in , , , , , , , , ,

Minum Kopi sambil Keliling Kebun! Asyiknya Jelajahi Kopi Banaran Semarang

Nikmati Kopi Langsung di Kebun Kopi Semarang Ya Cuma di Kopi Banaran

Peta Kampoeng Kopi Banaran (c), EstiTraveler/Travelingyuk

Jalan-jalan ke Semarang jangan hanya mengunjungi wisata sejarahnya saja. Banyak tempat wisata lain yang bisa dijelajahi, salah satunya Kampoeng Kopi Banaran. Buat Teman Traveler yang doyan kopi, wajib mampir kesini.

Baca juga : Gunung Ringgit Situbondo, Surga Pendaki Jalur Ekstrem

Kampoeng Kopi Banaran menjadi salah satu tempat ngopi terkenal di Semarang. Teman Traveler yang ingin menikmati kopi dengan suasana yang tenang, wajib banget berkunjung ke sini.

Lokasi Kopi Banaran berada di Jl. Raya Semarang-Solo KM 35 Bawen, Semarang. Lokasi ini berdekatan dengan Jalan Tol Solo-Semarang lho, jadi Teman Traveler cukup keluar melalui pintu Tol Bawen dan berjalan sekitar 1 km. Kampoeng Kopi Banaran mulai beroperasi pukul 07:00–21:00 WIB.

1. Sejarah Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran (c), EstiTraaveler/Travelingyuk

Salah satu tempat menikmati kopi bersama keluarga dengan suasana alam ini merupakan wahana wisata milik BUMN PT. Perkebunan Nusantara IX. Kebun kopi ini dulunya teletak di sebuah dusun bernama Banaran. Inilah asal mula nama Kopi Banaran tercetus. 

Kini, Kampoeng Kopi Banaran tidak hanya kebun kopi biasa melainkan telah dikembangkan menjadi agrowisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restaurant, cafe, ruang pertemuan, taman bermain dan aneka fasilitas lainnya.

2. Jelajah Kebun Kopi Banaran

Kebun Kopi Banaran (c), EstiTraveler/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa mengelilingi kebun kopi Banaran dengan kereta wisata atau golf car. Rute yang dilalui yaitu kebun kopi, kebun karet, kebun kakao, kebun buah dan kebun pala. Dari kebun kopi ini, akan dipilih biji-biji berkualitas yang kemudian dibawa ke pabrik Kopi Banaran yang terletak di Desa Gemawang, Jambu, Kabupaten Semarang.

Di Pabrik Kopi Banaran, biji kopi dari pekebunan diolah dan dikemas lalu diekspor ke luar negeri. Teman Traveler juga bisa membeli biji atau bubuk kopi yang sudah diolah dengan harga mulai dari Rp25.000 per 100 gram. Jika beruntung Teman Traveler juga bisa melihat aktivitas pengumpulan biji kopi yang belum diolah.

3. Nyeruput Kopi Khas Banaran

Kopi Khas Kampung Banaran (c), EstiTraveler/Travelingyuk

Selain ragam makanan khas, Semarang juga menghasilkan kopi bercitra rasa unik yang terkenal dengan nama kopi Banaran. Kualitas dan kenikmatan kopi Banaran membuat hampir semua hasil dari komoditas ini diekspor ke Italia, Amerika Serikat, Jepang, dan China. Aneka jenis kopi tersedia mulai dari Kopi Robusta, Kopi Arabika hingga Kopi Luwak dan lain sebagainya. Selain kopi, Kopi Banaran juga menyediakan minuman coklat. Menu makanannya pun juga ada seperti nasi goreng, tempe mendoan dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Griya Robusta

Rumah Griya Robusta (c), EstiTraveler/Travelingyuk

Kopi Banaran merupakan kopi berjenis robusta yang dihasilkan dari perkebunan kopi yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero). Kopi Robusta Banaran terkenal karena rasa khasnya yaitu asam, pahit, dan beraroma moka. Kopi Banaran ini bahkan mendapat julukan Java Mocha.

5. Kegiatan Seru Di Kampoeng Kopi Banaran

Taman Outbond Kampoeng Kopi Banaran (c), stiTraveler/Travelingyuk

Tidak hanya tempat untuk menikmati kopi, Kopi Banaran juga memiliki wahana permainan seru seperti flying fox, panjat pinang, mandi bola, ATV, dan BMX Track. Selain itu, terdapat kegiatan lain yang tak kalah asyiknya seperti bermain tenis, berkuda, berenang, camping ground, outbond untuk anak, panahan, dan paint ball.

        
Next

ramadan
Ribuan Lampion Hiasi Solo

Siap-Siap! Ribuan Lampion Unik Hiasi Solo Sejak 15 Januari Hingga 15 Februari 2020

5 Bangunan Iconic di Paris, Spot Instagenic dengan Suasana Menarik