in , , , ,

Ada Bakso Istimewa, Ini 5 Kuliner Nikmat dan Ramah Kantong di Bondowoso

Wisata Kuliner Enak dan Murah di Bondowoso yang Patut Dicoba Teman Traveler

Bakso Gulung Bondowoso
Bakso Gulung Bondowoso

Berkunjung ke suatu daerah tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Begitu juga saat Teman Traveler berkunjung ke Bondowoso, wajib anda mencicipi makanan khasnya yang nikmat dan harganya terjangkau. Yuk simak daftar kuliner Bondowoso berikut, Teman Traveler.

Baca juga : Mengagumi Keramahan Papua Lewat Upacara Bakar Batu

1. Nasi Macan Bu Banjir

Nasi Macan Bu Banjir via Berita Bondowoso

Nikmat dan harga bersahabat, dua kata yang cocok untuk menggambarkan kuliner Nasi Macan Bu Banjir. Nasi macan Bu Banjir merupakan salah satu tempat kuliner di Bondowoso yang sangat terkenal. Dinamai Nasi Macan karena porsi nasi yang banyak dan harga murah, serta rasa pedasnya yang luar biasa. Kuliner yang satu ini merupakan warung nasi yang berada di Pasar Induk Bondowoso yang buka jam 3 sore hingga jam 4 pagi. Jika Teman berkunjung ke sini, maka kalian akan menemukan ulekan super besar untuk membuat sambal.

Nasi Macan Bu Banjir via Instagram @wisata.bondowoso

Sepiring Nasi Macan biasanya berisi nasi putih dengan serundeng, lalapan sayuran, dan ayam yang menjadi pelangkap nasi tersebut. Lauk yang beraneka macam seperti ayam goreng, udang goreng, lele goreng, cumi goreng, dan kerupuk juga tersedia disana. Ciri yang paling mencolok dari Nasi Bu Banjir adalah Sambal Tomat dengan rasa pedas yang pas sesuai selera para penggemar Nasi Bungkus di malam hari. Banyak juga masyarakat di luar Bondowoso yang penasaran dengan Nasi Bu Banjir untuk dapat menikmati Nasi Macan Bu Banjir yang murah meriah. Harga di Nasi Macan Bu Banjir Bondowoso cuma Rp 5000 perporsi, uniknya harga tersebut masih tetap Rp 5000 sampai sekarang. Jangan bilang pernah datang ke Bondowoso jika belum pernah mengunjungi nasi macan Bu Banjir ini.

2. Rujak Gobet

Rujak Gobet Bondowoso via Google

Sebagai daerah yang terkenal sebagai daerah penghasil singkong, masyarakat Bondowoso membuat singkong menjadi banyak varian makanan, salah satunya adalah menjadikan singkong sebagai bahan dasar rujak. Rujak Gobet disebut juga dengan rujak ghubit merupakan kuliner khas kota Bondowoso yaitu rujak dengan bahan utama irisan singkongĀ mentah, mentimun dan sayuran lainnya dan dengan bumbu khas bumbu petis madura dan kacang goreng yang diulek. Rasa dariĀ Rujak Gobet ini begitu enak dan lezat.

Rujak Gobet Bondowoso via GoTravelly

Tempat menjual Rujak Gobet yang merupakan makanan khas Bondowoso ini ada di setiap sudut kota dan apabila anda berkunjung di Bondowoso jangan lupa untuk mencicipi rujak gobet yang enak ini. Jika biasanya rujak dicocol dengan bumbu, hal ini berbeda dengan rujak gobet, dimana singkong, timun dan bumbu rujak disiram kuah yang melimpah di mangkok.

3. Bakso Gulung

Bakso Gulung Bondowoso via Instagram @ratihsetianto

Bakso merupakan salah satu kuliner Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang, bahkan anda bisa dengan mudah menemukan kios bakso di pinggir-pinggir jalan di Indonesia. Bagi Teman Traveler penggemar kuliner bakso, kalian harus dan wajib untuk mencicipi bakso khas Bondowoso. Bakso ini berbeda dengan bakso-bakso lain yang berada di berbagai daerah karena bakso khas Bondowoso dibuat dengan cara digulung.

Bakso Gulung Bondowoso via Tribun Travel

Di dalam gulungan bakso terdapat telor goreng dadar dan daging sapi yang dicincang. Bakso Bondowoso memiliki tekstur yang sangat lembut dan mempunyai cita rasa yang susah untuk dilupakan. Teman Traveler dapat membeli bakso gulung khas Bondowoso di Jl. Raya Situbondo dengan harga hanya Rp 15.000 per porsinya. Bakso gulung khas Bondowoso memang tidak akan cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah, namun akan sangat cocok untuk dimakan di tempat sembari menikmati suasana Kabupaten Bondowoso.

Bakso Gulung Bondowoso via Tribun Travel

4. Pia Tape

Pia Tape Bondowoso via Instagram @tomokominami

Jajanan yang cocok untuk Teman Traveler saat berkunjung ke Bondowoso adalah Pia Tape. Masih dari olahan fermentasi singkong, makanan ini menjadi salah satu primadona bagi pecinta kuliner tape.Untuk mendapatkannya sangat mudah karena di Jalan Jenderal Sudirman dan Teuku Umar atau lebih dikenal dengan daerah Pecinan terdapat banyak toko oleh-oleh penjual jajanan ini.

Pia Tape Bondowoso via Tempat Wisata

Selain itu, tape di Bondowoso ini juga bisa disajikan dengan cara berbeda seperti di bakar, yang tentunya memberikan cita rasa yang berbeda dengan tape yang biasa kita makan. Rasa tape bakar ini cukup unik yaitu perpaduan manis dan juga terdapat aroma singkong bakar. Tape bakar ini juga tersedia dengan berbagai rasa seperti rasa Coklat, Nanas, Pisang, Gula Jawa, Keju dan banyak lagi. Untuk kemasan dari tape bakar ini juga cukup rapi dan sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh khas bondowoso saat pulang nantinya. Teman Traveler bisa mendapatkan tape bakar ini dengan cukup mudah karena banyak dijual di toko dan pusat oleh-oleh yang ada di Bondowoso.

Tape Bakar via YouTube

5. Surma

Surma/Swarma Bondowoso via Berita Bondowoso

Surma/Swarma ini merupakan makanan khas timur tengah yang nampak seperti kebab yang terbuat dari daging cincang di tambah dengan irisan sayur segar, mentimun, tomat dan saus dibungkus dengan kulit tepung dan digoreng. Teman Traveler bisa membeli makanan ini di Jl. Raya Situbondo depan indomaret kampung arab Bondowoso. Kalian juga bisa membawa pulang makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh, namun makanan ini tidak cocok untuk dibawa berpergian jauh karena tidak tahan lama.

Surma/Swarma Bondowoso via Media Nasional Cakrawala

Itulah 5 kuliner enak dan murah yang ada di Bondowoso. Jika Teman Traveler sedang berlibur ke sini, jangan lupa singgah ya. Selamat berwisata kuliner! Next

ramadan

Berwisata Pasar Apung hingga Keliling Bendungan di Kecopokan

Deretan Kuliner yang Wajib Cicip di Jombang, Semuanya Punya Ciri Khas