in ,

Ketan Sambel, Kuliner Kaki Lima di Surabaya dengan Rasa Istimewa

Ketan Sambel di Surabaya

Ketan Sambel Surabaya

Bukan sebagai tujuan destinasi wisata, tapi Surabaya tak pernah mengecewakan sebagai tempat singgah untuk sementara. Hampir setiap sudut ada saja hotel mentereng yang memberikan fasilitas nyaman untuk traveler. Belum lagi dengan kuliner khasnya yang bisa ditemukan di mana saja, termasuk di pinggiran jalan. Nah, kamu yang tengah singgah di sini, jangan lupa untuk mencoba ketan sambel. Kuliner kaki lima yang terkenal dengan rasa istimewa.

Baca juga : Jalan-jalan ke Mall di Indonesia, Selain Belanja Bisa Banget Foto-foto dan Cuci Mata

Jajanan Tradisional yang Banyak Difavoritkan

Ilustrasi Ketan Sambel Surabaya
Ilustrasi Ketan Sambel Surabaya via instagram/@rinikusumaketanpunel

Dibandingkan ketan bubuk, ketan sambel memang cukup asing di telinga. Namun, kedua jajanan tradisional ini sebenarnya sama. Hanya saja berbeda dari penamaan. Kata sambel sendiri berasal dari bubuk kedelai berbumbu yang dicampur dengan parutan kelapa di atas ketan. Jajanan enak ini biasa dijadikan menu camilan di sore hari. Makin mantab lagi jika ditemani secangkir teh atau kopi.

Ilustrasi Ketan Sambel di Surabaya
Ilustrasi Ketan Sambel di Surabaya via instagram/@lovesuroboyo

Sajian Istimewa di Kawasan Bintoro

Ketan Sambel Pak Yono
Ketan Sambel Pak Yono via instagram/@cecekuliner

Tak susah menemukan ketan bubuk di Malang, tapi lain halnya dengan Surabaya. Ketan sambel di sini hanya bisa dijumpai di beberapa tempat. Salah satunya di kawasan Bintoro yang buka dari jam 10 pagi hingga 5 sore. Penjual jajanan ini bernama Pak Yono yang biasa ‘mangkal’ di Jalan Ronggolawe. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya hanya Rp5.000 loh. Murah meriah bukan?

Ilustrasi Ketan Sambel atau Bubuk
Ilustrasi Ketan Sambel atau Bubuk via instagram/@specialketan

Kedai Legendaris di Kawasan Kedungdoro

Ketan Sambel Kedung Doro
Ketan Sambel Kedung Doro via instagram/@surabayafoodies

Jika Pak Yono hanya buka di siang hari, kamu bisa menemukan tempat lain yang berjualan ketan sambel di malam hari. Letaknya di warung Tahu Petis Kedung Doro, tepat di samping Loenpia Nyonya Giok. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini tak hanya menawarkan ketan sambel, tapi juga tahu petis yang pedasnya nendang di lidah. Untuk seporsi ketan di sini sekitar Rp10.000.

Tahu Petis Kedung Doro
Tahu Petis Kedung Doro via instagram/@sbykulinerinfo

Coba Ketan Sambel di Kedai Punel

Ketan Punel Surabaya
Ketan Punel Surabaya via instagram/@elisa.mardiana

Tempat berikutnya yang juga menjual ketan sambel adalah Kedai Ketan Punel Surabaya. Kedai yang berada di Jalan Raya Darmo No.110 atau tepat di depan Taman Bungkul Surabaya ini tak hanya menawarkan ketan dengan taburan bumbu kedelai serta parutan kelapa. Namun, ada juga aneka camilan lain yang disajikan dengan secangkir minuman sesuai pesanan. Selain itu, tempat ini cukup menarik dengan sentuhan suasana khas masa lalu.

Ketan Sambel Kedai Punel
Ketan Sambel Kedai Punel via instagram/@along.so

Nah, itulah ketan sambel di Surabaya yang citarasanya menggugah selera. Bagaimana, berniat untuk singgah ke Surabaya? Jangan lupa jajal kuliner lezat satu ini ya! Next

ramadan

Konyar Hill, Tawarkan Spot Instagenik Bernuansa Alam di Blitar

Permata Bukit Kendeng, Wisata Baru di Kendal Tawarkan Bukit Pandang