in , ,

Review Kue Oleh-oleh dari Malang yang Wajib Dibawa Pulang

Oleholeh malang
Oleholeh malang

Di tengah maraknya brand kue artis, di Kota Malang ada 2 buah brand kue oleh-oleh khas yang tanpa embel-embel nama artis. Kue yang sama-sama mengambil basic sama berupa roti lapis ini mempunyai bentuk, rasa, dan tentunya nama yang berbeda. Yang satu bernama Lapis Kukus Tugu Malang, dan yang satunya lagi bernama Lapis Malang. Kita bisa membeli 2 brand oleh-oleh ini di beberapa outlet yang banyak tersebar di area Kota Malang. Lalu bagaimana perbandingan 2 kue oleh-oleh khas Kota Malang ini?, ini dia jawabannya.

Baca juga : Air Terjun Sarang Burung, Si Tingkat Tujuh yang Menggoda

1. Beda Ukuran Tapi Harga Mirip-Mirip

Kalau kita membeli 2 lapis Malang yang berbeda ini secara bersamaan pasti akan langsung tahu perbedaan mendasarnya, yaitu bentuk dan ukurannya. Lapis Kukus Tugu Malang mempunyai bentuk persegi empat yang lebih kompak layaknya kotak kue pada umumnya. Sedangkan Lapis Malang punya bentuk balok memanjang yang sangat unik dan menjadi ciri khas kue oleh-oleh ini. Tapi walaupun berbeda bentuk dan ukuran, 2 brand kue oleh-oleh asli Malang ini mempunyai rentang harga yang mirip-mirip, yaitu antara 25 ribu rupiah sampai 38 ribu rupiah tergantung varian rasa yang kita pilih.

2. Desain Kemasan Beda, Lebih Menarik Yang Mana?

Untuk menarik minat konsumen, tidak diragukan lagi kalau kemasan menjadi hal terpenting. Desain kemasan Lapis Malang yang memanjang dengan warna putih biru khas bumi arema membuat kemasan terkesan simpel dan menarik, satu-satunya warna lain hanya ada di gambar kue lapis pada kemasannya.

Selain warna kemasan yang simpel dengan tidak banyak warna, di ponggiran kemasan roti lapis ini juga ada informasi yang berisi tentang dunia wisata Malang Raya. Tentunya hal ini bermanfaat untuk pembeli kue ini yang rata-rata adalah wisatawan pendatang.

Berbeda dengan Lapis Malang dengan kemasannya yang unik, brand Lapis Kukus Tugu Malang tampil dengan kemasan yang lebih mainstream dan penuh warna serta gambar roti lapis yang sangat besar di atasnya.

Satu hal yang menjadi persamaan pada kemasan 2 kue lapis Malang ini ada pada kemasan sampingnya. Lapis Kukus Tugu Malang juga memberikan informasi tentang dunia wisata Malang Raya yang memudahkan wisatawan menentukan destinasi mereka saat di Malang.

Lalu mebih menarik mana?, secara sekilas kemasan Lapis Malang lebih terlihat simpel tapi tetap unik dengan bentuknya yang memanjang. Tapi semuanya tentu masalah selera masing-masing.

3. Perbandingan Cara Pengemasan

Setelah menilai dari kemasan luar, saatnya kita unboxing kardus kue lapis Malang ini. Pada Lapis Malang kue diletakkan di dalam box dengan tutup terpisah yang tentunya lebih memudahkan kita untuk mengambil kue dari dalam kemasan. Selain itu kue juga diberikan alas berupa kertas alas kue di bawahnya. Lumayan cukup rapi dan padat kemasannya.

Berbeda dengan kemasan pada Lapis Malang, membuka box kue Lapis Kukus Tugu Malang ini lebih simpel seperti membuka box kue pada umumnya. Tapi hal yang lebih baik bisa kita temukan saat kita sudah membuka boxnya. Pada Lapis Kukus Tugu Malang ini kertas kue tidak hanya sebagai alas saja, tetapi sampai menutup ke permukaan atas kue sehingga mencegah toping dari kue lapis berantakan, hal ini menjadi satu nilai positif. Selain itu kedua brand roti lapis ini sama-sama menyertakan pisau kue sebagai kelengkapannya.

4. Perbandingan Tekstur Kedua Lapis Malang

Beralih ke dalam isi boxnya, saatnya menilai roti lapis dari kedua brand ini. Lapis Kukus Tugu Malang memang terlihat biasa saja dari segi bentuk dan kemasan, tapi dalam segi tekstur kue lebih lembut. Ini karena pengolahan kue roti lapisnya dikukus, bukan di oven.

Sementara bagaimana dengan Lapis Malang?, roti yang ada di kue Lapis Malang lebih bertekstur kasar dan juga kering. Ini juga pengaruh pengolahan roti yang dioven. Jadi untuk penyuka roti dengan tekstur lembut pasti pilihan akan jatuh ke Lapis Kukus Tugu Malang.

5. Lebih Nikmat Yang Mana?

Untuk soal rasa mungkin hal itu adalah sesuatu yang relatif, karena selera masing-masing orang akan beda. Dengan membandingkan varian rasa coklat yang sama, Lapis malang yang mempunyai variasi 2 layer kue terasa kurang nendang coklatnya. Walaupun topping yang diberikan berupa coklat kacang. Manis yang terasa pun hanya sekedar manis biasa, bukan manis khas coklat.

Sedangkan Lapis Kukus Tugu Malang yang bervarian rasa coklat dirasa lebih memberikan rasa manis yang terasa coklatnya. Selain itu manisnya pun tidak berlebihan walaupun topping yang diberikan adalah coklat pasta.

Kalai ditanya lezat yang mana, pasti jawabnya susah dan selera masing-masing. Nah buat yang ingin tahu lezatnya 2 kue oleh-oleh khas Malang ini, jangan lupa membelinya di outlet-outlet yang tersedia untuk oleh-oleh berliburang ke Kota Malang. Jangan lupa untul membeli variasi rasa yang berbeda untuk mengetahui kelezatan yang sesungguhnya. Next

ramadan
Yamaha Land

Nongkrong di Yamaha Land Surabaya, Ada Food Truck Hingga Freestyle Motor Yang Seru Abis

fi kuliner malam di malang

4 Kuliner Malam di Malang, Sajian Nikmat Untuk Sahur