in ,

Kebun Raya Banua dengan Ribuan Koleksi Tanaman Langka, Wajib Jadi Tujuan Wisata!

Kebun Raya Banua, Terbesar di Kalimantan

Kebun Raya Banua yang berada di kompleks pusat perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan, diproyeksi sebagai pusat penyelamatan sekaligus konservasi lingkungan terbesar di Pulau Borneo. Berisi ribuan koleksi tanaman langka, Teman Traveler rasanya wajib berkunjung ke sini. Lalu, seperti apa lengkapnya? Simak uraian berikut ini yuk!

Baca juga : Serunya Menjelajah ‘Mini Hollywood’ ala Studio Alam Gamplong Sleman

1. Diresmikan 2016 dan Masih Terus Dikembangkan

Diresmikan pada 2016 dan Terus Dikembangkan via Instagram/ditjenciptakarya

Kebun Raya Banua diresmikan sejak 2016 lalu. Penataannya dilakukan oleh pihak Kementerian PUPR. Meski sudah beberapa tahun lalu diresmikan, ia masih terus ditata dan dikembangkan.

Kawasan Masih Terus Dikembangkan via Instagram/ditjenciptakarya

Dibangun menggunakan APBN, saat ini pembangunan memasuki tahap ketiga. Pada tahap ketiga, kebun raya akan dilengkapi dengan area konservatorium. Detailnya terdiri atas pengerjaan struktur, arsitektur, mekanikal, elektrikal serta area tematik.

2. Wahana Konservasi Alam Sekaligus Wisata Seluas 100 Hektar

Sekaligus Merupakan Tempat Wisata via Instagram/aisya.dini

Sesuai fungsinya sebagai kebun, KRB merupakan wahana konservasi alam, yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Di dalamnya terdapat beberapa zona tanaman meliputi tanaman buah, obat-obatan, bunga, kayu dan lainnya.

Taman Labirin di KRB via Instagram/ditjenciptakarya

Selain itu, ia juga dilengkapi dengan taman labirin berukuran besar, taman bermain dan fasilitas yang menyenangkan lainnya. Luas lahannya sendiri kurang lebih 100 hektar.

3. Wisata Lingkungan Terbesar di Kalimantan

Wisata Bertema Lingkungan Terbesar di Kalimantan via Instagram/rea_khico

Dibangun di atas lahan seluas 100 hektar, Kebun Raya Banua merupakan wahana wisata lingkungan terluas, terbesar dan terlengkap di Kalimantan. Di dalamnya terdapat berbagai tanaman lokal khas Kalimantan Selatan. Seperti Pohon Kayu Besi, Kayu Ulin, yang dikatakan semakin langka.

4. Memiliki Koleksi Ribuan Tanaman Langka

Kebun dengan Ribuan Tanaman Langka yang Juga Instagenic via Instagram/risapadila

Koleksi tanaman langka yang ada di KRB bukan hanya pohon lokal khas Kalimantan Selatan seperti Kayu Besi dan Kayu Ulin. Ada sekitar 3.000 tanaman langka lainnya. Di antaranya pohon buah Kelangkala, Binjai, dan Kasturi.

Tempat Asyik untuk Rekreasi via Instagram/umarpopai57

Tanaman-tanaman tersebut didapat dari organisasi pecinta lingkungan, koleksi masyarakat perorangan, bantuan pemerintah hingga perusahaan swasta. Pihak pengelola juga terus melakukan pencarian tanaman langka ke berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

Berada di Kompleks Kantor Gubernur Kalsel via Instagram/bayu.fa

Kebun Raya Banua berlokasi di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Teman Traveler tidak akan kesulitan mencarinya karena ia berada di area perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan.

Jadi Spot Foto Instagenic Juga via Instagram/nur_fatmaawati

Kawasan ini buka setiap hari dari jam 08.00-18.00 waktu setempat. Jika ingin masuk ke KRB, khususnya Taman Labirin, tiket yang harus dibayarkan sekitar Rp20 ribu. Cukup terjangkau, kan?

Rencanakan untuk berkunjung ya! Selain KRB, wisata di Kalimantan Selatan lainnya juga luar biasa menyenangkan. Selamat berlibur! Next

ramadan

Objek Wisata dengan Simbol Hati di Jawa Tengah, Destinasi Pas untuk Nyatakan Cinta

Ayu Ting Ting Liburan di Turki

Ayu Ting Ting Liburan di Turki, Membuatnya Jatuh Cinta Pada Kapadokya