in ,

Ini Arti Kode di Boarding Pass, Jangan Sampai Dapat ‘SSSS’

Arti Kode di Boarding Pass yang Harus Kamu Tahu

Arti Kode di Boarding Pass

Pesawat merupakan salah satu sarana transportasi favorit yang terpilih oleh banyak traveler. Apalagi kalau bukan karena waktu tempuh yang singkat, ditambah lagi ada kini harganya pun terjangkau dan tak beda jauh dari kereta eksekutif. Saat akan memasuki pesawat, kita akan menerima selembar kertas yang disebut sebagai boarding pass. Ada baiknya kita mengetahui apa arti kode di boarding pass milikmu. Jangan sampai ada kode rahasia yang membuatmu dicurigai. Yuk, simak lebih lanjut.

Baca juga : Romantisnya Tebing Breksi Jogja, Pas Buat Traveling Bareng Pasangan

Kode Bar

Kode bar pada boarding pass
Kode bar pada boarding pass via Instagram/@drockstarrr

Kode bar pasti ada di boarding pass milikmu. Garis-garis magnetik ini akan dipindai di setiap gate. Kode ini membantu mencatat ada berapa banyak penumpang yang naik pesawat, tempat duduk apa yang akan ditempati, juga berapa tas/koper yang dibawa. Tidak ada aturan khusus kode ini harus terletak di bagian boarding pass sebelah mana. Meski begitu kode batang itu harus memenuhi standar Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), grup perdagangan maskapai penerbangan yang menetapkan kriteria untuk konsistensi lintas maskapai dan negara.

Pengenal Unik

Kode Unik
Kode Unik via Instagram/@amiira2502

Selain kode bar, di boarding pass milikmu akan ada pengenal unik yang dikenal dengan istilah PNR. Kode ini merupakan pelacak untuk namamu sebagai salah satu penumpang. PNR ini jiuga menyimpan informasi tentang preferensi makanan atau permintaan khusus, yang membuatmu unik dibanding penumpang lainnya. Ini lah salah satu alasan agar tidak membuang boarding pass milikmu dengan sembarangan meski sudah tidak digunakan lagi.

Kode dan Nomor Penerbangan

Kode penerbangan pada boarding pass
Kode penerbangan pada boarding pass via Instagram/@ashadiasapa

Selanjutnya ada kode dan nomor penerbangan yang tercantum di boarding pass milikmu. Biasanya terdiri dari dua huruf yang melambangkan maskapai pilihan, seperti GA untuk Garuda Airlines. Lalu diikuti oleh empat angka yang diatur menggunakan algoritme kompleks yang mempertimbangkan jumlah penerbangan di masa lalu dan sekarang, serta hal-hal seperti maskapai lain dengan nomor bunyi yang sama yang dijadwalkan untuk terbang melalui wilayah udara yang sama pada saat yang sama. Ini membantu menghindari potensi kebingungan dengan pilot dan kontrol lalu lintas udara.

Satu Huruf yang Menyendiri

Boarding pass first class
Boarding pass first class via Instagram/@stegosorius

Akan jarang ditemukan namun bisa saja kamu menemukan kode ini di boarding pass milikmu. Jika menemukan huruf A atau F, kemungkinan kamu terpilih untuk mendapatkan tempat duduk di kelas VIP. Bisa jadi karena telah menjadi pelanggan setia atau hal lainnya. Huruf B biasanya mengarah pada upgrade. Jika sebelumnya kamu duduk di kursi ekonomi, siap-siap mendapat tempat duduk di kelas yang lebih nyaman.

Kode Keamanan

Kode keamanan, SSSS
Kode keamanan, SSSS via Bioscooper

Arti kode di boarding pass yang harus diperhatikan adalah yang berhubungan dengan keamanan. Memang tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah kamu termasuk penumpang yang dicurigai. Namun, jika kamu menemukan tanda SSSS pada boarding passmu, ini merupakan tanda yang buruk. SSSS berarti Pilihan Pemeriksaan Keamanan Sekunder di mana kamu terpilih untuk diperiksa tambahan. Hal ini biasanya terjadi karena kamu mencurigakan atau masuk dalam daftar tanda penumpang yang telah diblokir. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa hati-hati saat melewati security check bandara.

Tanda Persinggahan

Ilustrasi Airport Hotel
Ilustrasi Airport Hotel via Instagram/@evanescentxoxo

Tanda lain yang bisa diperhatikan adalah kode S/O. Kode ini mungkin muncul jika kamu melakukan penerbangan dengan mode transit. Jika transit terjadi lebih beberapa jam dari yang seharusnya, pihak maskapai bahkan akan menyediakan tempat istirahat atau hotel untukmu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menanyakan ini pada pramugari atau petugas maskapai yang kamu gunakan.

Nah, setelah tahu apa arti kode di boarding pass, kamu bisa berhati-hati. Jangan sampai mendapatkan kode keamanan yang membuatmu dicurigai. Pernah punya pengalaman tentang ini? Yuk berbagi cerita dengan yang lain. Next

ramadan
Kota Malang

Transformasi Kota Malang dari Dulu Hingga Sekarang Berusia 104 Tahun

Mengasyikkan dan Seru, Wisata Edukasi Kampung Sapi di Kota Batu