in ,

Melihat Kekayaan Nusantara Lewat 5 Taman Nasional Indonesia

Kawasan yang Kaya akan Berbagai Flora dan Fauna Indonesia

Kekayaan alam yang ada dalam taman nasional Indonesia mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Kebanyakan mereka yang datang tak hanya sedang melancong, namun juga melakukan riset. National Geographic sering kali mengirimkan fotografer andalannya, Tim Laman, untuk melakukan riset sekaligus membuat konten di Indonesia. Taman nasional Indonesia yang akan disebutkan berikut juga memiliki kekayaan yang luar biasa. Bahkan beberapa di antaranya ada yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Baca juga : 8 Cagar Alam Baru, Siap Untuk Diburu

1. Taman Nasional Komodo

Pulau Padar, destinasi wisata yang ppaling populer di TN Komodo via instagram
Pulau Padar, destinasi wisata yang ppaling populer di TN Komodo via instagram/@v.pattiasina

Taman Nasional Komodo bukan nama yang asing bagi traveler. Reputasinya pun juga telah mendunia. Selain sebagai pelestarian komodo, tempat ini juga memiliki kekayaan laut yang luar biasa. Sebanyak 1.000 spesies ikan dan sekitar 260 jenis terumbu karang dapat ditemukan di perairan Taman Nasional Komodo. Karena itulah, UNESCO juga menetapkan tempat ini sebagai situs warisan dunia.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Pesisir Pulau Peucang yang masih termasuk dalam TN Ujung Kulon via instagram/@dellymagumay

Ujung Kulon merupakan rumah bagi Badak Jawa yang saat ini populasinya semakin menipis. Ditetapkan sebagai taman nasional yang melindungi hewan dan tumbuhan langka pada tahun 1992, tempat ini menjadi kawasan untuk melindungi hewan endemik Indonesia. Badak Jawa adalah salah satunya. Tempat ini juga ditetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

3. Taman Nasional Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken via instagram
Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken via instagram/@guideindo

Di kalangan penyelam dan pecinta keindahan bawah laut, Taman Nasional Bunaken tentu saja tak lagi asing. Sebanyak 390 jenis terumbu karang dan 90 spesies ikan dapat ditemukan di perairan Bunaken. Luas taman nasional ini mencapai 89.065 hektar. Taman Nasional Bunaken juga termasuk dalam kawasan segitiga emas terumbu karang dunia.

4. Taman Nasional Way Kambas

Traveler yang sedang berfoto dengan gajah di Way Kambas via instagram
Traveler yang sedang berfoto dengan gajah di Way Kambas via instagram/@yulisasil

Way Kambas berada di Provinsi Lampung dan menjadi rumah untuk Gajah Sumatera. Taman nasional ini dihuni sekitar 200 ekor gajah. Hewan dengan nama latin Elephas Maximus Sumatranus ini merupakan hewan yang terancam punah menurut data dari Internasional Union for Conservation Nature. Selain gajah, tempat ini juga memiliki 48 jenis ikan air tawar, 77 jenis kupu-kupu, 34 jenis mamalia, 17 jenis amphibi, 13 jenis reptil, dan 300 jenis burung.

5. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting juga menjadi rumah untuk orang utan via instagram
Taman Nasional Tanjung Puting juga menjadi rumah untuk orang utan via instagram/@tonnipray_

Taman Nasional Tanjung Puting memiliki luas mencapai 250 ribu hektar. Tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam dan suaka margasatwa jauh sebelum Indonesia merdeka. Pemerintah Hindia Belanda menetapkannya pada tahun 1937. Taman Nasional Tanjung Puting juga merupakan pusat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia. Pada tahun 1977 tempat ini ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO.

Keindahan alam Indonesia tak perlu diragukan lagi. Baik panorama lansekapnya hingga makhluk hidup yang ada di dalamnya. 5 Taman nasional yang telah disebutkan di atas adalah beberapa contohnya. Namun perlu diingat, tempat-tempat di atas juga menjadi lokasi untuk konservasi hewan-hewan endemik Indonesia. Jangan dirusak ya? Next

ramadan

Lion Air Tergelincir di Gorontalo, Begini Nasib Pesawat dan Penumpangnya

Via Instagram ekajullia

Wisata Alam Watu Payung Panggang, Kombinasi Geoforest dan Stone Park di Gunungkidul