in , ,

Kedai Kopi Warga, Biji Kopinya Langsung Diolah Penduduk Setempat

Desain unik dengan kisah menarik

Berkunjung ke Bandung, Teman Traveler wajib mengunjungi kedai kopi yang pernah dikunjungi mendiang Presiden ketiga RI, bapak B.J. Habibie. Berlokasi di Dago Bawah tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No.48, Citarum, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, namanya adalah Kedai Kopi Warga. Kalau kalian penasaran dengan tempat ini, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Ekstrem! Wanita ini Mendaki Memakai Sepatu Hak Tinggi

Perjalanan dari Hulu ke Hilir Kopi Warga

kedai kopi warga
Petani Binaan Kopi Warga di Kebun Kopi Pengalengan via Hanifah Hasna

Tidak banyak kedai kopi yang melakukan proses penyajian secangkir kopi mulai dari hulu hingga ke hilir. Kedai Kopi Warga salah satu yang melakukan itu, dengan mengelola lahan sebesar 100 hektar milik perhutani. Kemudian membuat kelompok tani yang bernama Agro Nusantara untuk membina para petani kopi di kawasan Pengalengan.

”Ide awalnya tercetus ketika rasa peduli saya akan alam di kawasan Pengalengan, hutan gundul, banyak yang menebang pohon. Masyarakat butuh didekati dan diajak komunikasi tentang alam, berawal dari itulah saya dan bapak memberanikan diri untuk menanam pohon kopi bersama masyarakat”, ungkap Hanifah, pemilik Kopi Warga dan pendiri kelompok tani Agro Nusantara.

Kedai Kopi yang Berasal dari Warga untuk Warga

kedai kopi warga
Biji Kopi Hasil Produksi Kelompok Tani Agro Nusantara via Hanifah Hasna

Perjalanan panjang selama hampir tiga tahun kelompok tani Agro Nusantara kini membuahkan hasil. Hampir keseluruhan sajian kopi yang ada kedai Kopi Warga ada hasil dari tangan-tangan petani kopi binaan. Hanifah pun mengatakan, “Kami juga kerap mengajak petani kami untuk menikmati langsung kopi hasil kerja keras mereka yang disajikan di kedai ini”.

kedai kopi warga
Logo Kedai Kopi Warga via instagram/kopiwarga.id

Kedai ini juga menyediakan produk Roasted Coffee yang merupakan hasil dari kebun kopi sendiri. Harga satu bungkus Roast Beans Kopi Warga kemasan 250 gram dibanderol Rp110.000 – 140.000. Selain itu, tersedia pula kemasan 100 gram dengan harga Rp50.000 – Rp75.000.

kedai kopi warga
Roasted Coffee (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ambience yang Sangat Nyaman

ambience_pengunjung_kopi_warga_2yp.jpg
Dekorasi interior yang artsy (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Teman traveler akan betah duduk berlama-lama di Kedai Kopi Warga. Ini karena adanya sentuhan nuansa pedesaan dengan banyaknya material kayu dan rotan pada furnitur kedai. “Semua furnitur interior dan exterior diproduksi sendiri. Konsepnya diolah dan dieksekusi hingga selesai membutuhkan waktu 1 1/2 tahun”, tutur Hanifah.

ambience_interior_kopi_warga_ISj.jpg
Salah satu sudut kedai kopi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Menu Signature Kedai Kopi Warga

es_kopi_seger_QNf.jpg
Es Kopi Seger (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sajian kopi signature di kedai kopi ini di antaranya adalah Es Kopi Seger dengan komposisi house blend 20% Robusta dan 80% Full Wash Arabica Pengalengan hasil dari kebun sendiri. Es kopi ini dibanderol Rp26.000.

manual_brew_v60_kedai_kopi_warga_TCv.jpg
Sajian Pour Over via instagram/ kopiwarga.id

Pilihan selanjutnya ada menu Pour Over dengan Brewing beans single origin varietas Typica Arabica dengan aneka pilihan beans yaitu: Gunung Wayang, Halu dan Malabar. Pour Over dibanderol dengan harga Rp28.000 – Rp30.000.

Ada Camilan Lezat Pendamping Kopi

tahu_lada_garam_kopi_warga_b6J.jpg
Tahu Cabai Garam (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tidak lengkap rasanya menikmati kopi tanpa cemilan pendamping. Kopi Warga punya camilan yang khas Kota Bandung, yaitu Tahu Cabai Garam. Di Kedai Kopi Warga camilan ini dibanderol Rp23.000

Kedai yang baru dibuka pada bulan Februari 2019 ini punya kisah mengesankan yang membuat rasa penasaran untuk dikunjungi. Jadi, kalau lagi ke Bandung, silakan berkunjung ke sini. Sajian kopi yang khas dari biji kopi yang ditanam oleh petani terampil dijamin membuat kalian ketagihan. Next

ramadan
Komplek makam kerajaan di Madura

Mampir ke Makam Air Mata Ibu di Madura, Bisa Lebih Paham Perempuan

5 Kafe Instagenic untuk Nongkrong di 2020, Foto-foto Cantik Sambil Nikmati Menu Ciamik