in , ,

7 Kuliner Legendaris di Jember, Sensasi Enaknya Bikin Ngiler

Pilihan Wisata Legendaris di Jember yang Bisa Dicoba Saat Traveling

Via Instagram santhiserad_food

Menjalankan usaha di bidang kuliner bukanlah suatu hal yang mudah. Diperlukan strategi yang jitu dan perencanaan yang matang agar usaha kuliner tersebut bisa bertahan lama. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali inovasi di bidang kuliner. Tapi ada beberapa usaha kuliner yang dirintis dari beberapa puluh tahun yang lalu, masih tetap bertahan sampai sekarang. Bahkan sudah diwariskan turun temurun dan jadi kuliner legendaris. Tidak terkecuali yang ada di Jember. Inilah kuliner legendaris di Jember yang merupakan rekomendasi dari salah satu kontributor Travelingyuk bernama Ariyanti Dwi Kumalasari.

Baca juga : Lokasi Water Sport yang Memacu Adrenalin di Lombok

1. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok, Via Instagram/dhaniarinta
Soto Ayam Dahlok, Via Instagram/dhaniarinta

Sudah berdiri sejak tahun 1958, Soto Ayam Dahlok berlokasi di Jl. Fatahillah No.1 Jember atau biasa dikenal dengan Gang Dahlok. Menu yang ditawarkan di warung soto ini sederhana, contohnya saja yakni soto ayam biasa, soto ayam istimewa, dan soto ayam campur ati / rempelo (jeroan). Bedanya dengan soto lain adalah penyajiannya yang tak menggunakan koya dan taburan bawang putih goreng yang melimpah sehingga menghasilkan cita rasa kuah soto yang segar di lidah para penikmatnya. Harga untuk seporsi nasi soto di sini berkisar antara Rp12.000 s/d Rp17.000 saja.

2. Gudeg Lumintu

Gudeg Lumintu, Via Instagram/eliho44
Gudeg Lumintu, Via Instagram/eliho44

Berdiri sejak 50 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1968, Nasi Gudeg Lumintu masih bisa mempertahankan eksistensinya. Beralamatkan di Jl. Kertanegara No.33 yang notabene bukan merupakan jalan besar, namun warung Nasi Gudeg Lumintu tak pernah sepi pelanggan. Citarasa gurih-asin yang cocok di lidah masyarakat Jawa Timur, membuat Nasi Gudeg Lumintu selalu diminati hingga saat ini. Di sini juga ada menu spesial yang bisa dicoba, yakni nasi pecel gudeg khas Lumintu. Dengan merogoh kocek sekitar Rp20.000 kamu sudah bisa merasakan lezatnya perpaduan antara nasi gudeg dan pecel yang pastinya sangat menggugah selera.

3. Es Krim Domino

Es Krim Domino, Via Instagram kitakulineran_
Es Krim Domino, Via Instagram kitakulineran_

Es krim legendaris di Jember ini sudah ada sejak 58 tahun yang lalu, tepatnya pada 1960. Awalnya, tempat kuliner ini terletak di daerah Sultan Agung, yang merupakan jantung dari Kabupaten Jember. Namun sekarang mereka sudah membuka cabang yang berlokasi di Jl. Trunojoyo No.40 Jember. Kunci dari eksistensi kedai Es Krim Domino hingga saat ini yakni mereka senantiasa menjaga kualitas. Penggunaan bahan pengawet dan bahan kimia sebisa mungkin mereka hindari, sehingga Es Krim Domino tetap aman untuk dikonsumsi oleh para penikmatnya.

Meskipun termasuk salah satu kuliner legendaris di Jember, tidak serta merta membuat pemiliknya mematok harga yang tinggi. Dengan merogoh kocek sekitar Rp5.000 s/d Rp15.000 kamu sudah bisa menikmati kuliner legendaris ini. Jika kamu ingin mengunjungi kedai Es Krim Domino, jangan lupa untuk mengajak serta keluarga atau teman-teman. Karena disini terdapat kurang lebih sekitar 40 jenis varian es krim yang berbeda. Jangan sampai pulang ke rumah dengan rasa penasaran, ya!

