in ,

Kalahkan Panas Surabaya dengan Kuliner Es-es Genit Ini

5 Kuliner Es di Surabaya

Kuliner Es di Surabaya
Kuliner Es di Surabaya

Sudah bukan rahasia, Surabaya dikenal sebagai kota dengan cuaca yang cukup panas. Meski kini sedang musim hujan, es-es segar masih dicari di Kota Pahlawan yang satu ini. Sambil menikmati kuliner enak seperti Tahu Campur Surabaya yang rasanya nendang, boleh juga diikuti ngademin diri dengan jajanan es super segar di bawah ini. Sudah siap?

Baca juga : Icip Yuk Kuliner Enrekang, Mulai dari Keju Asli Indonesia sampai Nasi dengan Harga Mahal

Es Puter Aneka Rasa

Es Puter Aneka Rasa Pak Min
Es Puter Aneka Rasa Pak Min [image source]
Es puter merupakan kuliner khas Indonesia yang berbahan dasar santan sebagai pengganti susu. Jajanan segar ini juga bisa ditemukan di Surabaya. Saat lewat Jalan Manyar Kertoarjo gang V, jangan lupa mampir dan mencoba Es Puter Aneka Rasa Pak Min. Es jadul ini memiliki banyak pilihan rasa, di antaranya Coklat, Alpukat, atau Ketan Hitam. Seporsinya hanya kisaran 15 ribu rupiah. Kamu juga bisa memesannya di piring dengan tambahan mutiara dan roti. Aduh, langsung pengen deh.

Es Puter Pak Min
Es Puter Pak Min [image source]

Es Krim Berbalut Emas

Gold Yogurt Gelato
Gold Yogurt Gelato [image source]
Nggak cuma masker wajah saja yang terbuat dari emas. Kini ada juga logam mulia yang bisa dimakan. Sour Sally menyuguhkan persembahan mewah untuk para pelanggannya, yaitu Gold Yogurt Gelato. Ice Cream yogurt dengan cone super renyah ini disajikan dengan lapisan emas murni 24K, lho. Menu ini hanya bisa dibeli di hari Jumat dan Minggu. Rasa wajib coba lainnya dari Sour Sally adalah Black Sakura dengan potongan granola yang kriuk dan sehat. Silakan mencicipinya saat jalan-jalan ke Galaxy Mall, ya.

Black Sakura
Black Sakura [image source]

Kolaborasi antara Degan dan Duren

Es Degan Duren
Es Degan Duren [image source]
Siapa yang tak doyan dengan duren? Ada cara baru nih untuk menikmati buah beraroma menggoda ini, lho. Di Jalan Kartini No 102, ada Es Dadu, yaitu kolaborasi Degan dan Durian. Di dalamnya juga terdapat alpukat yang lembut. Kamu juga bisa meminta tambahan buah leci yang segar. Cocok nih dinikmati di siang hari, saat Surabaya sedang panas-panasnya. Jangan datang terlalu sore kalau tak mau kehabisan, ya.

Es Degan Durian, Surabaya
Es Degan Durian, Surabaya [image source]

Es Racikan Rahasia Nyonya Ania

Sop Buah Nyonya Ania
Sop Buah Nyonya Anina [image source]
Meski sedang musim hujan, Ibukota Jawa Timur ini kadang tetap gerah. Jajanan es terasa sempurna di jam berapapun. Jika ingin mencoba berbagai macam jajanan segar, coba mampir ke Poenya Nyonya Anina yang ada di G Walk, Citraland. Sop Buah di sini sangat menggoda dengan isian lengkap, dari melon, semangka, hingga buah naga. Cicipi juga Es Menado-nya yang nikmat dengan lembaran-lembaran buah alpukat. Wah, langsung ngiler lihatnya, deh.

Es Doger Nyonya Ania
Es Doger Nyonya Anina [image source]

Es Khas Makassar di Surabaya

Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo [image source]
Es Pisang Ijo memang salah satu kuliner Makassar yang kini sudah banyak ditemukan di kota lain, termasuk Surabaya. Yang paling terkenal adalah Es Pisang Ijo di Jalan Raya Tenggilis. Dengan harga hanya kisaran 8 ribu rupiah, isiannya cukup lengkap yaitu pisang ijo, fla dari tepung beras, jelly, mutiara, dan susu kental manis. Jangan datang terlalu sore, kadang jam 4 sudah habis, lho. Aduh, nggak cukup 1 porsi nih.

Es Pisang Ijo Tenggilis
Es Pisang Ijo Tenggilis [image source]
Jadi nggak sabar untuk mencicipi kuliner es di atas satu per satu, ya. Bagaimana, mana nih yang sudah pernah kamu coba? Next

ramadan

Kicikan Khas Gunungkidul, Kuliner Jadul yang Lezatnya Nggak Ngibul

Tempat Menginap Bergaya Tradisional dan Bertema Alam di Bandung, Liburan Pun Jadi Semangat