in , ,

Kedung Jembar Malang, Air Terjun eksotis Bagaikan Green Canyon mini

Kedung Jembar sering dikaitkan dengan Green Canyon-nya Malang. Air terjun bertingkat ini menyuguhkan panorama indah dari atas. Nuansa air terjun yang serasi dengan bebatuan kapur putih ditambah air sungai hijau, membuat kesegaran semakin natural.

Baca juga : Festival Perahu Naga, Perpaduan Budaya Jawa dan Tionghoa di Sudut Jogja

Hijaunya air di Kedung Jembar Malang via instagram @malangchannel

Kedung ini berlokasi di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Tidak ada petunjuk jalan menuju lokasi. Cukup bertanya pada penduduk sekitar, kamu akan diarahkan hingga diperkampungan terakhir. Tidak ada parkir dan loket tiket, parkirlah ditempat aman disekitar kebun kelapa sawit.

Perjalanan menuju kebun kelapa sawit juga tak mudah dilalui. Licinnya tanah dan jalanan menurun membuat perjalanan harus ekstra hati-hati. Bahkan motor mu harus melewati derasnya sungai dan tanah yang gembur.

Kedung Jembar memiliki tiga air terjun dalam satu jalur sungai. Paling atas dinamakan Kedung Manten karena memiliki dua air terjun yang bersisihan. Tidaklah tinggi, hanya lima meter ketinggian Kedung manten. Kerindangan pepohonan besar sekitar kedung membuat suasana begitu adem.

Kedung Manten, menjadikan air terjun pertama di aliran sungai kedung jembar via instagram @arifiansfr

Sekitar satu kilometer dari aliran kedung manten terbentuklah Kedung Jembar. Dimana kedung ini menjadi pusat destinasi dari ketiga kedung yang ada. Kolam-kolam yang terbentuk alami akibat aliran sungai yang berkelok, menjadikan tempat berendam paling seru.

Di bagian bawah air terjun, didapati sebuah telaga yang cukup lapang, hingga nama Kedung Jembar disematkan pada lokasi yang indah ini. Gemericik air terjun yang bermuara pada telaga hijau bening di bawahnya akan menjadi pemandangan yang tiada duanya lagi di Malang.

Kolam alami terbentuk dari aliran sungai yang berkelok kelok via instagram @indoflashlight

Kejernihan serta kehijauan air nan alami membuat para pengunjung tak dapat menolak untuk menceburkan diri ke dalam kedung. Dan jangan lupa untuk mencoba mengabadikan momen di spot foto terbaik, yaitu tengah atap dimana air mulai terjun menurun. Tetaplah berhati hati saat melangkahklan kaki ke tengah atap air terjun.

Kedung Jembar dilihat dari atas aliran sungai via instagram @arif_f5

Setelah menikmati kesegaran air kedung jembar, tidaklah selesai disini, kamu harus menyusuri aliran sungai kembali hingga tepat diujung jurang, disitulah Coban Jero berlokasi. Coban ini merupakan yang tertinggi dari ketiga coban yang terdapat dialiran sungai. Air terjun dari ketinggian lebih dari 30 meter ini sedikit lebih berbahaya untuk dijadikan tempat berselfie.

Next

ramadan
fi tips packing

Tips Packing Agar Terhindar Dari Kelebihan Bagasi Pesawat

Kuliner Malam kota Malang, Nasi Pecel Ngaglik