in ,

Lezatnya Menggoda! Sekian Kuliner di Yogyakarta yang Bikin Kangen

lumpia-samijaya
lumpia-samijaya

Yogyakarta merupakan Daerah Istimewa yang memiliki keunikan tersendiri untuk menarik wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Beragam keunikan yang dimiliki mulai dari budaya tradisionalnya, keindahan wisata alamnya, hingga rasa lezat yang ditawarkan oleh kuliner – nya. Kuliner di Yogyakarta sangat beragam dan memiliki rasa lezat yang khas sehingga membuat setiap orang ketagihan. Kira – kira apa aja sih kuliner dengan kelezatan menggoda dan bikin kangen itu? Simak Ulasan berikut ya!

Baca juga : Menara Al Husna Masjid Agung, Indahnya Semarang dari Ketinggian

1. Penyetan Mas Kobis

Penyetan Mas Kobis via Instagram @jogjabikinlaper

Warung makan yang satu ini menjadi favorit mahasiswa bagi mereka khususnya pecinta pedas. Terletak di pinggir jalan dengan konsep warung sederhana, Penyetan Mas Kobis tidak pernah sepi pengunjung. Warung ini menyediakan lauk penyetan seperti ayam, ikan, telur, tahu, tempe, serta terong. Teman Traveler dapat menyantap lauk penyetan yang dipenyet atau digilas bersama sambal dan cabai sesuai dengan pesanan Teman Traveler. Tingkat kepedasan juga bisa dipesan sesuai selera. Selain sambal, kubis goreng juga menjadi ciri khas dari warung makan ini. Teman Traveler dapat memilih lauk penyetan sesuai selera. Untuk menu utama yaitu nasi dengan telur atau ayam dibanderol dengan harga kurang lebih 12 ribu. Sedangkan untuk menu tambahan seperti kubis goreng, tahu, tempe serta terong dibanderol dengan harga kurang lebih mulai 2 ribu hingga 5 ribu. Cukup terjangkau bukan? Jika Teman Traveler ingin mencoba bisa datang ke Jalan Nangka III Jl. Utama, Puyeran, Maguwoharjo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman dan memiliki jam buka mulai dari pukul 11 pagi hingga 11 malam. Teman Traveler juga bisa datang ke cabang lainnya karena Penyetan Mas Kobis ini sudah memiliki banyak cabang lho.

2. Lotek Pandega Putri

Lotek Pandega Putri via Instagram @ammamamo

Lotek menjadi salah satu makanan yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta. Lotek merupakan kuliner yang menyediakan sayur mayur rebus dan disiram dengan bumbu kacang. Lotek di Pandega Putri ini disediakan dengan cukup unik dan berbeda dengan tempat lainnya. Tema Traveler akan menyantap satu porsi lotek yang dicampur dengan mie kuning. Untuk Teman Traveler yang doyan makan, warung ini menyediakan lotek dalam porsi jumbo lho. Rasa dari bumbu kacang nya juga lezat dan gurih. Untuk kisaran harga nya kurang lebih mulai dari 11 ribu hingga 13 ribu/porsi. Sesuai dengan namanya, lotek ini terletak di Jalan Pandega Marta No 29, Manggung, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Lotek ini buka mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore.

3. Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya via Instagram @jajanyogya

Kedai Lumpia yang terletak di kawasan Malioboro ini sudah cukup terkenal dan merupakan salah satu kedai lumpia legendaris di Yogyakarta. Kalau Teman Traveler ingin mencoba lumpia khas Yogyakarta ini, Teman Traveler harus bersabar dan rela untuk mengantre. Jika Lumpia Semarang menggunakan rebung, Lumpia khas Yogyakarta ini menggunakan bengkoang sebagai salah satu bahannya yang dicampur dengan tauge, wortel, ayam dan daun bawang serta disajikan dengan cabe rawit dan terdapat saus bawang putih. Lumpia Samijaya menawarkan dua pilihan lumpia yaitu lumpia ayam dan lumpia spesial. Yang membedakan yaitu pada lumpia spesial Teman Traveler akan menemukan telur puyuh didalamnya. Memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu antara Rp5.000 hingga Rp6.000 per – porsi, Teman Traveler dapat mencicipi lumpia yang memiliki rasa lezat dan khas ini mulai pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Selain berada di kawasan Malioboro tepatnya di Jalan Malioboro No. 18, Suryamatjan, Teman Traveler dapat datang ke cabang lainnya yaitu di Jalan Mataram No. 44 Suryamatjan lho.

