in ,

Kompetisi Surfing Bergengsi di Bali yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan

lomba surfing

Ngomongin Bali berarti ngomongin pantai. Kalau sudah ada pantai maka akan ada yang namanya berselancar ombak alias surfing. Bali menyimpan banyak sekali potensi ombak yang cukup menggigit sehingga para surfer dari seluruh dunia rela datang ke sini untuk menjajal ombak sembari menikmati keindahan Pulau Dewata yang tidak ada duanya.

Baca juga : Keindahan Prambanan, Candi dengan Arsitektur yang Indah di Jogja

Oh ya, kamu yang sangat menggilai surfing, Bali kerap mengadakan kompetisi loh setiap tahunnya. Skalanya tidak tanggung-tanggung, internasional. Pesertanya berasal dari berbagai daerah di dunia seperti Australia, Eropa, dan Amerika. Berikut beberapa kompetisi surfing di Bali yang sayang untuk kamu lewatkan.

Rip Curl Cup

Rip Cur Cup adalah salah satu ajang surfing tahunan terbesar yang diadakan di Bali. Kompetisi ini biasanya diadakan pada musim panas sekitar Juli hingga Agustus dan berlangsung selama sebulan penuh. Pada tahun 2016 ini, Rip Curl Cup berlangsung di Padang Panjang, Uluwatu.

rip curl cup [image source]
rip curl cup [image source]
Kompetisi ini selalu bisa menarik banyak perhatian turis dari mancanegara. Bule-bule jago seluncur ombak akan membanjiri tempat ini untuk saling bertarung dan memperebutkan juara. Oh ya, Rip Curl Cup yang ada di Bali skalanya internasional, jadi jangan kaget kalau peselancar top dunia akan berbondong untuk datang,

Volcom Stone Totally Crustaceous Tour

Volcom Stone Totally Crustaceous Tour adalah salah satu kompetisi surfing terbesar di dunia. Ajang ini telah dilaksanakan sejak tahun 1999 untuk mewadahi peselancar-peselancar muda berbakat untuk mencari batu loncatan. Pemenang dari event ini biasanya akan memiliki karier mulus di dunia surfing profesional dunia. Volcom sengaja mengadakan acara ini untuk mencari bibit unggul dunia surfing yang banyak tersembunyi di seluruh dunia.

Kompetisi surfing Volcom [image source]
Kompetisi surfing Volcom [image source]
Setiap tahun, acara ini akan mengunjungi banyak tempat di dunia. Bali mendapatkan jatah tur sekitar bulan Agustus tahun 2016. Kompetisi ini diadakan di Pantai Lembeng, Sanur dengan 132 peserta yang rata-rata masih pemula namun memiliki potensi besar sehingga harus digembleng agar menjadi lebih maju.

Billabong Grommet Attack

Seperti halnya Volcom, Billabong yang menjadi produsen alat-alat surfing juga mengadakan kompetisi selancar yang dikhususkan untuk anak-anak. Mereka mengadakan setidaknya 4 buah kategori yang berbeda. Pertama adalah push-in division yang diikuti anak berusia di bawah 10 tahun. Lalu boys under 14, boys under 16, dan girls under 16. Kompetisi ini diadakan untuk menjaring peselancar muda berbakat dari lokal Indonesia maupun dunia.

billabong grommet attack [image source]
billabong grommet attack [image source]
Billabong Grommet Attack diadakan setahun sekali di Bali dengan tempat yang kadang berpindah-pindah. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan trofi, sertifikat, dan juga produk dari Volcom dan sponsor lain yang ikut andil dalam penyelenggaraan kompetisi surfing khusus remaja ini.

Surf Jam Bali

Suft Jam Bali adalah kompetisi sekaligus festival surfing dengan skala internasional. Setiap tahun, puluhan peselancar hebat dunia akan berkumpul untuk melakukan aksi-aksi mengagumkan di atas ombak. Acara ini biasanya dimeriahkan juga acara musik yang asyik dari DJ kelas atas sehingga selalu ramai dikunjungi banyak orang.

surf jam Bali [image source]
surf jam Bali [image source]
Pada acara puncak, kompetisi akan dilaksanakan dalam dua jenis. Pertama dengan papan pendek dan yang kedua menggunakan papan panjang. Semua orang akan berpartisipasi untuk mendapatkan hadiah menggiurkan berupa alat surfing, voucher liburan, dan perhiasan dan masih banyak lagi. Pada tahun 2016 ini salah satu sponsor dari Surf Jam adalah Hilton Worldwide dengan total SGD50.000.

Quiksilver Uluwatu Challenge

Quicksilver Uluwatu Challange adalah kompetisi profesional dengan skala internasional yang akan di dalam pada Agustus 2017 nanti. Cara ini memiliki sponsor besar dari brand ternama dunia sehingga bisa dipastikan kalau hadiahnya sangat besar. Para peselancar profesional dunia akan datang ke sini untuk membuktikan kehebatannya.

surfing Uluwatu [image source]
surfing Uluwatu [image source]
Selain digunakan sebagai ajang kebolehan dalam menunggangi ombak yang besar. Acara ini juga digunakan sebagai promosi gaya hidup sehat dengan aktif berolahraga yang salah satunya dilakukan dengan surfing di tengah laut.

Inilah kompetisi surfing bergengsi yang diadakan di Bali. Kalau kamu penggila olahraga selancar, jangan sekali-sekali untuk melewatkanya ya, guys! Next

ramadan

Nguliner Mie Paling Ngehits Se-Malang Raya, Berani Coba Enggak?

Liburan ke Bandung? Hotel dan Resort yang Dekat dengan Alam ini Bikin Betah!