in ,

5 Kuliner Lezat Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

Liburan ke Daerah di Jawa Barat Belum Lengkap Jika Tidak Mencicipi Makanan Khas Suku Sunda!

Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap jika tidak mencoba kuliner khasnya. Begitu pula saat berkunjung ke Bandung atau ke beberapa kota di Jawa Barat yang bersuku Sunda. Beragam kuliner khas Sunda menjadi salah satu incaran wisatawan mulai dari yang berkuah, daging, hingga berbahan dasar unik. Berikut merupakan 5 kuliner lezat khas Sunda yang wajib Teman Traveler coba saat berkesempatan menyapa Kota Kembang.

Baca juga : Pantai Wediawu, Wisata Bahari Lengkap di Sudut Malang

1. Kupat Tahu

Kupat Tahu via Instagram @e_dro

Makanan khas suku Sunda yang pertama adalah Kupat Tahu. Kuliner yang satu ini memiliki aroma yang gurih dan manis. Satu porsi kupat tahu dilengkapi dengan lontong atau ketupat, tauge, tahu lengkap dengan bumbu kacang yang agak encer. Oleh karena itulah makanan ini terasa lebih cenderung berkuah. Kupat tahu banyak dijumpai pada daerah Padalarang yang bisa disantap untuk sarapan maupun makan siang.

2. Gepuk

Gepuk Daging via Instagram @ayudiahrespatih

Gepuk terbuat dari olahan daging sapi. Namanya terinspirasi dengan cara membuatnya yang unik yakni digepuk alias dipukul. Pembuatannya cukup sederhana, daging direbus setengah matang kemudian digepuk setelah itu direbus kembali dengan bumbu dan santan sampai mengering. Proses inilah yang menghasilkan gepuk dengan cita rasa yang lezat dan begitu lembut ketika disantap.

3. Hayam Bakakak

Hayam Bakakak via Instagram @cicibuncits

Hayam Bakakak menjadi kuliner khas sunda berikutnya yang wajib Teman Traveler coba. Kuliner yang satu ini menggunakan bahan dasar ayam utuh telah dibumbui dengan berbagai rempah khas sunda kemudian dipanggang sampai matang. Hayam Bakakak semakin nikmat jika dipadukan dengan nasi hangat.

4. Sega Lengko

Sega Lengko via Instagram @ivan.poo

Kuliner khas sunda berikutnya adalah Sega Lengko yang terbuat dari berbagai bahan sederhana seperti tahu goreng, tempe goreng, mentimun, tauge dan daun kucai. Setelah itu ditaruh di atas nasi hangat kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis. Jika ingin lebih nikmat, menambahkan bawang goreng menjadi pilihan yang sempurna.

5. Tutug Oncom

Tutug Oncom via Instagram @tukangjajanid

Tutug Oncom menjadi makanan khas sunda yang terakhir dan wajib Teman Traveler coba. Kuliner yang satu ini berasal dari daerah Tasikmalaya yang sangat unik karena nasi akan diaduk dengan oncom yang telah dibakar atau digoreng terlebih dahulu sehingga memberikan cita rasa yang unik dan khas. Kuliner ini sangat cocok bila disantap dengan tambahan tempe, ayam maupun ikan asin dan lalapan.

Terdapat beberapa makanan yang kini sudah sangat jarang ditemukan dipinggir jalan. Teman Traveler biasanya bisa menemukan beberapa menu tersebut di restaurant khas sunda khususnya daerah Jawa Barat. Lengkapi liburanmu setelah pandemi dengan berbagai makanan khas daerah yang akan Teman Traveler tuju. Mengenal lebih jauh ragam kuliner nusantara menjadi pilihan yang sempurna! Next

ramadan

Cuma Berjarak 3,8 Km, Dua Pulau Ini Punya Beda Waktu 21 Jam!

Folk Pool & Gardens, Nyantai Asik di Kafe Instagenic Bali!