4. Nasi Teri Gejayan Pak Dul

Nasi Teri Gejayan via Instagram @javafoodie

Memiliki menu masakan rumahan dengan harga ramah dikantong, Nasi Teri Gejayan Pak Dul ini merupakan salah satu kuliner malam legendaris di Yogyakarta. Kuliner ini sudah ada kurang lebih selama 40 tahun dan masih mempertahankan rasa yang khas. Selain itu untuk semua masakan di sini, dimasak dengan memakai cara tradisional yaitu menggunakan tungku (arang). Bagi pecinta pedas, kuliner ini menjadi rekomendasi yang pas untuk Teman Traveler karena teri di sini dimasak dengan bumbu pedas. Teman Traveler dapat memesan nasi campur teri saja atau bisa juga menambahkan lauk yang disediakan seperti ayam balado, tempe goreng, pete, dan lain hal sesuai dengan selera. Buka mulai pukul 9 malam hingga pagi, kuliner ini cocok banget untuk Teman Traveler yang suka makan di malam hari. Walaupun buka pada malam hari, nasi teri ini masih ramai pengunjung lho. Jika Teman Traveler ingin mencicipi lezatnya Nasi Teri Pak Dul ini, Teman Traveler harus datang ke Jalan Affandi, No. 5B, Klitren, Yogyakarta.

5. Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak Es Krim Pak Nardi via Instagram @siscasadana

Percampuran antara rujak dan es krim mungkin menjadi pilihan kuliner dingin yang tepat bagi wisatawan saat berada di Yogyakarta dengan hawa yang panas dan matahari sedang terik – teriknya. Kuliner dingin yang satu ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta karena sudah ada sejak tahun 1978. Warung ini terletak di pinggir jalan dengan modal gerobak dorong yang ditutupi dengan terpal serta disediakan beberapa kursi untuk pelanggan yang ingin makan ditempat. Eits, jangan salah walaupun begitu rasa yang ditawarkan oleh Rujak Es Krim Pak Nardi ini cukup lezat dan unik lho. Yang membedakan Rujak Es Krim Pak Nardi dengan yang lain yaitu terletak pada es krimnya.

Es krim yang digunakan pada warung Pak Nardi ini dibuat sendiri atau homemade dengan menggunakan bahan – bahan sederhana dan proses pembuatan yang khas ala resep Pak Nardi. Percampuran antara rasa manis, lembut, segar, dingin dari es krim dengan rasa segar, asam, serta renyahnya serutan buah dari rujak serut berbumbu manis itu menjadi salah satu keunikan dan kelezatan yang wajib Teman Traveler coba. Letaknya di Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman dan memiliki jam buka mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore.

Itulah beberapa kuliner di Yogyakarta yang memiliki rasa lezat dan khas yang bakalan bikin Teman Traveler kangen terus. Mulai dari kuliner pedas hingga kuliner dingin bisa Teman Traveler cicipi lho. Jika virus sudah hilang pastikan Teman Traveler mampir ke tempat – tempat diatas ya. Selamat bernostalgia dan stay safe selalu Teman Traveler! Next

ramadan
Sego Tempmg Bu Indra

Cari Makanan Halal di Bali? Nasi Tempong Bu Indra Mungkin Bisa Jadi Pilihan

nasi bete

Rasakan Sensasi Pedasnya Nasi Bete Bu Karmini di Ampel Surabaya