in ,

Kuliner Pacitan dengan Nama yang Aneh, Sudah Pernah Coba?

Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal akan keindahan objek wisata goanya. Tak hanya itu saja, ternyata kuliner di kampung halaman Susilo Bambang Yudhoyono ini juga beragam. Beberapa di antaranya juga terbilang unik karena memiliki nama aneh. Berikut ini daftarnya!

Baca juga : Legit, Resto Nuansa Alam dengan Ragam Menu Indonesia

Punten

Ilustrasi Nasi Punten
Ilustrasi Nasi Punten [image source]
Kuliner pertama dengan nama aneh ini adalah Punten. Terbuat dari beras yang dimasak dengan santan, daun salam serta garam. Kemudian olahan tersebut ditumbuk hingga halus dan kemudian dipotong kotak untuk disajikan. Selain langsung dimakan, beberapa di antaranya juga dipadukan dengan pecel. Tentu saja perpaduan makanan ini tak mengurangi cita rasa dari Punten.

Ilustrasi Sego Punten
Ilustrasi Sego Punten [image source]

Sayur Kalakan

Ilustrasi Sayur Kalakan Pacitan
Ilustrasi Sayur Kalakan Pacitan [image source]
Bukan jenis makanan berisi sayur, ternyata berupa camilan dari ikan. Dibuat dari olahan ikan hiu yang diiris tipis dan ditusuk menyerupai sate. Biasanya ikan hiu ini telah diasap sebelum dijual. Rasa dari Kalakan memang lezat dan tentu saja berbeda dengan hidangan laut biasanya.

Ilustrasi Sayur Kalakan
Ilustrasi Sayur Kalakan [image source]

Kue Bajingan

Putri Gunung
Putri Gunung [image source]
Pernah dengar jenis camilan satu ini? Ya, Bajingan merupakan salah satu kuliner sederhana khas Pacitan. Beberapa orang juga menyebutnya dengan nama Putri Gunung yang terbuat dari ketela pohon yang dicampur dengan santan dan gula jawa. Meski sederhana, ternyata pembuatannya membutuhkan waktu cukup lama sekitar 7 jam.

Ilustrasi Kue Bajingan
Ilustrasi Kue Bajingan [image source]

Nasi Thiwul

Sego Thiwul
Sego Thiwul [image source]
Saat liburan ke Pacitan kurang lengkap jika belum mencoba Nasi Thiwul. Kulinernya terbuat dari gaplek atau ketela pohon yang telah dikeringkan. Ada kandungan kalori yang rendah dan dapat dijadikan bahan makanan pengganti padi. Nasi Thiwul satu juga biasa disajikan dengan sambal terasi, urap dan ikan laut goreng. Sudah pernah coba?

Ilustrasi Sego Thiwul
Ilustrasi Sego Thiwul [image source]
Itulah dia kuliner dengan nama aneh di Pacitan yang lezatnya bikin ketagihan. Bagaimana, siap berburu makanan di kota Jawa Timur satu ini? Next

ramadan
Pelaku tipu-tipu bersama barang bukti.

Waspadalah Kalau Tidak Ingin Tertipu Voucher Wisata Seperti di Yogyakarta Ini

Pikir Ulang Kalau Mau Liburan ke Thailand Oktober Ini