in ,

Mengenal Kecap Purwodadi Cap Udang, Rasanya Asli Khas Nusantara

Kecap Purwodadi Cap Udang Khas Grobogan

Kecap Purwodadi Cap Udang
Kecap Purwodadi Cap Udang

Kuliner Indonesia identik dengan rasa sedap yang berasal dari rempah. Tak lupa tambahan perasa mulai dari garam, gula hingga kecap. Berbicara mengenai kecap, ternyata ada satu merek yang cukup lama terkenal di kalangan pengusaha kuliner. Namanya Kecap Purwodadi cap Udang yang berasal dari Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. Apa keistimewaanya? Simak ulasannya yuk!

Baca juga : Eksotisnya Pulau Molana di Maluku, Syahdu Bagai Milik Pribadi

Kecap Manis Legendaris di Jawa Tengah

Kecap manis khas Purwodadi
Kecap manis khas Purwodadi via instagram/@niningsanggono

Pernah dengan kecap cap udang? Penambah rasa manis di makanan ini memakai label berwarna kuning terang dengan gambar udang berwarna merah. Tertulis Kecap Purwodadi Cap Udang Manis Gurih yang dikemas dalam botol akca dan plastik. Memang tak mudah menemukannya, tapi tidak ketika kamu mampir ke Purwodadi. Kecap manis yang usianya lebih dari setengah abad ini juga biasa dijadikan oleh-oleh. Pasti mudah menemukan di toko buah tangan.

Kecap cap udang di Jawa Tengah
Kecap cap udang di Jawa Tengah via instagram/@rizuya

Sejarah Kecap Cap Udang yang Masih Laris Manis

Kecap kemasan botol gelas
Kecap kemasan botol gelas via instagram/@niningsanggono

Awalnya, kecap cap udang dikenal dengan nama kecap cap Potret sekitar tahun 1930. Namun di tahun 1960, Ny. Oei Hok Hoo mengubah merek yang terinspirasi dari suaminya. Meski merek berubah, cita rasa dari kecap ini tetap sama. Cara pengolahannya pun masih manual tanpa mesin canggih. Hingga saat ini, mereka bisa memproduksi hingga 480 botol per hari di Jalan Siswa 12, Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Kecap legendaris di Jawa Tengah
Kecap legendaris di Jawa Tengah via instagram/@felinzi

Bahan Alami Anti Pengawet

Kecap kemasan botol plastik
Kecap kemasan botol plastik via instagram/@dwikelicious

Pengolahan bahan boleh saja manual, tapi cita rasa dari kecap ini sangat sempurna. Hal ini tidak lain karena bahan baku berupa kedelai, gula jawa dan garam berkualitas. Untuk kedelai hitam yang digunakan, mereka tak asal pilih. Bahan baku tersebut didatangkan langsung dari Kecamatan Wirosari yang merupakan kawasan penghasil kedelai. Sementara gulanya berasal dari daerah Purworejo. Tentu saja, bahan alami tersebut tanpa dicampur dengan pengawet.

Oleh oleh kecap untuk orang rumah
Oleh oleh kecap untuk orang rumah via instagram/@retnofatmawati

Cita Rasa Istimewa yang Jadi Primadona

Swikee Khas Purwodadi
Swikee Khas Purwodadi via instagram/@velasss

Pengolahan yang tak menggunakan bahan pengawet membuat masa kadaluarsa kecap ini cukup pendek, yaitu 2-3 bulan. Pun demikian, kamu tak akan kecewa ketika mencoba cita rasanya. Masyarakat sekitar bahkan terasa kurang jika tidak memasak dengan kecap rasa manis gurih ini. Apalagi ketika menyantap Swike. Kuliner berkuah yang berisi paha katak. Olahan menu ini biasa dicampur dengan tauco, bawang putih dan kecap cap udang. Pastinya rasanya istimewa.

Swikee, kuliner paha katak
Swikee, kuliner paha katak via instagram/@aves_coffee

Nah, itulah ulasan tentang Kecap Purwodadi cap Udang dari Purwodadi yang memiliki rasa gurih manis. Ada rencana untuk liburan ke Jawa Tengah? Singgahlah keĀ Grobogan dan beli oleh-oleh kecapnya. Next

ramadan
Soto Kesawan Udang Khas Medan

Soto Kesawan, Nikmatnya Soto Udang Khas Medan

Erupsi Gunung Anak Krakatau

5 Keunikan Gunung Anak Krakatau, Apa Saja Ya?