in , ,

Wat Suan Dok, Kuil Buddha di Thailand yang Sajikan Pesona Sakral

Temukan rahasia tersembunyi Thailand

Thailand dikenal sebagai negara seribu kuil. Hal ini mengingat mayoritas masyarakat Negeri Gajah Putih adalah penganut agama Buddha yang taat. Salah satu kuil yang akan kita bahas bersama adalah Kuil Wat Suan Dok. Nah, apa yang spesial dari kuil ini? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga : Pasca Kebakaran, Ini Aturan yang Perlu Diperhatikan Wisatawan di Gili Lawa

Dibangun dari Abad Pertengahan

Wat Suan Dok merupakan Kuil Buddha yang dibangun pada akhir abad ke-14, memiliki beberapa struktur penting sejarah. Di antara mereka termasuk pagoda utama yang mengabadikan peninggalan Buddha, sebuah taman makam bercat putih yang menampung abu para penguasa Chiang Mai di masa lampau. Oleh karena itu bangunan di Kuil ini di dominasi oleh bangunan berwana putih (suci).

Lokasi di Tengah Kota

Kuil ini  Berlokasi di luar tembok kota tua, sekitar 1 km sebelah timur Gerbang Suan Dok di Jalan Suthep. Dibangun oleh Raja Chiang Mai, kuil ini didedikasikan kepada teman baiknya dengan alasan sifatnya yang menyenangkan.

Sekadar informasi juga, kuil ini awalnya difungsikan sebagai tempat peristirahatan bagi seorang biksu yang dihormati dari Sukothai. Terapi, seiring perkembangan zaman banyak sekali wisatawan asing yang datang berkunjung, belajar agama Buddha, meditasi, dan sebagainya.

Tidak Ada Biaya Masuk ke area Kuil

2020_0126_13320600_01_0M5.jpeg
Landscape depan kuil (c) Hendrik/Travelingyuk

Karena bangunan kuil ini di buka secara umum dan juga masih aktif difungsikan sebagai tempat ibadah, tidak ada biaya masuk untuk memasuki area kuil. Jadi orang lokal, wisatawan asing bebas keluar masuk kuil yang satu ini.

Mayoritas Bangunan Utama Kuil Bewarna Putih

2020_0126_13352200_9uO.jpg
Halaman kuil dan pagoda (c) Hendrik/Travelingyuk

Meski sudah berumur ratusan tahun sejak awal pertama di bangun, Kuil ini terjaga sangat baik hingga saat ini. Masyarakat sekitar juga melakukan pengecatan ulang bangunan kuil secara berkala. Untuk bangunan yang berwarna putih dimaksudkan sebagai lambang kesucian di dalam ajaran budha.

Terdapat Bangunan Sumur Yang Berada di Halaman Kuil

2020_0126_13322000_lfX.jpg
Sumur kuno Kuil Wat Suan Dok (c) Hendrik/Travelingyuk

Jika dilihat dari diameter sumur yang sangat besar, di perkirakan sumur ini sudah ada disini sejak abad ke-14. Dibangun bersamaan dengan Kuil Wat Suan Dok ini, sumur ini juga masih mengeluarkan sumber mata air yang juga di anggap suci oleh masyarakat Thailand setempat. 

Tempat Meditasi Terbaik di Kota Chiang Mai

2020_0128_14325500_TJl.jpg
Sarana kegiatan Chat Monk (c) Hendrik/Travelingyuk

Selain sebagai tempat berwisata dan beribadah, ada juga wisatawan asing berminat untuk belajar tentang ajaran budha, meditasi, dan juga monk chat. Karena para biksu di Kuil ini adalah orang-orang terpelajar. Mereka juga sangat terbuka dengan berbagai topik permasalahan. Jadi kalian bisa berdiskusi sekalian curhat disini.

Jadi bagi kalian yang ingin sedikit belajar tentang sejarah yang ada di kota Chiang Mai, kalian bisa datang dan berkunjung ke tempat ini. Jangan ragu jika kalian ingin bertanya kepada biksu setempat karena mereka sangat terbuka pada masyarakat luar. Masih ragu untuk berkunjung? Next

ramadan

Sekala The Common Place: Ketika Musik, Kuliner, dan Arsitektur Bersatu di Bandung

Viral Staycation ala Bangsawan, Kamu Bisa Menginap di 5 Kastil Mewah Ini