in ,

13 Kuliner Khas Gresik yang Wajib Dicoba

Gresik adalah kota di Jawa Timur, dengan religiusitas, modernisasi, industri dan tradisi yang berjalan berdampingan. Tak heran jika kota ini terkenal akan industrinya dan wisatanya, mulai dari wisata religi, wisata sejarah, wisata alam dan wisata kulinernya. Untuk kulinernya sendiri kota ini memiliki banyak sekali kuliner yang khas, mulai dari makanan, minuman dan cemilan yang wajib dicoba. Yuk simak ulasan dibawah ini.

Baca juga : Sambal-sambal khas Nusantara yang Enaknya Bikin Nagih, Sudah Coba yang Mana?

1. Pudak

Ilustrasi via instagram oleholehgresik

pertama ada Pudak, kue yang terbuat dari tepung beras, gula pasir atau gula jawa dan santan kelapa. Kue ini dikemas menggunakan pelepah daun pinang, yang disebut “Ope”. Kue ini memiliki beberapa rasa, seperti: pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa), pudak sagu dan pudak hijau (pandan). Kue khas Gresik ini sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan karena rasanya yang enak dan kemasannya yang unik.

2. Jenang Ayas

Ilustrasi via instagram oleholehgresik

Kedua ada Jenang Ayas, jajanan ini mirip jenang pada umumnya yang terbuat dari tepung ketan. jajanan ini berbentuk persegi panjang kecil dengan beberapa warna yang menarik dan taburan wijen, membuat jajanan ini cukup diminati sejumlah orang.

3. Jubung

Ilustrasi via instagram tukang_incip

Ketiga ada Jubung, jajanan ini juga mirip jenang yang terbuat dari ketan hitam dan ditaburi wijen. Umumnya jajanan ini dibungkus selongsong daun pinang muda yang dianyam. Pembuatan jajanan ini biasanya membutuhkan waktu seharian, dari menggiling, merendam ketan, memasak sampai membungkusnya. Tak heran kalau rasanya enak dan legit, karena prosesnya yang lama untuk menghasilkan rasa yang sempurna.

4. Bonggolan

Ilustrasi via instagram kulinergresik

Keempat ada Bonggolan, jajanan unik yang terbuat dari daging ikan, tepung beras, bawang putih dan garam. Semuanya dihaluskan dan diaduk sampai rata, lalu dibungkus daun pisang dan dikukus. Sebelum disajikan biasanya digoreng terlebih dahulu, bisa sampai kering atau setengah kering. Rasanya yang enak, gurih dan teksturnya kenyal, bisa disajikan dengan kuah tauco, bumbu kacang, saos, sambal, dll.

5. Martabak Usus

Ilustrasi via instagram oleholehgresik

Kelima ada Martabak Usus, sama seperti martabak telur tapi bedanya isi usus ayam. Biasanya isi campuran usus ayam, mie putih, kobis, wortel, telor, seledri dan bumbu lainnya, tapi ada beberapa cuma usus ayam yang dibumbui pedas. Sekarang martabak ini tak hanya isi usus ayam, tapi juga ada yang isi bihun, balungan, dll. Biasanya dimakan dengan petis, sambal, saos, dll.

6. Nasi Krawu

Ilustrasi via instagram kulinergresik

Keenam ada Nasi Krawu, kuliner yang wajib dicoba jika ke Gresik. Nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang, membuatnya semakin nikmat. Lauknya bisa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, serundeng dan sambal. Biasanya ada juga yang minta nasi krawu basah, yang ditambahkan kuah pada nasinya.

7. Sego Karak

Ilustrasi via instagram retnoikaw

Ketujuh ada Sego Karak, makanan yang sudah ada sejak zaman kolonial. Nasi putih yang dicampur dengan ketan hitam dengan taburan serundeng dan parutan kelapa, biasanya dimakan dengan lauk gimbal tempe atau balian belut. Disajikan dengan daun pisang, lebih nikmat jika dimakan ketika masih hangat. Bagi yang suka pedas bisa dimakan menggunakan cabe rawit.

