in , ,

Cicipi Kuliner Asli Betawi di UPK PBB Setu Babakan, Enaknya Bikin Nagih

Banyak makanan yang langka di sini

Jakarta ternyata punya tempat menarik yang bisa dikunjungi. Adalah Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi atau disingkat UPK PBB. Berlokasi di Jl. Moch Kahfi II RT 13 / RW 08, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, tempat ini menyajikan segala hal tentang Betawi, baik budayanya sampai dengan kulinernya. Nah, yang paling banyak dicari biasanya adalah kuliner betawi. Mau tahu apa saja kuliner asli Betawi yang ada di UPK PBB? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Pemandian Air Panas di Bandung, Lawan Dingin dengan Berendam

Es Selendang Mayang, Jajanan Langka Penuh Filosofi

kuliner betawi UPK PBB
Bang Hafidh, penjual Es Selendang Mayang satu-satunya (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Salah satu kuliner yang paling dicari di sini adalah Es Selendang Mayang. Paling banyak dicari karena minuman menyegarkan ini sudah jarang sekali ada di kawasan Jakarta sendiri. Bahkan, di UPK PBB hanya ada satu penjual Es Selendang Mayang yang bernama Bang Hafidh.

kuliner betawi UPK PBB
Es yang memiliki tiga warna (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Bagi yang belum tahu, Es Selendang Mayang terdiri dari Kue Selendang Mayang, butir mutiara, gula aren, gula putih dan santan kelapa. Disebut Selendang Mayang karena kue tersebut memiliki corak warna seperti selendang yakni merah, putih dan hijau. Mayang itu sendiri berarti kenyal dan manis.

kuliner betawi UPK PBB
Es Selendang Mayang saat disajikan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Filosofi dari warna Selendang Mayang yaitu merah bermakna berani membangun usaha sendiri, putih bermakna suci yang berarti semua bahan es ini tanpa pengawet dan hijau bermakna sejuk dalam artian es ini bisa menyejukan siapapun yang menikmatinya. Untuk dapat menikmatinya, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp. 10.000.

Kerak Telor Bang Udin yang Legendaris

5_zYm.jpg
Kerak Telor Bang Udin (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Menu lainnya yang bisa Teman Traveler jumpai di area UPK PBB adalah Kerak Telor. Menu satu ini terbuat dari bahan dasar berupa Beras ketan, Telur Bebek/Ayam dan Serundeng. Sedangkan bumbu pelengkap lainnya yaitu Ebi, Lada, Garam dan micin secukupnya. Kalau kalian ingin mencobanya, cukup keluarkan uang sebesar Rp25.000 untuk telur bebek dan Rp20.000 untuk telur ayam.

kerak_telor_bang_udin_siap_dinikmati_etS.jpg
Kerak Telor saat sudah jadi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ada 22 Penjual Jajanan dan Souvenir Khas Betawi

laksa_mpok_encum_R4C.jpg
Laksa Betawi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di area ini total ada 22 penjual jajanan tradisional dan souvenir khas Betawi. Untuk jajanannya, ada Toge Goreng, Laksa Betawi, Tapi Uli dan masih banyak lagi. Sedangkan souvenirnya ada pajangan bentuk topeng, replika ondel-ondel dan lain sebagainya. Semua penjual yang ada di sini adalah mitra binaan yang dikelola dan ikut dipromosikan oleh UPK PBB.

souvenir_ondel_ondel_jEH.jpg
Souvenir khas Betawi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Teman traveler yang penasaran dengan budaya Betawi dan ingin mencoba berbagai jenis kuliner tradisional Betawi bisa langsung datang ke UPK PBB. Pintu masuk area UPK PBB dibuka untuk umum secara gratis. Jajanan-jajanan tradisional ini akan tetap lestari selama masih ada kita yang membeli dan ada penerus tradisi yang membuat serta menjualnya. Next

ramadan

5 Rumah Adat Tercantik di Indonesia, Hipnotis Mata Dunia

Warung Makan Mas Pri, Sajikan Ayam Crispy dengan Cara Dibakar