in , ,

Papeda SD hingga Otak Mercon, Simak Uniknya Kuliner Sunmor UGM

Deretan Kuliner Unik di Pasar Kaget Sunmor UGM

Dimsum Sehat ala Sunmor UGM
Dimsum Sehat ala Sunmor UGM (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sebagian Teman Traveler pasti tak asing dengan ‘Sunday Morning’ atau Sunmor UGM. Sesuai namanya, pasar kaget ini hadir tiap Minggu pagi di kawasan UGM dan UNY, tepatnya di Jalan Notonagoro-Lingkar Timur UGM. Lokasi ini kerap jadi andalan mahasiswa perantauan untuk mencari makanan murah. Memang di sini Teman Traveler juga bisa menemukan pakaian, alat rumah tangga, dan beragam asesoris. Namun yang selalu jadi incaran para pengunjung adalah kulinernya. Nah, berikut adalah rekomendasi jajanan Sunmor UGM yang patut kalian coba.

Baca juga : Tips Menggunakan Transportasi Darat di Bangkok, Dijamin Nggak Nyasar

Sate Pentul

Sate Pentul (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sate Pentul adalah salah satu jajanan paling laris di Sunmor UGM. Dibanding pentol, sate ini hadir dengan ukuran lebih besar. Tak sekedar dominan tepung, gurih dagingnya pun cukup terasa.

Seporsi Sate Pentul dijual seharga Rp10.000 dan terdiri dari tiga tusuk sate. Jika ingin merasakan sensasi pedas, Teman Traveler bisa request agar sate dicelup saus sambal. Pedasnya dijamin bakal bikin lidah bergoyang.

Pempek Panggang

Pempek panggang (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Penggemar pempek wajib coba makanan satu ini. Beda dengan pempek biasa, pempek ini dipanggang atau sering dikenal dengan istilah tunu. Termasuk unik dan masih jarang ditemui di Jogja, apalagi penjualnya juga asli Palembang.

Aroma dari proses pemanggangan saja sudah begitu menggugah selera. Sebelum disantap, pempek akan dibelah untuk dilumuri bumbu bercita rasa ebi. Tambah nikmat jika dicocol sambal.

Pempek nikmat ala Sunmor ini bisa Teman Traveler dapatkan dengan merogoh kocek Rp10.000 saja (empat buah). Jadi kalian tak perlu jauh-jauh terbang ke Palembang hanya untuk nikmati pempek panggang.

Dimsum Sehat

Dimsum sehat (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Ingin mencicipi kudapan dengan cita rasa Tiongkoko? Teman Traveler bisa menjajal Dimsum Sehat yang dibanderol hanya Rp10.000 per porsi. Kalian bakal mendapat lima varian dimsum, yakni siomay, tempura, chikuwa, dan fish ball.

Disajikan hangat di atas kukusan, Dimsum Sehat kerap jadi salah satu favorit pengunjung Sunmor UGM. Penjualnya bahkan mengaku sudah berhasil menjual 50 paket, meski kala itu waktu baru menunjukkan pukul 09.00. Tertarik mencoba, Teman Traveler?

Otak-Otak Mercon

Otak-otak mercon (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Ingin menikmati cemilan pedas lainnya? Langsung saja meluncur ke Rajo Kebab. Jangan tertipu namanya ya, sebab kuliner sunmor UGM satu ini juga menyajikan otak-otak mercon yang tak kalah nikmat untuk dicicipi.

Dari namanya saja, otak-otak mercon sudah kedengaran beda dari panganan sejenis. Disajikan bersama kuah sambal super pedas, seporsi sajian ini bisa ditebus dengan bermodal Rp5.000 saja. Lidah Teman Traveler bakal dimanjakan rasa gurih dan sambal yang seolah menyatu dalam mulut.

Papeda SD

Papeda SD (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jangan salah ya Teman Traveler, papeda di sini bukan makanan berbahan sagu khas Indonesia timur. Papeda SD lebih menyerupai telur gulung, dengan bahan sederhana telur puyuh dan tepung terigu. Sebelum digulung, adonan ditaburi bumbu bubuk rasa balado, rumput laut, jagung bakar, atau pedas.  

Papeda aneka rasa (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Teman Traveler bisa request beberapa macam rasa sekaligus dalam satu porsi. Papeda ala-ala ini kian nikmat disantap selagi panas. Satu tusuknya cukup murah, dibanderol Rp2.000 saja. Bagaimana, kalian sanggup habiskan berapa tusuk?

Terang Bulan Djadoel

Terang bulan Djadoel (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Teman Traveler bisa menemukan beberapa penjual menjajakan kue yang sempat populer beberapa dekade lalu ini. Biasanya mereka menggunakan sepeda dengan gerobak kecil.

Proses pembuatannya cukup sederhana. Pertama kue mirip pancake diolesi mentega, sebelum diberi meses coklat dan ditabur gula putih. Agar semakin mantap, ditambahkan susu kenta manis coklat.

Penyajiannya tak kalah simpel, cukup dilipat dan digunting menjadi beberapa potongan. Hanya dengan bermodal Rp6.000, Teman Traveler sudah bisa mendapatkan Terang Bulan Djadoel dengan ukuran besar dan topping melimpah.

Sate pentul, jajanan favorit Sunmor UGM (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagaimana Teman Traveler, sudah cukup ngiler dengan deretan kuliner sunmor UGM? Ingat, ini baru sebagian kecil dari kuliner yang ada di Sunmor UGM ya. Masih ada banyak camilan dan masakan lezat yang bisa kalian cicipi di sini.

Coba deh, ajak teman atau keluarga berburu kuliner di Sunmor UGM. Langsung datang ke kawasan kampus UGM mulai pukul 06.00 dan siapkan uang lebih, siapa tahu kalian kalap. Selamat mencoba Teman Traveler! Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Bukit Cantik di Pacitan

Tak Hanya Pantai dan Goa yang Ditawarkan, Ini Bukit-bukit Cantik di Pacitan

Grand Palace

Rekomendasi Wisata Sekitar Chao Praya, Susur Sungai Kagumi Bangkok