in , ,

Pantai Seger, Jejak Legenda Putri Mandalika di Lombok Tengah

Melongok Indahnya Pantai Seger di Mandalika

Pemandangan di kawasan Pantai Seger
Pemandangan di kawasan Pantai Seger (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai-pantai di Lombok memang sudah lama dikenal indah dan menakjubkan. Hal ini pula yang membuat Pulau Seribu Masjid kini jadi salah satu tujuan favorit wisatawan mancanegara. Para turis asing haus akan panorama alam perawan dan jarang terjamah manusia. Salah satunya adalah Pantai Seger.

Baca juga : Colorful Igloos at the Rumah Dome Teletubbies Sleman

Pemandangan di sisi utara Pantai Seger (c) Rosita/Travelingyuk

Selain Mandalika, belakangan Panntai Seger juga kian berkembang jadi salah satu pusat wisata. Yuk, lihat seindah apa wisata Lombok yang satu ini.

Pantai Melegenda di Lombok Tengah

Pantai dengan air laut jernih dan tenang (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Seger termasuk salah satu yang wisata melegenda dan populer di Kabupaten Lombok Tengah. Posisi tepatnya ada di wilayah Desa Sukadane, Kecamatan Pujut. Termasuk salah satu wisata andalan Mandalika, pantai ini sebenarnya masih segaris dengan Pantai Kuta Lombok. Kedua destinasi itu hanya terpisah jarak sekitar dua kilometer.

Apabila berangkat dari Bandara Internasional Lombok, butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di sini. Sementara bagi Teman Traveler yang menginap di kawasan Senggigi, perjalanan akan memakan waktu kira-kira satu setengah jam. Tak perlu khawatir soal akses, kondisi jalan menuju kawasan Mandalika sudah sangat baik.

Masuk Kawasan Pusat Wisata Lombok

Pemandangan pantai dari arah utara di siang hari (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Seger terus berbenah dalam beberapa bulan belakangan, demi menggapai target menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) unggulan Tanah Air. Selain Seger, kawasan ini juga memiliki Pantai Kuta dan Tanjung Aan yang wajib dikunjungi.

Kawasan Pantai Seger terbilang cukup luas. Ada beberapa titik yang bisa Teman Traveler jelajahi untuk menikmati keindahan alamnya. Tiap sisi destinasi ini menawarkan panorama berbeda, semuanya begitu memanjakan mata. Bagi yang ingin melihat pesona elok Seger dari ketinggian, bisa naik ke bukit di sekitar bibir pantai.

Legenda Putri Mandalika

Pantai dilihat dari atas bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Saat berkunjung ke Seger, Teman Traveler akan menemukan deretan patung di pinggir Pantai. Patung-patung tersebut didirikan di bagian utara, di mana arus lautnya lebih tenang. Kalian akan melihat semacam monumen yang menggambarkan seorang puteri hendak membebaskan diri dari tiga laki-laki. Patung ini tak lain menggambarkan Legenda Putri Mandalika.

Masyarakat Sasak yakin bahwa Pantai Seger merupakan lokasi Putri Mandalika menenggelamkan diri. Hingga kini, legenda tersebut terus dilestarikan melalui Festival Bau Nyale. Ketika acara tahunan tersebut digelar, penduduk akan ramai berusaha menangkap cacing laut. Hewan ini diyakini merupakan jelmaaan Putri Mandalika.

Festival Bau Nyale

Pemandangan dari atas bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Festival Bau Nyale adalah kegiatan berburu cacing laut. Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan yang diadakan antara Februari hingga Maret. Biasanya dilaksanakan pada hari ke-20 bulan ke-10 dalam penanggalan tradisional Sasak.

Dalam festival ini masyarakat dan wisatawan akan berlomba mencapai bibir pantai. Bahkan kadang ada yang sudah mencari nyale sejak pukul 03.00. Begitu festival rampung, cacing hasil tangkapan biasanya diolah menjadi sajian tradisional Lombok. Kemeriahan Festival Bau Nyale kerap memancing minat wisatawan nusantara dan mancangeara untuk datang ke Lombok.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Seger, kawasan wisata melegenda di Lombok Tengah. Tak hanya menikmati panorama sekitar, Teman Traveler juga bisa melihat langsung jejak Legenda Putri Mandalika di sini. Jadi, kapan kalian berencana liburan ke sini? Next

ramadan
Kebun Raya Bali

Jelajah Kebun Raya Bali, Kebun Botani Terbesar di Indonesia

7 Must-visit Temples in Bali

7 Must-visit Temples in Bali