in ,

6 Kuliner Kambing Hits di Jawa Tengah, Lezatnya Bikin Ketagihan!

Kuliner Serba Kambing di Jawa Tengah, Lezatnya Gak Cukup Satu Porsi!

Beragam olahan daging kambing telah menghiasi wisata kuliner di Indonesia khususnya Jawa Tengah. Sehingga tidak heran jika Teman Traveler dapat menemukan banyak tempat yang menjual beragam olahan daging kabing mulai dari sate hingga gulai. Tidak sedikit pula warung yang telah berjualan berpuluh-puluh tahun lamanya sehingga dapat digolongkan sebagai kuliner olahan daging kambing yang legendaris di Jawa Tengah. Berikut beberapa lisnya!

Baca juga : Wisata Sehari di Dlingo, Bantul Yogyakarta

1. Sate Buntel Haji Bejo, Solo

Sate Buntel Haji Bejo via Instagram @gastronomy_land

Sate Buntel menjadi salah satu kuliner kambing dengan olahan yang unik di Solo. Daging cincang yang dicampur dengan berbagai macam rempah dan dibungkus dengan lemak kemudian dibakar menggunakan arang. Tekstur yang lembut dan cita rasa yang lezat menjadi magnet wisatawan untuk mencoba khususnya bagi Teman Traveler yang menyukai olahan daging kambing.

2. Sate Klathak Pak Pong, Bantul

Sate Klathak Pak Pong via Instagram @kakefoodie

Banyak dari Teman Traveler mungkin tidak asing dengan kuliner yang satu ini, Sate Klathak Pak Pong jadi incaran banyak orang karena menyuguhkan beragam olahan daging kambing. Beberapa diantaranya ada tengkleng, gulai, hingga sate yang gurih. Kelezatan yang khas ditambah dengan kuliner sate yang tidak berbau jadi alasan mengapa kuliner ini banyak jadi incaran traveler yang berkunjung ke Jawa Tengah.

3. Gulai Kambing Bustaman, Semarang

Gulai Kambing Bustaman via Instagram @kisahkulinerku

Jika ingin menyantap berbagai bagian dari kambing, Teman Traveler bisa berkunung ke Gulai Kambing Bustaman yang berlokasi di belakang Gereja Blenduk, Kota Lama Semarang. Menjadi salah satu pelopor gulai, Bustaman kerap menjadi incaran para pecinta daging di Jawa Tengah. Mulai dari otak, kepala, jeroan hingga kaki kambing yang telah diolah dapat Teman Traveler temukan di sini. Gurih dan pedasnya benar-benar buat ketagihan!

4. Tengkleng Klewer Ibu Edi, Solo

Tengkleng Klewer Ibu Edi via Instagram @papalapar

Olahan kambing yang dibuat menjadi tengkleng bisa Teman Traveler temui di beberapa tempat di Solo, salah satunya adalah Tengkleng Klewer Ibu Edi. Hidangan ini sangat hits terlebih bagi Teman Traveler yang kerap memburu kuliner legendaris di berbagai tempat di Indonesia. Tidak mau bazir, seluruh bagian dari kambing diolah sangat lama dengan campuran 25 macam bumbu halus sehingga membuat cita rasanya sangat kaya dan buat ketagihan!

5. Sate Kambing Muda Batibul Bang Alwi, Tegal

Sate Kambing Muda Batibul Bang Alwi via Instagram @kulinertegal

Tidak hanya populer akan warteg, Tegal juga populer dengan Sate Kambing Muda. Salah satu yang cukup populer adalah Sate Batibul Bang Alwi. Umumnya daging yang digunakan baru berusia tiga bulan sehingga akan menghasilkan tekstur yang lembut dan empuk. Kuliner ini semakin lezat karena diolah dengan menggunakan kecap khas daerah sehingga menghasilkan cita rasa yang juga khas dan tidak kalah nikmat dibandingkan olahan sate di tempat yang lain.

6. Gecok, Tuntang

Gecok Tuntang via Instagram @jeffry_0n0

Kuliner yang satu ini tidak kalah hits dari beragam olahan daging kambing sebelumnya. Oalahan ini berisikan daging, tulang iga hingga jeroan yang dimasak dengan 25 rempah sehingga cita rasanya sangat khas di lidah. Kuliner khas Tuntang, Jawa Tengah ini kabarnya terinspirasi dari jamu sehingga ragam rempahnya bahkan dapat Teman Traveler jumpai di toko yang menjual bahan-bahan jamu. Tidak hanya itu, makanan khas ini juga sangat cocok bagi Teman Traveler yang ingin menambah stamina.

Itulah beberapa kuliner olahan daging kambing yang hits di Jawa Tengah, tidak heran jika banyak youtuber tertarik untuk mencoba beragam kuliner tersebut untuk didokumentasikan. Jika berkunjung atau berlibur ke Jawa Tengah. Mungkin banyak dari Teman Traveler yang tidak suka dengan daging kambing karena wangi khasnya. Namun, ada beberapa kuliner di atas yang tidak berbau sehingga Teman Traveler dapat mencoba kuliner tersebut tanpa ragu. Selamat mencoba! Next

ramadan

Perumahan Spruce Creek, Hampir Setiap Rumahnya Punya Pesawat Pribadi

6 Penginapan dengan Fasilitas Onsen Memanjakan di Pulau Jawa