in ,

Soto Kesawan, Nikmatnya Soto Udang Khas Medan

Soto Kesawan Gunakan Udang Sebagai Bahan Utama

Soto Kesawan Udang Khas Medan
Soto Kesawan Udang Khas Medan via Instagram cnutricia

Indonesia sungguh beruntung. Tak cuma kaya dari sisi alamnya, Nusantara juga diberkahi keragaman kuliner yang tak habis-habis untuk dieksplorasi. Di Medan contohnya, ada Soto Kesawan. Berbeda dengan hidangan jenis pada umumnya, soto ini menggunakan bahan utama udang.

Baca juga : Taklukkan Gunung Lawu, Ini Tiga Jalur yang Bisa Dituju

Udang tergolong bahan makanan seafood dan umumnya disajikan dengan cara ditumis. Namun di warung Soto Kesawan, sobat traveler bisa merasakan sensasi makan udang yang sedikit berbeda. Tak mengherankan jika soto ini termasuk kuliner favorit dan legendaris di daerah asalnya.

Kuliner Sembari Wisata

Semangkok soto nikmat
Semangkok soto nikmat via Instagram dedy.love.habibi

Soto Kesawan sangat pas dijadikan sebagai pelengkap acara jalan-jalan sobat traveler ke Medan. Sebab letaknya sangat mudah ditemukan. Tidak jauh dari pusat kota dan namanya akrab di telinga hampir seluruh warga lokal.

Kalian bisa menemukannya di Jl Ahmad Yani atau tepat di depan Tjong A Fie Mansion, salah satu bangunan kuno dengan arsitektur unik di Medan. Rumah yang dulunya milik pedagang Tjong A Fie tersebut masih terawat dengan baik hingga kini. Pihak keluarga memutuskan menjadikannya sebagai museum dan membukanya untuk umum.

Soto Daging Udang

Soto dengan daging udang
Soto dengan daging udang via Instagram jogjabikinlaper

Kembali lagi ke Soto Kesawan, di sini sobat traveler akan diajak merasakan sensasi makan soto dengan rasa sedikit berbeda. Jika pada umumnya soto disajikan dengan menggunakan daging ayam, maka di sini kalian bisa menyantapnya dengan daging udang. Rasanya? Tak perlu diragukan lagi, gurih-gurih nikmat. Apalagi jika dipadukan dengan kuah hangatnya.

Bagi yang tidak terlalu suka atau bahkan alergi udang, tidak perlu khawatir. Warung Soto Kesawan juga menyediakan isian daging ayam. Bahkan pengunjung juga bisa meminta sotonya disajikan dengan campuran dua daging tersebut jika memang berkenan. Asyik bukan?

Makin Asyik dengan Sambal

Proses meracik soto
Proses meracik soto via Instagram lensakuliner

Dibandingkan dengan soto lain, kuah di Soto Kesawan sedikit lebih pucat. Namun sensasi rasa yang dihasilkan benar-benar luar biasa. Gurih dan ringan, sehingga lidah seolah tak bosan menerima suap demi suap hidangan lezat ini. Rasa dagingnya juga nikmat, sementara udangnya diolah dengan cermat hingga tak berbau amis.

Kenikmatan soto di Kesawan bakal semakin terasa jika disantap menggunakan sambal. Ramuan pedasnya pun sedikit berbeda dibanding warung-warung lain, karena menggunakan cabe rawit yang dihaluskan dan dicampur kecap serta bawang goreng. Makan soto pun terasa makin asyik dengan campuran sambal unik ini.

Panganan Kondang nan Terjangkau

Bisa juga dicampur paru
Bisa juga dicampur paru cia Instagram eathappened

Popularitas Soto Kesawan sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru. Bahkan sosok sekelas Susilo Bambang Yudhoyono dan Miss Universe pun dikabarkan pernah menjajal makan di sini. Rasanya memang nikmat dan memanjakan, unik dibandingkan soto lain.

Sensasi menikmati soto di Kesawan bakal makin nikmat dengan peyek udang dan perkedel kentang. Apalagi harga satu porsinya cukup terjangkau, antara 25 hingga 30 ribu rupiah.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai kelezatan dan asyiknya menyantap Soto Kesawan yang jadi andalan warga Medan. Jadi jika lain kali sobat traveler mampir ke kawasan Jl Ahmad Yani. Next

ramadan
Senja di Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang, Wisata Bahari Favorit Lhokseumawe

Kecap Purwodadi Cap Udang

Mengenal Kecap Purwodadi Cap Udang, Rasanya Asli Khas Nusantara