Traveler juga masih bisa menikmati suasana asri taman dengan banyak pepohonan rindang dan juga bunga-bunga yang ditanam rapi di seluruh penjuru taman. Berjalan di dalam taman ini sangat menyenangkan setelah terkena panas seharian mengelilingi tempat wisata di Kota Blitar.

2. Bermain dengan Burung Merpati

Burung Merpati di Area Taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Burung Merpati di Area Taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Salah satu hal menarik di dalam Taman Kebon Rojo adalah adanya burung merpati yang jumlahnya amat sangat banyak yang tersebar di seluruh penjuru. Teman Traveler akan banyak menemukan burung ini di sekeliling area bundaran kolam air mancur yang ada di tengah-tengah wisata. Biasanya burung-burung ini terbang rendah atau berjalan-jalan sehingga Teman Traveler bisa ikut bermain dengan burung-burung tersebut, cukup membeli pakan burung senilai Rp5.000 Teman Traveler bisa berinteraksi dengan burung jinak ini.

Jalan Setapak di Dalam Taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Jalan Setapak di Dalam Taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pagupon atau rumah burung merpati ini memang berada di area taman. Selain di area kolam air mancur, burung ini biasanya juga terlihat berjalan dan juga berterbangan di area jalan kaki di bawah pepohonan rindang di sisi taman. Uniknya burung ini tidak takut untuk Teman Traveler dekati.

3. Kebun Binatang Mini di Dalam Taman

Kebun Binatang Mini (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Kebun Binatang Mini (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sebagai taman edukasi atau pembelajaran untuk anak-anak, Taman Kebon Rojo punya satu ciri khas unik yang mungkin tidak ditemukan di taman kota lainnya. Keunikan itu adalah mempunyai lokasi kebun binatang mini yang ada di sudut belakang taman, lokasinya pun lumayan luas.

Ada beberapa koleksi binatang di tempat ini. Salah satu yang terbanyak adalah koleksi burung. Mulai dari burung gagak, burung beo, burung kakatua, danĀ  beberapa burung lain. Binatang ini ditempatkan di kandang yang luas dan terawat. Pengelola juga selalu memberi makan dan menjaga kesehatan burung-burung ini.

Rusa di Area Kebun Binatang Mini (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Rusa di Area Kebun Binatang Mini (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Salah satu koleksi binatang lain yang ada di kebun binatang mini Taman Kebon Rojo ini adalah Rusa Jawa yang ditempatkan dalam 2 buah kandang luas dengan jumlah yang lumayan banyak. Teman Traveler juga dibebaskan memberi binatang ini makanan, dengan catatan tidak mengotori ataupun meracuni hewan-hewan tersebut.

Buat pecinta binatang, jalan-jalan di Taman Kebon Rojo memang menyenangkan. Selain burung dan rusa, ada beberapa binatang lain yang ada di tempat ini seperti iguana, monyet, ikan-ikan hias, burung merak, dan juga beberapa jenis unggas lain seperti angsa.

4. Menjadi Tempat Bersantai & Bermain

Tangga Taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Tangga Taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Layaknya fungsi sebuah taman yang sesungguhnya, Taman Kebon Rojo ini menyediakan titik-titik tempat untuk bersantai. Banyak gazebo dan tempat duduk yang tersebar di seluruh area taman. Semuanya bisa Teman Traveler manfaatkan untuk duduk dan beristirahat, karena suasananya sangat menyejukkan dan berada di bawah pepohonan rindang. Suasana nyaman semakin tercipta karena suara berbagai macam hewan koleksi kebun binatang mini.

Permainan Anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Permainan Anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Membawa anak-anak datang ke Taman Kebon Rojo memang satu hal yang pas. Selain untuk belajar di kebun binatang mini, terdapat mainan yang bisa disewa untuk bersenang-senang. Beberapa diantaranya adalah sepatu roda, sepeda motor listrik, mini ATV, sampai sebuah komedi putar mini bisa Teman Traveler dapatkan di area ini.

5. Ada Tanaman-Tanaman Langka

Tanaman Langka (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Tanaman Langka (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada satu hal yang mungkin terlewat dari tangkapan mata Teman Traveler. Di Taman Kebon Rojo yang rindang ini ternyata juga banyak ditanam pepohonan langka yang memiliki banyak manfaat. Pohon-pohon ini ditanam dan tumbuh di sela-sela lokasi kebun binatang. Teman Traveler dapat menjumpai banyak sekali pepohonan dan tanaman herbal. Mayoritas tanaman berasal dari negara lain. Hal ini tentu saja akan menambah ilmu Teman Traveler saat datang ke Taman Kebon Rojo ini. Bukan hanya bersantai menikmati teduhnya taman, tapi belajar tentang flora dan fauna juga bisa Teman Traveler lakukan di sini. Tertarik berkunjung? Next

ramadan

Melahap Tomahawk Steak ala Texas yang Dimasak dengan Cinta, Bikin Ngiler kan?

Red Brick Warehouse, Wisata Belanja Fenomenal di Hakodate Jepang