in , ,

Sekala The Common Place: Ketika Musik, Kuliner, dan Arsitektur Bersatu di Bandung

Menghayati sinergi dan harmonisasi Kota Paris van Java

Teman Traveler yang sedang merencanakan liburan ke kota Bandung, wajib berkunjung ke Sekala The Common Place untuk menikmati ambience yang Bandung banget. Berada di Jl. Mars Dirgahayu, No. 26 A, Cibeunying, Kec. Cimenyan, Bandung, tempat ini mewakili kultur kota Bandung yang dikenal dengan aktvitas skena anak muda di dunia kreatif. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Baca juga : Pulau Komodo Masuk 10 Besar Destinasi Terbaik di Asia Versi Lonely Planet

Rumah Baca Arsitektur Ternama

ruang_sekala_commonplace_ygL.jpg
Ambience ruang Sekala The Common Place (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sekala The Common Place, menurut penuturan Lagam, markom di tempat ini, awalnya adalah rumah baca seorang arsitektur ternama bernama Achmad Tardiyana. Rumah ini pada tahun 2018 dikelola oleh sekelompok anak muda untuk dijadikan common place bernama Sekala.

Ruang Produktif dan Kolaborasi

aktualisasi_diri_di_sekala_the_common_place_3X9.jpg
Sekala memfasilitasi wujud-wujud aktualisasi diri via Instagram/sekala_

Sekala memiliki konsep sebagai ruang yang memicu produktivitas anak muda kota Bandung untuk berkarya. “Kami sangat membuka ruang ini seluas-luasnya untuk tempat berkumpul dan merumuskan ide-ide kreatif bagi anak-anak muda kota Bandung. Visi kami adalah self improvement, menciptakan atmosfer yang nyaman untuk aktualisasi diri dan mengajak teman-teman untuk berkolaborasi”, tutur Lagam.

Rumah dengan Aspek Arsitektur yang Kuat

ambience_sekala_commonplace_UQj.jpg
Sudut estetis arsitektur (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ketika memperhatikan tempat ini, Teman Traveler akan merasakan suasana ruang yang setiap jengkalnya matang dipertimbangkan secara teknis arsitektur. Aspek pencahayaan dengan cross ventilation membuat sirkulasi udara di tempat ini sangat baik. Aspek material juga dipertimbangkan dengan memadukan elemen alam yang tersaji pada furnitur.

arsitektur_bermaterialkan_bambu_dengan_pencahayaan_yang_baik_YK5.jpg
Desain arsitektur yang memperhatikan aspek jatuhnya cahaya Matahari (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kerennya lagi, mayoritas material pembangunan menggunakan bahan-bahan daur ulang. Unsur tanaman hias juga menambah atmosfer menjadi hijau dan sejuk.

Acara di Sekala The Commonplace

acara_bless_the_fall_sekala_6an.jpg
Acara “Bless of The Fall” di Sekala via Instagram/sekala_

Sekala secara berkala mengadakan beberapa acara yang bertema representatif dengan konsep tempat ini. Salah satu acara yang banyak dibicarakan, diselenggarakan di tempat ini bertajuk “Sekala Bless The Fall“.

acara_di_sekala_commonplace_XPJ.jpg
Berbagai acara kerap diadakan di tempat ini (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Rangkaian acara diisi oleh beberapa musisi kota Bandung untuk live music serta live cooking. Selain itu, Sekala menyediakan space untuk Thrift Shop yang menjual baju-baju prelove second hand.

Tidak Menyediakan Pembelian Take Away

pelanggan_setia_sekala_commonplace_9jG.jpg
Pengunjung setia Sekala The Common Place (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sekala The Common Place memutuskan untuk tidak menyediakan pembelian pemesanan online, take away. Keunikan ini jadi daya tarik tersendiri. Di zaman serba digital, tempat ini memilih untuk memaksimalkan ruang miliknya.

area_terbuka_sekala_commonplace_Mxo.jpg
Area terbuka di Sekala The Common Place (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Bagi Sekala, ruang dan manusia di dalamnya adalah bagian yang tidak terpisahkan. Di ruang ini diharapkan lahir ide-ide segar dan kegiatan-kegiatan positif yang saling memicu satu sama lain.

Menu Makanan

sconut_sekala_the_common_place_zEX.jpg
Sconut, enak banget! via Instagram/sekala_

Sekala The Common Place tidak mengkhususkan dan melabelkan diri sebagai coffee shop, menu-menu yang tersaji di tempat ini berimbang antara menu kopi dan non coffee. Salah satu menu non coffee yang signature di tempat ini adalah Sconut, perpaduan strawberry fruit dan fresh coconut milk melahirkan rasa yang unik. Menu ini dibanderol dengan harga Rp26.000.

ice_coffee_lemon_sekala_PF2.jpg
Ice Coffee Lemon, menu andalan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Menu kopi yang paling direkomendasikan di tempat ini adalah Ice Coffee Lemon, menu yang dibanderol dengan harga Rp25.000 memiliki komposisi house blend beans Jawa Barat dipadukan dengan sari lemon. Sebagai teman melengkapi minum kopi, Sekala menyediakan aneka pastry, salah satunya Cinnamon Roll yang dibanderol dengan harga Rp18.000.

pastry_sekala_commonplace_N5b.jpg
Cinnamon Roll, menu andalan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Menarik dan seru kan? Supaya gak tambah penasaran, mending langsung agendakan untuk berkunjung ke Kota Bandung dan mampir di Sekala The Common Place. Next

ramadan

Serunya Itinerari 3D2N di Nagoya, Saksikan Sumo Terkuat Hingga Otomotif Tercanggih

Wat Suan Dok, Kuil Buddha di Thailand yang Sajikan Pesona Sakral