in , ,

Rekomendasi Wisata Sekitar Chao Praya, Susur Sungai Kagumi Bangkok

Asyiknya Berwisata Sembari Susuri Sungai Chao Praya Bangkok

Grand Palace
Grand Palace via Pixabay

Chao Praya adalah sebuah sungai yang membela kawasan metropolitan Bangkok. Panjang alirannya mencapai hampir 372 kilometer danĀ  bermuara di Teluk Thailand. Sungai ini memberi manfaat besar bagi warga sekitar, mulai dari transportasi, irigasi pertanian, hingga sarana pariwsata.
Kawasan wisata Chao Praya dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Baca juga : Restoran Single di Seoul, Cocok Kalau Lapar Tapi Pengin Sendiri

Dermaga Pusat (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Teman Traveler bisa merasakan asyiknya menumpang boat express sembari melihat-lihat destinasi menarik di Bangkok. Kalian tinggal menuju Dermaga Utama atau Central Pier dan menumpang perahu sewaan untuk merasakan sensasi menarik ini.

Suasana di dalam Boat Express (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Nah, berikut adalah rekomendasi beberapa tempat wisata menarik yang bisa Teman Traveler sambangi di Chao Praya dan sekitaran Bangkok.

Wat Arun

Salah satu sudut Wat Arun (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Wat Arun atau Candi Fajar berada di Distrik Bangkok Yai, Bangkok, Thailand. Candi Buddha ini bisa Teman Traveler temukan di barat hulu Chao Praya. Mengusung nama resmi Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara, struktur unik ini terinspirasi dari Aruna, sosok yang dipercaya sebagai Dewa Fajar oleh masyarakat Negeri Gajah Putih.

Wat Arun merupakan salah satu kuil paling menakjubkan di Bangkok. Selain berada di tepi sungai, desainnya juga cukup berbeda dibanding kuil lain. Sebagian besar kompleknya terdiri dari menara warna-warni, nampak berdiri anggun di atas air.

Wat Arun dilihat dari Chao Praya (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Destinasi ini cukup mudah dijangkau. Teman Traveler tinggal berangkat naik perahu dari Dermaga utama Sapphan Taksin menuju Dermaga Than Tien. Berikutnya lanjutkan perjalanan menumpang perahu kecil dengan tarif THB 3. Sementara tiket masuk kuil harganya sekitar THB 100.

Grand Palace

Salah satu sudut Grand Palace (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Liburan Teman Traveler di Bangkok takkan sempurna jika belum menyambangi Grand Palace yang mempesona dan spektakuler. Salah satu landmark terkenal Thailand ini dibangun pada 1782 dan berfungsi sebagai istana kerajaan dan pusat administrasi pemerintahan.

Tempat ini sekaligus menjadi jejak kejayaan Kerajaan Siam dan terdapat banyak bangunan megah di dalam kompleknya. Salah satunya adalah Wat Phra Kaew, kuil yang memiliki Zamrud Buddha dari Abad ke-14. Konon koleksi ini begitu terkenal dan dihormati oleh warga Thailand.

Kawasan Grand Palace dikeliling tembok yang menjulang tinggi hingga 1,9 kilometer. Landmark yang berada di dekat Sungai Chao Praya ini memiliki tiga bagian: depan, tengah, dan dalam. Bagian depan digunakan sebagai kantor sejumlah kementrian, sementara bagian tengah terdiri dari tiga gedung yang digunakan Raja untuk melakukan tugas kenegaraan. Sayangnya, hanya dua yang dibuka untuk publik.

Bagian dalam berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan dan menyerupai kota kecil. Meski kini sudah tak ada yang menghuni, kawasan ini juga tertutup untuk umum. Biasanya sering digunakan untuk melaksanakan seremoni keluarga kerajaan maupun jamuan kenegaraan.

Teman Traveler bisa mencapai Grand Palace dengan menumpang express boat dari Dermaga Utama menuju Dermaga Tha Tien. Berikutnya kalian hanya tinggal berjalan kaki sedikit. Sementara itu, biaya masuk komplek Istana sekitar THB 500 untuk tiket terusan.

Wat Pho

Patung Buddha Berbaring
Patung Buddha Berbaring (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kuil yang juga biasa disebut Wat Phra Chetuphon atau Kuil Buddha Berbaring ini berada di belakang Kuil Buddha Zamrud. Termasuk salah satu destinasi yang wajib dikunjungi kala berada di Bangkok.

Salah satu komplek candi terbesar di ibu kota Thailand ini memiliki sebuah Patung Buddha raksasa dengan pose berbaring. Panjangnya mencapai 46 meter dan dilapisi corak emas.

Komplek Wat Pho (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Wat Pho hanya berjarak sekitar 10 menit jalan kaki dari Grand Palace. Di sini Teman Traveler juga bisa merasakan sensasi thai massage alias pijat tradisional ala Thailand. Sejak lama kawasan ini memang dianggap sebagai salah satu sekolah pijat terbaik di Negeri Gajah Putih.

Tertarik berkunjung? Sejak Desember 2012 tiket masuk tempat ini dihargai THB 100. Mereka siap menyambut pengunjung mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Asiatique

Asiatique menggabungkan dua pengalaman belanja populer di Bangkok, yakni pasar malam dan mal. Di komplek yang menyerupai gudang besar ini, Teman Traveler bisa menemukan lebih dari 1.500 butik dan 40 restoran. Buka mulai pukul 17.00, kalian bakal betah menghabiskan malam di sini.

Rasakan serunya berburu barang fashion favorit di aneka butik, menyantap beragam sajian lezat, hingga menikmati pertunjukan menghibur dari kabaret Calypso Ladyboy. Dijamin Teman Traveler bakal puas.

Jika ingin berkunjung ke kawasan wisata Thailand ini, Teman Traveler bisa naik skytrain menuju Saphan Taksin dan lanjutkan dengan shuttle boat gratis di ujung dermaga. Perjalanan hanya akan memakan waktu 10 menit. Oh ya, kapal tersebut bakal beroperasi hingga 23.00, jadi kalian tak perlu terlalu buru-buru.

Itulah sedikit rekomendasi wisata sekitar Chao Praya yang bisa Teman Traveler sambangi. Bagaimana, adakah yang menarik minat kalian? Next

ramadan
Dimsum Sehat ala Sunmor UGM

Papeda SD hingga Otak Mercon, Simak Uniknya Kuliner Sunmor UGM

Lemah Rubuh di Bantul

Lemah Rubuh di Bantul, Berpanoramakan Tebing Cantik Berpadu dengan Lekukan Sungai Oya