4. Roti Cliiwung

Roti Ciliwung, Via Instagram sya_dev
Roti Ciliwung, Via Instagram sya_dev

Toko Roti Ciliwung atau saat ini dikenal dengan Donat-Roti Ciliwung sudah berdiri sejak tahun 1998. Lokasinya berada di Jl. Ciliwung No. 28 Jember. Sebelum menempati lokasi saat ini, sang perintis yakni Bapak H. Mansur Daeng Rate memulai usahanya dengan berjualan menggunakan rombong (gerobak). Letaknya yakni di depan Redjo Rental, dekat dengan lokasi tokonya saat ini. Selain rotinya yang melegenda, ciri khas dari produk Donat-Roti Ciliwung ini, yakni mereka senantiasa menggunakan isian roti yang dibuat sendiri (tidak menggunakan isian pabrik). Sehingga rasa dan kualitasnya selalu terjamin. Harga yang dipatok juga termasuk murah, sekitar Rp3.000 s/d Rp13.000.

5. Pecel Bu Darum

Pecel Bu Darum, Via Flickr.com
Pecel Bu Darum, Via Flickr.com

Warung Pecel Bu Darum merupakan salah satu kuliner yang melegenda di Kabupaten Jember. Lokasinya berada di Jl. Gajah Mada No.23, Jember. Tampak luar, sekilas warung Pecel Bu Darum ini sudah modern. Namun jika masuk ke dalam warung, kamu bakal disuguhkan dengan interior warung yang sangat klasik, khas jaman dahulu.

Jika kebanyakan warung nasi pecel menggunakan ayam sebagai lauk utamanya, di sini menu andalannya adalah nasi pecel dengan lauk empal. Selain itu juga ada menu nasi rawon dan juga soto babat yang tidak kalah favorit. Dan yang paling unik, di sini kamu juga bisa menikmati nasi pecel dengan kuah kare. Harga yang ditawarkan juga sangat ekonomis. Mulai Rp15.000 s/d Rp20.000.

6. Bubur Ayam Hj. Sundari

Bubur Ayam Hj. Sundari, Via Pictame/jocelyn.joice
Bubur Ayam Hj. Sundari, Via Instagram/jocelyn.joice

Kuliner selanjutnya adalah Bubur Ayam Hj. Sundari. Lokasinya berada di Jl. Teuku Umar No.30, Jember. Bubur Ayam Hj. Sundari ini sebenarnya berpusat di Surabaya. Tepatnya di Jl. Ngagel Tama No.19, Surabaya. Namun, beliau memutuskan untuk membuka cabang di Kabupaten Jember, yang sudah berdiri sejak tahun 1988.

Selain menu bubur ayam, di sini juga menyediakan menu masakan lainnya seperti pangsit, bakwan, nasi goreng, nasi rawon, nasi kare, bahkan nasi soto ayam. Namun, tetaplah yang menjadi primadona adalah menu bubur ayamnya. Citarasa khas bubur ayam yang fenomenal membuat warung Bubur Ayam Hj. Sundari masih dicintai oleh para penikmatnya hingga saat ini. Harga yang ditawarkan pun sangat variatif namun tetap ramah di kantong, yakni sekitar Rp8.000 s/d Rp15.000.

7. Angsle-Ronde Citarum

Angsley, Via Instagram/vonnygoz
Angsley, Via Instagram/vonnygoz

Last but not least adalah Angsle-Ronde Citarum. Lokasinya berada di Jl. Citarum, Jember. Dalam seporsi angsle ada kuah santan yang dicampur dengan ketan, roti, mutiara, kacang, melinjo, dan isian lainnya sesuai selera.  Kuliner yang satu ini hanya bisa kamu temukan di malam hari, ya. Dikarenakan Angsle-Ronde biasanya disajikan ketika masih hangat, sehingga sangat cocok saat dinikmati pada malam hari.

Itulah tadi 7 wisata kuliner legendaris di Jember yang masih eksis hingga saat ini. Jika kamu penasaran dengan rasanya, sempatkan untuk berkunjung ke Jember dan mencicipi kuliner legendarisnya. Next

ramadan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Perkembangan Travel Advice Pasca Bom di Surabaya

Pilihan Hotel di Klaten, Betah dan Bisa Bikin Males Pulang