8. Sego Rumo

Ilustrasi via instagram foodhastory

Kedelapan ada Sego Rumo, makanan yang cocok buat sarapan. Makanan ini berisi nasi atau lontong, sayur, krupuk, sambal, serundeng dan bubur yang gurih (terbuat dari tepung dan udang). Biasanya disajikan dengan wadah dan sedok yang terbuat dari daun pisang, membuat kelezatannya nambah.

9. Kolak Ayam Sanggring

Ilustrasi via instagram ketikkata

Kesembilan ada Kolak Ayam Sanggring, makanan yang cuma ada pada bulan Ramadan di hari ke-23 menyambut malam lailatul qodar dan telah dilestarikan sejak 496 tahun yang lalu. Kolak ini berbeda dari umumnya, karena berbahan dasar ayam. Ayamnya diolah dengan rempah – rempah dan disuwir – suwir tipis, disajikan dengan sayuran dan kuah. Makanan ini hanya ada di Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Gresik.

10. Gulai Ubus

Ilustrasi via instagram didit_kuswanto

Kesepuluh ada Gulai Ubus, gulai yang dicampur ubus. Ubus sendiri terbuat dari tepung terigu, mentega dan telur, yang dicampur menjadi adonan. Adonan itu dibentuk pipih dan panjang, kalau digoreng mirip roti maryam tapi beda rasanya. Biasanya ubus disajikan dengan gulai kambing, cara makannya ubus dipatahakan kecil – kecil lalu dimasukan ke gulai kambing panas dan ubus akan lembek seperti sagu. makanan ini cocok disajikan saat masih panas.

11. Rujak Blonyo

Ilustrasi via instagram oleholehgresik

Kesebelas ada Rujak Blonyo, kuliner asli masyarakat pesisir Gresik yang berbahan dasar terung laut atau blonyo. Makanan ini mirip masakan jepang karena terung laut atau Blonyo dimakan mentah bersama sayuran yang drebus, kemangi, petis udang dan parutan kelapa yang sudah dibumbui. Namun makanan ini langka karena blonyo hanya dapat ditemukan pada musim tertentu dan tidak semua orang bisa mengelola blonyo.

12. Endok Bader

Ilustrasi via gotravelly

Kedua belas ada Endog Bader, olahan dari telur ikan bader yang lezat. Olahan ini biasanya ditumis, dipepes dan digoreng kering (crispy), biasanya dijadikan lauk makan. Tak hanya telur dari ikan bader yang diolah seperti itu, ada juga telur ikan lainnya.

13. Otak – Otak Bandeng

Ilustrasi via instagram wong_gresik

Ketiga belas ada Otak – Otak Bandeng, makanan khas yang gurih pedas. Olahan ini terbuat dari daging bandeng yang dihaluskan bersama bumbu, setelah dibumbui dimasukkan lagi ke dalam kulit ikan. Sehingga berbentuk seperti bandeng utuh. Otak-otak ini dijual dengan dijepit bambu. Tak hanya otak – otak bandeng saja olahan khas gresik yang terbuat dari ikan bandeng, ada juga bandeng asap, kropok bandeng, gajih pinggir (olahan dari jeroan ikan bandeng), ddl. Tak heran kalau olahan dari ikan bandeng banyak, karena Gresik banyak akan tambak ikan bandengnya.

Demikian ulasan tentang kuliner – kuliner khas gresik yang wajib dicoba, bisa dijadikan daftar destinasi kuliner dan buah tangan Teman Traveler jika ke Gresik. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan ya. Next

Lembah Tepus

Asli Segar, Wisata Alam Lembah Tepus Bogor

Bukit Kayoe Putih di Mojokerto, Rekomendasi Wisata Setelah PPKM