in ,

Kuliner Enak di Gang Gloria, Legendaris dan Tetap Difavoritkan

Kuliner Gang Gloria di Jakarta

Kuliner enak di gang gloria
Kuliner enak di gang gloria

Gloria merupakan salah satu tempatnya kuliner enak di Jakarta berkumpul menjadi satu. Meski gangnya cukup kecil, tapi antusiasme dari pecinta jajanan tak luntur untuk datang ke sini. Selain untuk mengisi perut keroncongan, tidak banyak juga yang rindu dengan makanan legendaris di ini. Wah, lalu apa saja sih kuliner Gang Gloria ini?

Baca juga : 6 Kedai Kopi Legendaris di Pekanbaru, Mulai dari Tahun 50-an Sampai 80-an

1. Kopi Es Tak Kie

Es kopi tak kie
Es kopi tak kie via instagram/@jacksenmenardi

Tempat pertama yang selalu menjadi favorit saat ke Gang Gloria adalah Kedai Kopi Es Tak Kie. Letaknya berada di Gang Gloria No. 4-6. Baik anak muda ataupun bapak-bapak berumur, tak sungkan untuk datang demi menikmati secangkir kopi di sini. Konon, kedai ini sudah ada sejak tahun 1927. Meski telah berganti penerus, cita rasa kopi di sini tak berubah. Hal ini karena racikan yang digunakan tak berubah. Belakangan, kedai ini sudah bisa dibeli dalam kemasan gelas plastik yang praktis dibawa.

2. Soto Betawi Afung

Soto betawi afung
Soto betawi afung via instagram/@beruangrakus

Tak jauh dari kedai kopi Es Tak Kie, ada warung soto betawi yang sudah terkenal seantero Jakarta. Namanya Soto Betawi Afung yang spesial dengan kuah sedapnya. Seporsi menu di sini terdiri dari daging ayam, sapi, jeroan sapi, babat, paru, kikil, hingga urat. Selain itu, juga ada tambahan kentang, emping, dan tomat segar. Nah, isian ini kemudian disiram dengan kuah kaldu bercampur santan serta air rebusan sumsum tulang sapi yang bikin aromanya makin istimewa.

3. Kari Ayam Kari Lam

Kari lam gloria
Kari lam gloria via instagram/@sibungbung

Ujung Gang Gloria, ada tempat makan enak yang rasanya tak kalah menggoda iman. Namanya Kari Ayam Kari Lam yang sudah ada sejak tahun 1973. Menu kari di sini disajikan dalam mangkuk ukuran sedang dengan aneka isi yang bikin ngiler. Di balik kepopulerannya ternyat Kari Lam sudah tiga kali berpindah tempat sejak berdiri. Uniknya, kedai ini hanya berpindah di Gang Gloria saja.

4. Ketupat Gloria 65

Ilustrasi ketupat gloria
Ilustrasi ketupat gloria via instagram/@nina_epicure

Untuk tempat makan ini juga termasuk legendaris di Gang Gloria. Tepatnya, berdiri pada tahun 1960. Meski telah berganti generasi, ternyata rasa yang disajikan di kedai sederhana masih sama dengan aroma yang semerbak. Untuk santan dan ketupat di sini tak jauh beda dengan warung lain. Sedangkan keunikannya berasal dari sambal yang memiliki rasa gurih pedas.

Nah, sudah tahu kan kuliner Gang Gloria yang terkenal enak dan legendaris? Jadi, sudah siap untuk mencoba aneka makanan enak di gang kecil satu ini kan? Next

ramadan

Serunya Explore Alam Malino Bersama Traveling Yuk Community Makassar

Empat Daftar Hotel Bergaya Kolonial Di Malang