in ,

5 Kuliner Majalengka yang Enak untuk Puaskan Lidah

Kuliner Enak di Majalengka

Kuliner Majalengka

Mari bertandang ke Majalengka, Kota Angin yang memiliki banyak makanan khas. Semuanya enak-enak dan bikin lidah puas. Kamu bisa mencoba surabi oncom atau berburu buah durian rasa ‘surga’. Travelingyuk telah mengumpulkan beberapa pilihan kuliner Majalengka yang nikmat. Langsung saja, berikut ini ulasannya.

Baca juga : Kuliner Khas Ende NTT, Citarasa Istimewa dan Nendang di Lidah

1. Surabi Oncom

Surabi Oncom
Surabi Oncom via Instagram/@tokofadia_

Surabi memang banyak ditemukan di berbagai kota. Seperti Bandung dan Solo. Begitu juga dengan Majalengka, tapi surabi yang ada di sini dibuat dengan bahan oncom. Rasanya gurih dan bikin kenyang. Bentuknya kecil-kecil dan dimasak dengan kayu atau bara api. Surabi Oncom ini, paling enak disantap dengan sambal. Apalagi dalam keadaan masih hangat.

Surabi Oncom Majalengka
Surabi Oncom Majalengka via Instagram/@demutsari

2. Tutut

Ilustrasi tutut Majalengka via
Ilustrasi tutut Majalengka via mahamerufmliwa.blogspot.com

Olahan tutut atau binatang bercagnkang sejenis keong juga banyak ditemukan di Majalengka. Di Warung-warung makan, kamu bisa mencoba sayur tutut yang dimasak dengan bumbu. Biasanya hidangan ini juga disantap sebagai camilan. Tak perlu nasi, kamu tinggal memakannya sambil berbincang dengan keluarga.

Ilustrasi tutut Majalengka via
Ilustrasi tutut Majalengka via totalresep

3. Nasi Lengko

Ilustrasi Nais Lengko di Majalengka
Ilustrasi Nais Lengko di Majalengka via Snap361

Nasi lengko ini sebenarnya adalah kuliner yang lumrah ditemukan di wilayah Pantai Utara Jawa. Seperti Cirebon, Indramayu, hingga Brebes. Termasuk juga Majalengka. Namun nasi lengko di Kota Angin tersaji dengan rasa yang khas. Karena memang bumbu yang digunakan lebih beragam.

Ilustrasi Nais Lengko di Majalengka
Ilustrasi Nais Lengko di Majalengka via  Kaskus

4. Durian Majalengka

Durian Khas Majalengka
Durian Khas Majalengka via Instagram/@onisuryantini_

Ke Kota di Jawa Barat ini rasanya tak lengkap jika tidak berburu Durian. Dari Dulu, Majalengka memang terkenal sebagai salah satu sentra pembibitan buah. Dari mulai jambu air, hingga durian. Kamu bisa mendatangi tempat seperti Durian Sinapeul Shakila di Jalan Raya Rajagaluh, Ujungberung, Sindangwangi. Kamu bisa mencoba macam-macam durian seperti perwira, Siriwig, Bokor, dan Cangpis.

Durian Khas Majalengka
Durian Khas Majalengka via bibitdurian.biz

5. Jalakotek

Jalakotek Majalengka
Jalakotek Majalengka via Instagram/@yogie.ginan

Jangan lewatkan juga untuk mencicipi dan membawa pulang Jalakotek. Jajanan khas ini dibuat dengan mengkombinasikan bumbu dengan berbahan aci dan tahu. Bentuknya menyerupai pastel dan paling nikmat kamu santap saat masih hangat. Kamu bisa pesan kuliner ini di media sosial seperti Instagram. Biasanya kuliner ini dijual dengan gerobak kaki lima.

Jalakotek Majalengka
Jalakotek Majalengka via Instagram/@uwiemonica

Itulah beberapa kuliner Majalengka yang saat ini juga sudah semakin langka. Kamu punya menu favorit lainnya? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya! Next

ramadan

Gua Agung Garunggang, Surga Tersembunyi di Sentul Bogor

Bikin Geram, Penumpang Air Asia Tidur di Seluruh Deretan Kursi Pesawat