in ,

Transformasi Kota Malang dari Dulu Hingga Sekarang Berusia 104 Tahun

Potret Kota Malang dari Dulu Hingga Sekarang

Kota Malang
Kota Malang

Malang juga menjadi kota Perjuangan, wisatanya pun banyak dan menyenangkan. Itulah mengapa, Malang seringkali menjadi bahasan di berbagai media traveling IndonesiaKota Malang kini telah berusia seabad lebih empat tahun. Dalam perjalanannya dari dulu hingga sekarang, wajahnya telah banyak berubah. Bangunan sederhana dari gubuk, berubah menjadi gedung-gedung berpilar. Jalanannya yang dulu penuh debu, kini telah mulus beraspal. Taman-taman indah juga banyak terpampang nyata. Satu yang tak berubah, Malang selalu menawan.

Baca juga : Bosan Makan Ikan? Yuk Cobain 4 Restoran Kepiting di Mataram Ini!

1. Alun-alun di sekitar tahun 1948 begitu sejuk dengan pepohonan besar dan tanah lapang luas. Di sini pula banyak peristiwa bersejarah terjadi.

Alun-Alun malang Tahun 1948
Alun-Alun Malang sekitar Tahun 1948 via Terompah9.wordpress.com

2. Ini adalah potret Gereja Kayu Tangan sekitar tahun 1949. Bentuknya masih sama hingga sekarang dan menjadi warisan berharga yang indah dipandang.

Gereja Kayu Tangan Sekitar Tahun 1949
Gereja Kayu Tangan Sekitar Tahun 1949 via Terompah9.wordpress.com

3. Tahun 1952 dibuka tempat hiburan yang bernama Roxy Theater. Di kemudian hari berubah menjadi Bioskop Merdeka. Namun sekarang bangunannya telah dihancurkan dan beralih fungsi.

Roxy Theater
Roxy Theater via Ngalam.co

4. Tak jauh dari gereja di Kayu Tangan, terdapat gedung Sarinah. Bentuk bangunan memang telah telah berubah, tapi sebutannya tetap sama. Beginilah Sarinah di sekitar tahun 1970. 

Sarinah Malang di tahu 70an
Sarinah Malang di tahu 70an via Jatim TIMES

5. Di Malang juga pernah ada Bemo, transportasi legendaris yang merakyat. Kini keberadaannya telah digantikan dengan mikrolet dan ojek online.

Bemo di Malang
Bemo di Malang via jelajahmalangku.blogspot.co.id

6. Kantor Pos Malang juga tak banyak berubah dari waktu ke waktu. Seperti inilah rupanya dulu, begitu khas dan megah pada masanya.

Kantor Pos Malang
Kantor Pos Malang via jelajahmalangku.blogspot.co.id

7. Masjid Jami Malang saat ini sangat megah dengan menara tinggi menjulang ke angkasa. Di sekitar tahun 80an, bangunannya hanya memiliki satu kubah dan tidak begitu luas.

Masjid Jami Malang
Masjid Jami Malang via Snap361

8. Sedangkan yang ini adalah Bentuk Sarinah di Tahun 90an. Beda banget dengan yang sekarang.

Sarinah Tahun 90an
Sarinah Tahun 90an via Ngalam.co

9. Kamu pasti tak asing dengan bangunan ini. Namanya adalah Jembatan Juanda. Hingga sekarang masih tetap kokoh dan kuat sebagai perlintasan kereta api.

Jembatan Juanda Malang
Jembatan Juanda Malang via jelajahmalangku.blogspot.co.id7.

10. Beginilah Kota Malang yang sekarang. Penuh warna dan semakin ramai.

Kota Malang
Kota Malang via Instagram/@agungbothell

Bagaimana menurut pendapatmu sendiri? Seperti apa Kota Malang saat ini? Kamu bisa mencari informasi terkini mengenai perkembangan wisata Malang di Travelingyuk sebagai media traveling Indonesia Bagikan ceritamu di kolom komentar ya! Next

ramadan

4 Kafe Bergaya Kolonial di Kota Tua Jakarta, Serasa Kembali ke Masa Lalu

Ini Arti Kode di Boarding Pass, Jangan Sampai Dapat ‘SSSS’