in , ,

Nostalgia Kuliner Tradisional di Pasar Malam Sekaten Jogja, Mana Favoritmu?

Enaknya Kuliner Tradisional di Pasar Malam Sekaten yang Tak Boleh Terlewatkan

Kuliner Pasar Malam Sekaten
Kuliner Pasar Malam Sekaten (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Satu hal yang tak boleh dilewatkan ketika datang ke Pasar Malam Perayaan Sekaten adalah berburu kuliner. Ratusan stand atau lapak penjaja kuliner tersebar di area Alun-Alun Utara Yogyakarta. Jenisnya pun beragam, dari makanan ringan hingga berat dan kuliner tradisional sampai yang kekinian. Ingin bernostalgia dengan jajanan jadul? Berikut kuliner tradisional di Pasar Malam Sekaten yang sudah dicoba Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Baca juga : Bukit Merese, Primadona di Lombok Tengah

1. Sego Gurih

Aneka lauk sego gurih oleh Annissa Saputri
Aneka lauk sego gurih (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Dari dulu keberadaan sego gurih memang selalu dinanti-nanti. Banyak yang berpendapat bahwa belum lengkap jika ke Sekaten tapi tidak makan sego gurih yang merupakan menu khas dari pasar malam tersebut. Bagi masyarakat Jogja, kuliner ini merupakan wujud ungkapan syukur. Tak jarang sego gurih hadir di upacara syukuran atau selamatan, termasuk juga Sekaten ini. Sudah ngiler mau coba menu ini kan?

Sego gurih komplit oleh Annissa Saputri
Sego gurih komplit (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Untuk bisa mendapatkan sego ini,cukup merogoh kocek Rp10.000 per porsi, sudah lengkap dengan lauk pauknya. Cita rasa nasinya,\ gurih karena dimasak dengan santan. Makin sempurna dengan pelengkapnya seperti suwiran ayam kampung, potongan telur dadar, sambal krecek, ebi, kacang tanah, kacang kedelai hitam, serta lalapan seperti timun, kemangi, dan irisan kubis. Mantap kan?

2. Arum Manis

Arum manis oleh Annissa Saputri
Arum manis (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Jajanan yang selalu hadir di pasar malam adalah arum manis. Dengan warna yang cerah seperti merah jambu, hijau, atau biru, jajanan ini mampu menarik hati khususnya anak kecil. Meski di Sekaten juga banyak lapak yang menjual arum manis kekinian atau arum manis yang telah dikreasikan, tapi yang jadul masih tetap eksis. Dikemas dengan plastik bergambar tokoh kartun atau karakter lucu, biasanya jajanan ini dibawa pulang sebagai buah tangan dari Pasar Malam Sekaten.

3. Sate Gajih

Sate gajih oleh Annissa Saputri
Sate gajih (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Lapak yang tak kalah ramai oleh pembeli adalah sate gajih. Terdapat banyak penjual yang menawarkan menu ini. Harganya yang ditawarkan bermacam-macam mulai dari Rp3.000 per tusuknya. Sate gajih merupakan sate berbahan gajih (bahasa Jawanya lemak) sapi yang dibakar. Setelah dibakar, teksturnya menjadi lunak sehingga menimbulkan sensasi empuk dan terkadang lumer di mulut. Tentu saja jika dimakan dalam keadaan masih panas. Sementara cita rasa dari kuliner tradisional di Pasar Malam Sekaten ini manis karena dibumbui kecap.

4. Gulali Bentuk

Gulali oleh Annissa Saputri
Gulali (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selanjutnya jajanan manis yang lain selain arum manis adalah gulali. Jajanan ini cukup hits di era 90-an. Namun, saat ini tetap eksis dan difavoritkan. Di Sekaten, kita bisa menjumpai penjual gulali ini di area sisi barat. Dengan tangan terampilnya Bapak penjual mengubah gulalinya ke berbagai bentuk yang menarik seperti bunga mawar. Berbahan dasar gula putih dengan warna cerah, jajanan tersebut bisa buat camilan untuk berkeliling pasar malam sekaligus nostalgia jaman SD.

5. Jajanan Pasar

Aneka jajanan pasar oleh Annissa Saputri
Aneka jajanan pasar oleh Annissa Saputri

Kuliner tradisional di Pasar Malam Sekaten yang tak boleh dilewatkan adalah aneka jajanan pasar. Jenisnya banyak, dari gethuk, cenil, ongol-ongol, lupis, putu hingga klepon. Rasanya gurih dan bikin nagih. Menariknya, penjual jajanan pasar ini juga tak kalah ramai. Pastikan kamu mencoba semua jajanan ini ya!

Cenil oleh Annissa Saputri
Cenil (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Untuk mendapatkan jajanan pasar ini cukup membayar Rp10.000 per porsinya dan kita bebas pilih jenis apa saja. Porsi yang cukup mengenyangkan karena mengingat jajanan ini berbahan dasar dari ketela, ketan, tepung hunkwe, dan tepung ketan. Makin nikmati lagi jika disajikan dengan parutan kelapa dan saus gula merah.

Jajanan pasar komplit oleh Annissa Saputri
Jajanan pasar komplit (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

6. Bakmi Pecel

Bakmi pecel dan lauk oleh Annissa Saputri
Bakmi pecel dan lauk (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Kuliner yang juga cukup laris oleh pembeli adalah bakmi pecel. Bakmi kuning goreng dipadukan dengan pecel memang menjadi perpaduan yang nikmat. Sudah pasti kuliner tersebut menyehatkan karena berbahan sayuran seperti kembang turi, wortel, tauge, bayam, dan kangkung. Jika ingin tambah lauk sebagai pelengkap tersedia juga sate telur puyuh, sate ati, dan tahu bacem.

7. Es Gandhoel

Es Gandhoel oleh Annissa Saputri
Es Gandhoel (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Kuliner tradisional di Pasar Malam Sekaten berikutnya adalah Es Gandhoel. Rasa segarnya cocok untuk menghilangkan rasa dahaga usai keliling pasar. Es jaman 90-an ini merupakan serutan es batu yang kemudian dibentuk bulat dengan diberi sirup berwarna merah, kuning, dan hijau. Tak hanya anak kecil, namun orang dewasa juga banyak yang tertarik untuk membelinya. Es Gandhoel ini bisa ditemui di sisi timur dekat wahana trampolin.

Area kuliner selalu ramai oleh Annissa Saputri
Area kuliner selalu ramai (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bersiap untuk memburu kuliner tradisional di Pasar Malam Sekaten? Ajak teman, keluarga, dan pasangan ya untuk menikmati lezatnya menu enak di atas, ya. Jangan sampai terlewat, acara ini masih akan berlangsung hingga tanggal 19 November 2018. Nah, jangan sampai ketinggalan acara ini, ya. Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Mencoba Street Gourmet Bandung

Menikmati Hidangan Sambil Berkeliling Kota? Yuk Coba Makan di Street Gourmet Bandung!

Hotel di Surabaya dengan Skypool

Hotel Surabaya dengan Skypool, Bisa Foto-Foto Sambil Lihat Pemandangan Kota