in ,

Kuliner Populer di Kotagede Jogja, Makan Enak Sembari Berburu Kerajinan Perak

Inilah Daftar Kuliner Populer di Kotagede Jogja yang Bikin Ketagihan

Bakmi Jowo, Via Instagram/afirahma
Bakmi Jowo, Via Instagram/afirahma

Kotagede, Jogjakarta selama ini terkenal sebagai pusatnya pengrajin perak. Keberadaan para pengrajin perak ini tidak terlepas dari pengaruh VOC pada zaman dahulu. Ternyata banyak orang-orang Belanda dan VOC yang singgah ke Jogja dan memesan berbagai alat rumah tangga dari perak. Karena itulah, sampai sekarang ini banyak sekali pernak-pernik perak yang bisa dibeli. Sembari berburu kerajinan perak, berikut ini akan diberikan rekomendasi kuliner populer di Kotagede. Kulineran sembari berburu kerajinan perak.

Baca juga : Arti Pose Patung Kuda, Nggak Hanya Pajangan Semata

Bakmi Mbah Gito

Bakmi Mbah Gito, Via Instagram/balikpapanlicious
Bakmi Mbah Gito, Via Instagram/balikpapanlicious

Bakmi Mbah Gito merupakan salah satu yang cukup populer di Kotagede. Pilihan menu yang ditawarkan beragam, ada bakmi, nasi goreng, capcay, ayam rica-rica dan lain sebagainya. Keunggulan bakmi di sini adalah menggunakan telur bebek sehingga memberikan citarasa yang gurih. Lokasinya berada di Jl. Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kotagede. Sementara itu untuk harganya, seporsi bakmi di sini dibanderol mulai dari Rp25.000 sampai dengan Rp35.000.

Sate Karang Pak Prapto

Sate Karang Pak Prapto, Via Instagram/javafoodie
Sate Karang Pak Prapto, Via Instagram/javafoodie

Selanjutnya ada Sate Karang Pak Prapto yang benar-benar legendaris. Menu utamanya adalah sate sapi yang diberi lontong sayur. Lokasinya berada di Lapangan Karang Koregede, buka setiap hari mulai pukul 17:00 – 01:00 dini hari. Untuk harganya, seporsi sate dibanderol Rp23.000, sementara untuk lontong sayurnya sendiri Rp10.000, berlaku per November 2018. Jangan lupa mencicipi jika sedang jalan-jalan ke Kotagede.

Sate Sapi Pak Cipto

Sate Sapi Pak Cipto, Via Instagram/mahasiswakulineran
Sate Sapi Pak Cipto, Via Instagram/mahasiswakulineran

Selain Pak Prapto, ada pula Sate Sapi & Lontong Sayur Pak Cipto yang juga tidak kalah legendaris. Sate ini sudah ada sejak 1945. Untuk menunya juga merupakan perpaduan antaran sate dan juga lontong sayur yang dipatok harganya Rp33.000. Lokasinya berada di Jl. Kemasan No. 9, Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk jam bukanya, mulai pukul 12:30 sampai dengan 23:00 WIB.

Warung Sate & Gulai Kambing “Mbah So”

Gulai di Mbah So, Via Instagram/mustfree
Gulai di Mbah So, Via Instagram/mustfree

Lokasi lainnya adalah Warung Sate & Gulai Kambing “Mbah So” yang juga legendaris. Warungnya berada di Jl. R. Ronggo No. 33 yang populer dengan menu satenya. Buka setiap hari mulai pukul 09:00 – 16:00. Untuk pilihan menunya, adalah tengkelng, gulai kambing, nasi goreng, dan lain-lain. Sementara itu untuk harganya mulai dari Rp25.000.

Soto Lumayan Kang Sarman

Soto Lumayan Kang Sarman (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Soto Lumayan Kang Sarman (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Soto Lumayan Kang Sarman berlokasi di Jl. Kemasan, Kotagede, Jogja. Ini merupakan tempat makan yang biasa dibilang selalu ramai. Salah satu daya pikat utamanya adalah kuah bening yang khas soto Jogja. Di dalamnya terdapat isian yang standar, mulai dari potongan ayam, lentok, bihun, taoge, tomat, dan tak ketinggal irisan seledri. Untuk harganya, Rp13.000 saja seporsi sotonya.

Warung Es Sido Semi

Warung Es Sido Semi, Via Instagram/javafoodie
Warung Es Sido Semi, Via Instagram/javafoodie

Lalu ada pula Warung Es Sido Semi yang terletak di belakang SMA Muhammadiyah Empat, Kotagede. Begitu khas Kotagede, tempat kuliner satu ini memiliki arsitektur jadul dan kerajinan perak. Bukanya mulai dari jam 10:00 sampai dengan 17:00 WIB. Menu makanan di sini antara lain bakso, es kacang ijo, es limun sar saparilla, es buah, dan lain-lain. Sementara untuk harganya, di bawah Rp10.000.

Meskipun seru berburu kerajinan perak, jangan lupa untuk makan ya Teman Traveler. Rekomendasi di atas bisa menjadi jujukan. Liburan memang penting namun makan haruslah jadi hal utama. Betul nggak? Next

ramadan
Outfit Stylish ala Marsha Aruan

10 Inspirasi Outfit Liburan Marsha Aruan Saat Cuaca Dingin, Hangat dan Keren Bersamaan

Eastern Kopi TM

Eastern Kopi TM, Sajikan Menu Istimewa Bonus Suasana Menyatu dengan Alam