in , , ,

Deretan Kecelakaan Pesawat di Tengah Pandemi Covid-19

Sriwijaya menjadi duka di awal tahun

kecelakaan pesawat
pesawat 7

Dunia industri penerbangan mengalami banyak kerugian sejak munculnya virus Covid-19. Akomodasi udara yang mudah dan cepat ini tak banyak dilirik karena tutupnya berbagai sektor pariwisata di Indonesia. Belum selesai perkara Covid-19, kecelakaan pesawat terjadi secara bertahap di tahun 2020 hingga 2021, membuat daftar duka bagi dunia penerbangan. Inilah deretan kecelakaan pesawat Indonesia di tengah pandemi.

Baca juga : 5 Destinasi Menggoda di Madura yang Tiada Duanya

1. Pesawat Quest Kodiak 100

Ilustrasi via facebook/Airspace Review

Pesawat Quest Kodiak 100 yang dikemudikan Joyce Lin mengalami kecelakaan dan terjatuh di Danau Sentani Jayapura. Ia terbang pada 12 Mei 2020 dan diperkirakan membawa buku-buku dan peralatan sekolah milik Yayasan Papua Harapan di Mamit. Naas, sang pilot meninggal dan ditemukan di dasar danau pada kedalaman 13 meter.

2. Pesawat Hawk 209

Ilustrasi via facebook/Dekyy Rrakan Azizii

Pada 15 Juni 2020, sebuah pesawat tempur milik TNI AU jenis Hawk 209 dengan awak pilot Lettu Pnb Aprianto jatuh di Desa Kubang Jaya, Riau, saat tengah melaksanakan latihan di Siabu. Beruntung, dirinya selamat meski harus melakukan pendaratan darurat dan menyebabkan 2 rumah rusak tertimpa body pesawat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

3. Pesawat Pelita Air

Ilustrasi via ig/@pelitaair

Pesawat yang diterbangkan oleh pilot Anderson Mattthew pada 9 Juni 2020 mengalamai crash landing dan tergelincir menabrak landasan pacu Bandara Karubaga, Papua. Beruntung tak ada korban jiwa pada penerbangan Pelita Air yang mengangkut bahan bakar 3 ton solar tersebut.

4. Pesawat Kargo Trigana Air

Ilustrasi via facebook/Whattie

Pesawat kargo milik Trigana Air tergelincir saat hendak mendarat di Jayapura pada 28 Juli 2020 dengan muatan 13,855 kg barang campuran. pesawat kargo tersebut mengalami insiden akibat badan pesawat yang miring ke kiri sehingga bagian sayap mengenai runaway 15. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

5. Pesawat Latih TNI AL

Ilustrasi via ig/@domi_photos

3 Februari 2020, pesawat latih milik TNI AL melakukan pendaratan darurat di area tambak Kecamatan Candi, Sidoarjo setelah pilot menyadari jika ada engine pesawat ada yang tidak beres lalu memutuskan kembali ke pangkalan. Semua kru serta infrastruktur dan siswa di dekat kawasan tambak dinyatakan selamat.

6. Helikopter Mi 17

Ilustrasi via facebook/Wonogiri

Helikopter Mi 17 milik Pusdik Perbad mengalami kecelakaan saat melakukan latihan tactical manuver. Helikopter tersebut jatuh di Kendal, pada sabtu (6/6/2020). Empat orang dinyatakan meninggal dan 5 lainnya menjalani perawatan.

7. Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Ilustrasi via ig/@infolky

Mengawali tahun 2021, kabar duka kembali datang dari dunia penerbangan. Pesawat swasta Sriwijaya Air SJ182 dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak dikabarkan hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) siang hari. Proses pencarian terus dilakukan hingga pada Selasa (12/1/2021) kotak hitam telah ditemukan dan dalam proses investigasi. Berdasarkan data manifes,  pesawat Sriwijaya membawa 52 penumpang dan 12 orang kru.

Itulah deretan kecelakaan pesawat yang terjadi di tengah pandemi Covid-16. Besar harapan pandemi di tanah air akan segera berlalu dan semoga kecelakaan pesawat dapat dihindari agar tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa lagi. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

fi nuansa bali di sby

Kafe Nuansa Bali di Surabaya, Ada yang Bisa Buat Piknik

fi ngebel adventure park

Ngebel Adventure Park di Ponorogo, Nikmati Telaga dari Ketinggian