in , ,

Kota Lama Semarang, Kawasan Penuh Spot Instagenic yang Wajib Dijelajahi Seharian

Kawasan Kota Lama Semarang yang Instagenic, Destinasi Untuk Liburan Seharian

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang

Di zaman sekarang ini, siapa yang tak punya sosial media? Selain jadi wadah narsis, ada banyak foto tempat wisata keren yang bertebaran di sosial media. Hal tersebut membuat hasrat ingin liburan semakin meledak-ledak. Kalau tujuan jalan-jalan Teman Traveler adalah Kota Loenpia, pastikan Kota Lama Semarang termasuk dalam daftar tempat yang akan dikunjungi. Terlebih buat yang doyan foto. Ada apa saja? Berikut rangkuman dari Kontributor Travelingyuk, Natalia.

Baca juga : Pantai Siangau, Primadona di Bangka Barat yang Segar Nian

Gedung Marba

Gedung Marba di Kota Lama Semarang (dokumen pribadi)
Gedung Marba di Kota Lama Semarang (c) Natalia/Travelingyuk

Namanya saja Kota Lama Semarang. Kebanyakan bangunan yang ada di kawasan ini sudah berusia ratusan tahun, termasuk Gedung Marba. Langsung menarik perhatian, gedung berwarna oranye ini sudah ada sejak abad ke XIX. Pernah difungsikan sebagai kantor usaha pelayaran, ekspedisi muatan kapal laut, hingga menjadi toko modern satu-satunya di jamannya.

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk di Semarang
Gereja Blenduk di Semarang (c) Natalia/Travelingyuk

Bangunan lawas yang tak kalah menarik perhatian adalah Gereja Blenduk. Tempat ibadah umat kristen tertua di Jawa Tengah ini ternyata dibangun oleh masyarakat Belanda pada tahun 1753. Sempat direnovasi pada tahun 1894, ditambahkan dua menara besar di depannya. Gereja Blenduk masih digunakan hingga kini. Pastikan tidak mengganggu jalannya ibadah jika ingin berfoto dengan latar belakang bangunan tersebut.

Akar Raksasa

Akar Raksasa di Semarang
Akar Raksasa di Semarang (c) Natalia/Travelingyuk

Salah satu spot instagenic di Kota Lama Semarang yang dicari-cari adalah akar raksasa. Akar ini merambat dari tanah hingga ke dinding, bahkan yang menyangga rumah tua agar tetap kokoh. Kawasan tersebut dulunya kumuh dan digunakan masyarakat untuk sabung ayam. Setelah mendapat sentuhan dari pemerintah, langsung menjadi sorotan. Jika bingung, Teman Traveler bisa menanyakan letak tempat wisata di Semarang ini pada warga sekitar.

Spiegel Bar

Spiegel Bar di Kota Lama Semarang
Spiegel Bar di Kota Lama Semarang (c) Natalia/Travelingyuk

Bangunan klasik cantik lain di Kota Lama Semarang yang wajib Teman Traveler singgahi adalah Spiegel Bar. Dari luar, sudah terlihat bahwa bangunan ini bergaya Eropa yang kental. Ternyata, sebelum disulap menjadi sebuah tempat nongkrong modern di tahun 2015, gedung yang sudah berusia kisaran 120 tahun ini sempat mangkrak. Jauh dari kesan seram, Spiegel Bar kini siap menemani acara soremu. Suasananya akan membuatmu serasa berada di Eropa.

Jalanan Kota Lama

Jalanan Kota Lama (c) Natalia/Travelingyuk
Jalanan Kota Lama (c) Natalia/Travelingyuk

Yang tak boleh ketinggalan adalah jalanan Kota Lama Semarang. Di sepanjangnya, gedung-gedung lawas yang menawan sukses menghibur mata. Tak sedikit bangunan tersebut disulap menjadi kafe atau wisata buatan, namun tetap tak menghilangkan kesan klasiknya. Lampu khas zaman dulu berjajar di sepanjang jalan. Terdapat bola-bola berhiaskan lukisan batik yang tak kalah menarik perhatian. Instagenic banget, bukan?

Selain berkunjung ke Lawang Sewu yang hits, pastikan Teman Traveler menyediakan waktu seharian untuk jelajah Kota Lama Semarang, ya? Siapkan pakaian paling keren dan kamera dengan baterai penuh. Siap foto-foto dan bikin teman-temanmu iri? Next

ramadan

Written by Natalia

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Tempat menginap di Tanjung Pandan

Pilihan Tempat Menginap Murah di Tanjung Pandan Belitung, Liburan Senang Dompet Aman

Destinasi wisata di Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Destinasi Wisata di Pulau Pari, Melipir Sejenak dari Hiruk Pikuk Jakarta