in ,

Kuliner Pasar ala Jogja, Dijamin Kenyang Saat Liburan Panjang

Kuliner di 4 Pasar Jogja

Kuliner Pasar Jogja via Instagram @giatmakan
Kuliner Pasar Jogja via Instagram @giatmakan

Teman Traveler siapa,nih, yang liburan panjang di Jogja. Mumpung lagi di sana, jangan sampai kelupaan buat cobain beragam makanannya, ya. Pengin sekalian merasakan suasana berbeda? Coba aja kuliner yang ada di Pasar Jogja. Mulai dari Beringharjo sampai Pasar Legi Kotagede.

Baca juga : Situ Wulukut, Nirwana Tersembunyi di Hutan Perhutani Kuningan

Pasar Beringharjo

Sate Kere via Instagram @jajanyogya
Sate Kere via Instagram @jajanyogya

Pasar Beringharjo terletak di kawasan Malioboro, sehingga ia juga menjadi salah satu jujugan wisata. Teman Traveler dapat menjajal beragam kuliner pasar Beringharjo yang populer di Jogja ini. Di antaranya sate kere Mbah Suwarni, gudangan, mie pentil, dan soto pithes.

Selain makanan bercitarasa gurih, ada juga yang manis misalnya es dawet, kue kipo, dan roti kolombeng. Kalau kulineran di Pasar Beringharjo, Teman Traveler tidak perlu khawatir kehabisan uang. Harga makanan di sana cukup terjangkau, mulai dari Rp5 ribuan saja.

Pasar Legi Kotagede

Kuliner Pasar Jogja
Legomoro via Instagram @mosyakur

Teman Traveler juga akan menemukan banyak kuliner di Pasar Legi Kotagede. Sebut saja kue kipo yang memang khas Kotagede, ada juga gethuk tolo, growol, dan ketan cenil.

Kalau mau penganan yang lebih berat cobain legomoro yaitu ketan putih diisi daging ayam. Bentuknya mirip dengan lemper. Hanya saja legomoro berbentuk segitiga, dibungkus daun pisang dan diikat dengan bilah bambu.

Pengin cobain minuman sehat? Nah jamu juga bisa ditemukan di Pasar Legi Kotagede, loh. Mulai dari beras kencur sampai uyup-uyup. Kulineran di sini? Cukup siapkan modal Rp50 ribuan, sudah bisa menjajal lebih dari 5 jenis kuliner. Pasar ini sendiri berada di Jalan Mentaok Raya, Purbayan.

Pasar Pathuk

Nasi Kuning via Instagram @naskunpal
Nasi Kuning via Instagram @naskunpal

Pasar satu ini berada dekat dengan pabrik Bakpia Pathuk 25 yang populer itu. Kalau mau kulineran di Pasar Pathuk Jogja, Teman Traveler dapat menjajal macam-macan makanan enak mulai dari camilan sampai yang mengeyangkan. Di antaranya kue rangi, jenang gempol, dan martabak telur puyuh.

Lagi lapar banget? Tenang ada nasi langgi Mbak Muna, nasi kuning Pasar Pathuk, dan sate ayam. Teman Traveler harus sediakan budget setidaknya Rp20 ribuan. Biar puas jajan.

Pasar Lempuyangan

Jenang Bu Gesti via Instagram @giatmakan
Jenang Bu Gesti via Instagram @giatmakan

Selanjutnya adalah kuliner Pasar Lempuyangan, mulai dari makanan manis sampai gurih. Teman Traveler jangan sampai melewatkan menyantap bubur jenang Mbak Gesti dan lupis Bu Suharti. Setelah itu bisa dilanjut makan soto lenthok Pak Yono dan soto plus tongseng di depan pasar. Teman Traveler hanya perlu membayar mulai dari Rp5 ribuan. Pasar Lempuyangan ini berada di Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan.

Jadi pengin kulineran, kan? Berencana berkunjung ke pasar yang mana dulu, nih? Next

ramadan
Hotel dengan kolam renang di Surabaya

Hotel Murah dengan Kolam Renang di Surabaya, 200 Ribuan Langsung Byur!

Keindahan di sekitar Pantai Gondo Mayit

Pesona Pantai Gondo Mayit yang Tak Seseram Namanya