in , ,

Jelajah Kebun Raya Bali, Kebun Botani Terbesar di Indonesia

Jalan-jalan Sambil Nikmati Sejuknya Bedugul di Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali
Kebun Raya Bali (c) Rosita/Travelingyuk

Selama ini, Bali dikenal dengan pesona keindahan alamnya. Keelokan Pulau Seribu Pura tak terbatas hanya soal pantai. Jika Teman Traveler menjelajah ke kawasan dataran tinggi, ada begitu banyak keindahan yang belum sering diekspos. Salah satunya bahkan berstatus kebun botani terbesar di Indonesia. Destinasi yang dimaksud adalah Kebun Raya Bali.

Baca juga : Kafe Instagenic dengan Neon Bar di Jakarta Selatan, Ada Ding Dong Disko yang Usung Tema 70an

Patung Kumbakarna Laga (sumber: rosita)
Patung Kumbakarna Laga (c) Rosita/Travelingyuk

Selain menawarkan panorama indah, tempat ini juga memiliki sederet wahana bernuansa edukatif. Mari simak pengalaman saya menjelajah eloknya tiap sudut Kebun Raya Bali berikut ini.

Tidak Terlalu Jauh dari Denpasar

Salah satu sudut Kebun Raya Bali (c) Rosita/Travelingyuk

Kebun Raya Eka Karya atau lebih dikenal dengan Kebun Raya Bali, bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu setengah jam dari Denpasar. Meski kedua tempat tersebut terpisah jarak 80 km, perjalanan takkan terasa melelahkan. Ada banyak pemandangan menarik yang bisa disaksikan.

Berada di kawasan Bedugul

Pohon cemara koleksi Kebun Raya Bali (sumber: rosita)
Rimbunan pohon cemara di dalam taman (c) Rosita/Travelingyuk

Begitu sampai di sekitar kebun raya, Teman Traveler bakal disambut dengan udara sejuk khas Bedugul. Ya, destinasi yang beralamat di Jalan Kebun Raya, Candikuning ini, masih masuk wilayah Bedugul, Kabupaten Tabanan.

Posisi Kebun Raya Eka Karya sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pura Ulun Danu Beratan. Namun karena kurang terekspos, seringkali wisatawan hanya berkunjung ke Danau Beratan saja. Padahal kebun raya ini menawarkan pemandangan yang tidak kalah menarik lho. Jangan sampai dilewatkan jika Teman Traveler sedang berada di daerah Bedugul.

Liburan Anti Monoton di Bali

Suasana sejuk di Kebun Raya Bali (sumber: rosita)
Suasana sejuk di Kebun Raya Bali (c) Rosita/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang sudah sering mengunjungi Bali, kebun raya sangat wajib dikunjungi. Tentu saja agar liburan tak terasa monoton lantaran terus-menerus menghabiskan waktu di pantai. Apalagi kalian bakal dibuai segarnya udara dingin khas Bedugul.

Akses jalan menuju destinasi wisata ini cukup mudah. Tak heran jika rombongan pelajar maupun karyawan kerap memilih tempat ini sebagai tempat rekreasi maupun outbond. Tiket masuknya bisa dibilang cukup terjangkau, berada di kisaran Rp7.000 hingga Rp13.000. Sangat ramah kantong, bukan? Apalagi bagi Teman Traveler yang hobi backpacker-an?. 

Digunakan Juga Sebagai Pusat Penelitian

Taman kaktus (sumber: rosita)
Deretan tanaman kaktus (c) Rosita/Travelingyuk

Dengan luas mencapai 157,5 hektar, Kebun Raya Bali menyandang status sebagai Kebun Botani terbesar di Indonesia. Selain dibuka sebagai tempat wisata, tempat ini juga berfungsi sebagai balai penelitian botani, pelestarian tumbuhan, serta pendidikan. Pengunjung bisa mendapatkan banyak pengetahuan berharga soal keanekaragaman tumbuhan di Nusantara.

Tak hanya itu, Kebun Raya Bali juga menjadi habitat dari beberapa spesies burung asli Indonesia. Tentunya bakal sangat menyenangkan berkunjung ke sini bersama keluarga maupun sahabat.

Itulah sedikit ulasan mengenai pesona Kebun Raya Bali. Adakah di antara Teman Traveler yang sudah tertarik berkunjung? Dijamin kalian bakal mendapat pengalaman baru saat liburan di Pulau Seribu Pura. Next

ramadan

Feasting with Lovely Rice Field Scenery in Yogyakarta

Pemandangan di kawasan Pantai Seger

Pantai Seger, Jejak Legenda Putri Mandalika di Lombok Tengah