in ,

Wisata Alam Watu Payung Panggang, Kombinasi Geoforest dan Stone Park di Gunungkidul

Wisata Alam Watu Payung Panggang dengan Panorama Dewa Dewi di Gunungkidul

Via Instagram ekajullia
Via Instagram ekajullia

Jogjakarta sepertinya benar-benar tidak akan kehabisan lokasi wisata istimewa yang membuat banyak orang tergila-gila. Banyak sekali destinasi wisata yang memiliki panorama luar biasa. Lokasi yang cukup baru namun keindahannya tidak perlu untuk diragukan adalah Wisata Alam Watu Payung di Gunungkidul, Jogja. Karakteristiknya sendiri mirip dengan wisata Bukit Pangguk ataupun juga Kebun Buah Mangunan.

Baca juga : Itinerary Weekend Getaway di Banyuwangi, 300Ribuan Bikin Happy

Lokasi Wisata Watu Payung

Panorama alam yang cantik, Via instagram anto_hariyanto
Panorama alam yang cantik di Watu Payung Panggang, Via instagram anto_hariyanto

Ada dua wisata bernama Watu Payung di Gunungkidul. Satunya di daerah Semin dan yang lainnya di Panggang. Namun kali ini kita hanya akan membahas yang terdapat di Panggang. Watu Payung ini berlokasi di Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kebupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Akses untuk menuju ke wisata satu ini terbilang mudah dan tidak perlu melakukan persiapan yang berlebihan.

Alam yang sangat istimewa di Panggang, Gunungkidul, Via Instagram ekajullia
Alam yang sangat istimewa di Watu Payung Panggang, Gunungkidul, Via Instagram ekajullia

Namun, satu hal yang pasti saat melakukan perjalanan untuk selalu mengisi bensin secara penuh ataupun juga membuat kendaraan dalam kondisi yang prima. Hal ini untuk mengantisipasi halangan-halangan kecil yang cukup menyusahkan nantinya. Bisa ban bocor ataupun hal lainnya. Untuk akses jalannya ada 2 jalur yang bisa dipilih, lewat Panggang ataupun juga Banyusoco Playen.

Hal yang Disuguhkan di Wisata Watu Payung

Alamnya dewa dewi di Gunungkidul, Via Instagram bayusaaputra_
Alamnya dewa dewi di Gunungkidul, Via Instagram bayusaaputra_

Satu hal yang pasti di sini adalah perbukitan yang cantik sebagai panoramanya. Kamu bisa menyaksikan keindahan Kota Gudeg dari ketinggian. Obyek wisata ini masuk ke dalam hutan konservasi di Jogja, jadi alamnya masih cukup asri. Lokasinya masih berada di kawasan hutan perbukitan karst di Padukuhan Turunan. Ada panorama Perbukitan Sewu dengan Sungai Oya yang seakan membelah Kabupaten Gunungkidul dan juga Bantul.

Selain panorama alam itu, ada pula keindahan sunset dan juga sunrise yang bikin tergila-gila. Ada banyak spot selfie istimewa yang diambil, salah satu yang cukup difavoritkan para pengunjung adalah gardu pandang yang berada di puncak bukit. Di sini kamu bisa menikmati hamparan alam Jogja yang cantik. Jika beruntung datang saat masih sangat pagi atau sorean, kamu akan melihat kabut yang mengambang, wisata Watu Payung Panggang ini bak negerinya para dewa dewi.

Fasilitas yang Ditawarkan di Sini

Bak negeri di atas awan, Via Instagram mayarenanda_
Bak negeri di atas awan, Via Instagram mayarenanda_

Sementara itu untuk fasilitas yang ditawarkan, ada area parkir kendaraan, mushola, pusat informasi, toilet, tempat istirahat dan juga gardu pandang untuk berselfie ria. Nah karena belum ada pengelola, untuk sementara ini masuk ke Wisata Watu payung di Panggang Gunungkidul ini masih gratis. Hanya perlu untuk membayar uang parkir saja.

Tips untuk Bepergian ke Wisata Watu Payung

Spot Selfie di Watu Payung, Via Instagram estrynovitasary
Spot Selfie di Watu Payung, Via Instagram estrynovitasary

Berwisata ke suatu tempat bisa sangat melelahkan jika kamu tidak tahu tips yang tepat. Nah, sebelum kamu berangkat ke Watu Payung, ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan.

⦁ Pantau cuaca supaya bisa mendapatkan sunset ataupun sunrise yang diinginkan
⦁ persiapkan perbekalan jika ingin sedikit lebih hemat, namun tak perlu membawa dalam jumlah yang banyak karena ada warung makan juga di sana
⦁ Selalu bawa di dalam tas, obat-obatan pribadi
⦁ Pastikan kendaraan dalam kondisi yag baik atau prima

Ada tambah satu lagi destinasi wisata di Gunungkidul ya. Jadi, makin banyak saja destinasi yang bisa kamu sambangi saat traveling ke Jogja, khususnya saat jelajah di Gunungkidul. Next

ramadan

Melihat Kekayaan Nusantara Lewat 5 Taman Nasional Indonesia

Kecelakaan Pesawat

Mengingat Kembali 12 Kecelakaan Pesawat di Indonesia