in ,

K**tol Kejepit, Makanan Khas Bantul yang Tak Sejorok Namanya

Inilah Kontol Kejepit, Unik dan Bikin Penasaran

Kontol Kejepit
Kontol Kejepit

Kreatif, mungkin itu satu kata yang sangat pantas diberikan kepada masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, selalu saja bermunculan nama-nama unik mengenai sesuatu, tak tercuali dengan makanan. Seperti halnya dari Bantul, ada jajanan pasar bernama K**tol Kejepit atau yang disingkat menjadi tolpit. Sebenarnya ini makanan apa ya?

Baca juga : Pesona Danau Gunung Tujuh dan Kisah Misterius ‘Orang Pendek’

Asal Usul Nama Tolpit

Bentuk tolpit, via Instagram/eatventure.inc
Bentuk tolpit, via Instagram/eatventure.inc

Istilah ‘kontol kejepit’ sangat tidak lazim untuk makanan ya. Namun masyarakat Bantul memiliki alasan tersendiri menyebutkan jajanan ini dengan nama demikian. Alasannya ternyata bentuknya dianggap menyerupai alat kelami lelaki yang terjepit. Memang terdengar jorok, meskipun begitu banyak dicari oleh para pengunjung. Tolpit memang lebih familiar, namun jajanan pasar ini juga disebut dengan kue adrem.

Bahan Pembuatan

Bentuk yang memang unik, via Instagram/jogjaistimewa
Bentuk yang memang unik, via Instagram/jogjaistimewa

Bahan pembuatan kue khas Bantul ini mulai dari tepung beras, kelapa parut, dan juga gula merah. Cara pengolahannya cukup mudah, campurkan tepung beras dan kelapa parut, lalu dikombinasikan dengan gula merah yang telah dilelehkan sebelumnya, tumbuk sampai halus. Bentuk kue ini seperti bakso dan pipihkan di atas daun pisang, lalu goreng.

Tolpit yang unik, via Instagram/omahwetanyk
Tolpit yang unik, via Instagram/omahwetanyk

Bentuk unik dari kue ini berasal dari proses penggorengan dengan cara dijepit dengan bilah bambu. Citarasa tolpit ini adalah manis dan juga gurih.

Harga Murah Meriah

Rasanya enak, via Instagram/manrooe
Rasanya enak, via Instagram/manrooe

Harga kuliner Jogja ini sangat terjangkau. Kamu bisa memboyongnya pulang dengan harga mulai dari Rp1.000 sampai dengan di dalam kemasan Rp25.000. Buat kamu yang tertarik mencicipi kue unik dari Bantul ini, ada beberapa lokasi yang menawarkannya. Ada Pasar Pundon, Pasar Sanden, Pasar Celep Srigading, Pasar Bantul, Pasar Kotagede dan di acara-acara seperti Pasar Tani Jogja.

Perlu dicoba, via Instagram/asterasa
Perlu dicoba, via Instagram/asterasa

Supaya kamu mendapatkan tolpit yang enak, ada beberapa ciri khasnya. Pilihlah yang memiliki warna cokelat kehitaman. Ini merupakan indikator matang sempurna dari tepung beras dan gula jawa yang digoreng.

Namanya memang jorok ya Teman Traveler, tapi rasanya enak lho. Apalagi disantap saat masih hangat, satu biji tak akan cukup. Bagaimana, ada yang pernah mencobanya? Next

ramadan

Jelajah Soto Enak Seantero Malang. Yuk Cobain!

The Most Mesmerizing Destinations in Poso