in

4 Kota di Dunia yang Terapkan Jam Malam, Indonesia Juga Ada

Kota di Indonesia yang terapkan jam malam cukup terkenal, lho

Setiap kota pasti mempunyai aturan tersendiri bagi warganya. Ini dilakukan supaya wilayahnya menjadi lebih tertib. Namun, ada beberapa kota yang menerapkan aturan tak biasa. Seperti memberlakukan aturan jam malam untuk alasan tertentu. Berikut adalah kota di dunia yang terapkan jam malam. 

Baca juga : 3 Tempat Belanja Oleh-Oleh di Lombok, Harganya Nggak Bikin Dompet Keok

1.Bogota, Colombia 

kota terapkan jam malam
Bogota via shutterstock/De Jongh Photography 

Pertama, ada Bogota di Colombia yang menerapkan aturan jam malam untuk warganya. Ini semua bermula karena adanya kerusuhan atas penolakan pemerintahan yang konservatif yang terjadi akhir November 2019 lalu. Dan kejadian tersebut mengakibatkan 122 warga sipil terluka. Oleh karenanya, Walikota Bogota memerintahkan warganya untuk tidak keluar rumah dari jam 9 malam. 

2. Laitila, Finlandia 

kota terapkan jam malam
Laitila via twitter/GianniArtistico

Selanjutnya, ada Kota Latilia yang berada di Finlandia. Namun, aturan tersebut hanya diberlakukan bagi anak sekolah. Untuk anak-anak berusia 7-13 harus berada di rumah pada pukul 19.30 di hari-hari sekolah. Sementara para siswa yang lebih tua diizinkan berada di luar rumah hingga pukul 21.00 setiap harinya. Tapi, para pelajar ini mendapatkan keleluasaan pada akhir pekan karena bisa berada di luar rumah hingga pukul 20.30 dan 23.00 waktu setempat. 

Kepala Dinas Pendidikan Laitila, Tuomas Kankaanpaa mengatakan kalau aturan ini ada tujuannya. Adalah untuk mengingatkan para orangtua soal kesejahteraan anak-anak dan remaja. Lalu juga berfungsi untuk mempererat hubungan keluarga di malam hari.

3. Chilaw, Sri Lanka 

Munneswaram Temple via shutterstock/eFesenko 

Salah satu kota di Sri Lanka, tepatnya Chilaw juga menerapkan jam malam. Aturan ini dibuat oleh Kepolisian Sri Lanka, setelah terjadi serangan anti muslim pada Bulan Mei 2019 lalu. Juru bicara kepolisian Sri Lanka, Ruwan Gunasekara, mengatakan bahwa jam malam ini juga perlu dilakukan karena ada sekelompok pria menyerang pusat-pusat bisnis milik warga Muslim di Chilaw. 

4. Demak, Indonesia 

Masjid Demak via shutterstock/teguh santosa kedua

Terakhir, ada dari negara kita sendiri, yaitu Demak. Bupati Demak, M. Natsir mengeluarkan aturan pada tanggal 2 Januari 2020 yang berisi larangan bertamu pada saat Maghrib sampai Isya. Adapun tujuannya adalah untuk mendukung visi dari Kabupaten Demak sendiri, yakni Maghrib Matikan TV, Ayo Mengaji. 

Aturan ini berlaku untuk semua orang yang tinggal di Demak. Jadi, pejabat pun juga termasuk. Namun, larangan tersebut tidak berlaku untuk sejumlah kegiatan tertentu. Seperti menjenguk orang sakit, takziah, acara pernikahan, khitanan, pengajian dan kegiatan keagamaan lainnya. 

Itulah beberapa kota di dunia yang terapkan jam malam untuk warganya. Alasannya, mulai dari keamanan pasca kerusuhan sampai dengan mewujudkan visi dari kota tersebut. Jadi, kalau Teman Traveler ingin ke kota-kota tersebut, jangan lupa ingat-ingat jam malamnya, ya.  Next

ramadan
Suasana di Merah Saga Rooftop

Merah Saga Rooftop, Manjakan Lidah dan Mata dalam Satu Tempat

Nara, Alternatif Liburan di Jepang Selain Tokyo