in ,

Kulineran di Pasar Pathuk Jogja, Lapar Habis Jalan di Malioboro Selesai Sekejap Mata

Pilihan Kulineran di Pasar Pathuk Jogja, Lezat dan Harganya Hemat!

Kulineran di Pasar Pathuk Jogja membuat lapar habis jalan-jalan di Malioboro hilang dalam sekejap mata. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari salah satu ikon Kota Gudeg ini, membuat Pasar Pathuk mudah disambangi. Di sini tersedia beragam jajanan yang lezat dan nikmat. Apa aja kira-kira? Simak uraian berikut ini yuk!

Baca juga : Berburu Tapis Lampung, Kain Tenun untuk Para Bangsawan

1. Nasi Kuning Pasar Pathuk

Nasi Kuning Pasar Pathuk yang Laris Manis via Instagram
Nasi Kuning Pasar Pathuk yang Laris Manis via Instagram/ voilajogja

Kulineran di Pasar Pathuk Jogja satu ini, memanjakan lidah Teman Traveler yang hobi menyantap nasi kuning. Warung Nasi kuning Pasar Pathuk terletak di bagian dalam pasar. Ibu pedagang menjajakan nasi uduknya di samping penjual jenang sumsum. Dalam satu porsi nasi uduk yang dijualnya, terdapat serundeng, keripik kentang, irisan telur dadar, irisan timun, perkedel dan daun kemangi. Harga seporsinya sekitar Rp15 ribu. Datang pagi-pagi ya, karena kuliner satu ini laris sekali dan bisa habis dalam waktu dua jam!

2. Martabak Telur Puyuh Pathuk

Jangan Lupa Jajan Martabak Telur Puyuh via Instagram
Jangan Lupa Jajan Martabak Telur Puyuh via Instagram/ javafoodie

Sebelah barat Pasar Pathuk, ada penjual martabak telur puyuh yang sudah membuka usahanya sejak 20 tahun lalu. Luar biasa ya?! Tempat jualannya mudah ditemui. Cari saja gerobak berwarna biru terang dengan tulisan Martabak Telur Puyuh di bagian barat Pasar Pathuk. Ia legendaris dan laris manis. Tidak heran, karena selain rasanya yang enak, harga perbijinya juga cukup murah. Sekitar Rp2.500.

3. Nasi Langgi Mbak Muna

Nasi Langgi Mbak Muna Harus Coba via Instagram/ mahardikaputra
Nasi Langgi Mbak Muna Harus Coba via Instagram/ mahardikaputra

Nasi Langgi merupakan nasi yang dimasak dengan santan, rempah dan asam Jawa. Kuliner asli Solo ini juga bisa ditemukan di Pasar Pathuk, Jogja. Penjual Nasi Langgi yang cukup terkenal di kawasan ini adalah Mbak Muna. Nasi Langgi Mbak Muna tidak terlalu sulit ditemukan. Ia membuka kios di pintu masuk samping pasar yang mengarah ke Jalan Beskalan. Dari arah Malioboro, masuk saja ke Jalan Beskalan sesudah Ramai Mall. Tidak jauh dari situ, terdapat kedai Mbak Muna. Dalam seporsi Nasi Langgi Mbak Muna, terdapat perkedel, telur dadar, abon, kering kentang, sambel dan timun. Harga seporsinya mulai dari Rp13 ribu.

4. Jenang Gempol Simbok

Jenang Gempol Simbok di Pasar Pathuk via Instagram
Jenang Gempol Simbok di Pasar Pathuk via Instagram/ jogjabikinlaper

Kulineran di Pasar Pathuk Jogja ini khusus untuk Teman Traveler yang suka dengan makanan manis. Jenangan! Penjual jenang di Pasar Pathuk jumlahnya banyak, tetapi ada satu yang rasanya enak. Jenang Gempol Simbok berjualan di pintu sisi barat Pasar Pathuk. Buka pada pagi hari, dengan harga sekitar Rp5 ribu, jenang di sini laris manis.

5. Kue Rangi Samping Pasar Pathuk

Jajan Kue Rangi di Jogja, Kenapa Nggak? via Instagram
Jajan Kue Rangi di Jogja, Kenapa Nggak? via Instagram/ mahardikaputra

Perut kenyang tetapi masih ingin nyemil? Teman Traveler bisa jajan Kue Rangi yang berjualan di pintu samping Pasar Pathuk. Cita rasa gurih yang dipadukan dengan gula pasir, pas sekali dengan lidah. Setangkup kue rangi yang dijual, harganya sekitar Rp7.500. Jajan hemat dan nikmat.

6. Ayam Panggang Klaten Mbah Pur

Mbah yang Tetap Sregep Jualan Ayam Panggang via Instagram
Mbah yang Tetap Sregep Jualan Ayam Panggang via Instagram/ foodjogja

Kulineran di Pasar Pathuk Jogja, nggak lengkap tanpa jajan ayam panggang Klaten Mbah Pur. Mbah Pur menjajakan daging ayam hasil buatannya di bagian dalam los Pasar Pathuk. Bumbu kacang yang dipakai untuk memanggang ayam, meresap hingga ke daging. Enak banget! Selain itu harganya juga murah, mulai dari Rp5 ribu untuk satu tusuknya.

Kulineran di Pasar Pathuk, benar-benar menyelamatkan perut Teman Traveler yang lapar setelah jalan-jalan di Malioboro. Selain itu karena harganya yang terjangkau, dompet juga aman. Selamat kulineran! Next

ramadan
Wisata Manado untuk Keluarga

4 Destinasi Wisata Manado yang Cocok untuk Destinasi Liburan Bareng Keluarga

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi Lombok, Wisata Alam yang Pesonanya Menggema Sejak Lama